11 Oknum Polisi Jual Belasan Kilogram Sabu Hasil Tangkapan

Berkasnya Sudah Dilimpahkan ke Kejari Tanjungbalai Asahan

Baaca.id, TANJUNGBALAI — Polda Sumatera Utara melimpahkan berkas sekaligus menyerahkan 14 tahanan narkoba ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjungbalai Asahan. 11 diantaranya adalah anggota kepolisian.

Hal ini diungkapkan Kasi Intelijen Kejari Tanjungbalai Asahan, Sumatera Utara, Dedi Saragih.

“Pada tanggal 29 September lalu, kami menerima 14 tahanan narkoba dimana 11 diantaranya adalah anggota kepolisian dan tiga lainnya adalah warga sipil. Pelimpahan ini dilakukan oleh Polda Sumut,” ungkap Dedi, Senin (4/10/2021).

Beredar informasi jika dari dari 11 anggota kepolisian itu, ada yang berpangkat perwira. Namun Dedi membantah hal tersebut.

“Dalam berkas limpahan yang diterima pihak kejaksaan, ke 11 oknum polisi itu semuanya berpangkat Bintara, tidak ada yang perwira. Anggota Polisi tersebut semuanya bertugas di Polres Tanjungbalai dan Polairud.” ungkap Dedi.

11 anggota Polisi yang saat ini ditahan adalah SN (Bripka), Kh (Bripka), JSL (Bripka), RA (Brigadir), ASP (Bripka), HTH (Bripka), Kn (Bintara), War (Aiptu), Tuh (Brigadir), LA (Brigadir), dan ART (Brigadir). Sementara tiga tahanan lainnya adalah warga sipil, yakni Hen, Sup, dan HA.

Sebelumnya, pada 19 Mei 2021 lalu, anggota Polres Tanjungbalai bernama Kh dan dua petugas Polairud Tanjungbalai Asahan, Sumatera Utara mengamankan satu kapal kayu di Sungai Lunang, Kecamatan Sei Kepayang.

Ketika kapal itu ditangkap, dua anak buah kapal diduga meninggalkan kapal begitu saja atau melarikan diri. Saat diperiksa oknum anggota tersebut, kapal ini berisi 76 bungkus narkoba jenis sabu yang diperkirakan dalam satu bungkusnya seberat satu kilogram.

Setelah melalui rangkaian tindakan yang dilakukan oknum itu, temuan sabu ini hanya 57 kilogram sabu yang dilaporkan, sehingga membuat ke 11 anggota Polisi ini ditangkap tim Polda Sumut.

Akibat perbuatannya, 11 oknum polisi ini dan 3 sipil disangkakan dengan Pasal 114 ayat (2) subsider Pasal 112 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI No.35 tahun 2009 tentang Narkotika. (#)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button