1,2 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca Bantuan Prancis Tiba di Indonesia

Baaca,id, JAKARTA — Sebanyak 1.236.480 dosis vaksin AstraZeneca yang merupakan bantuan dari Prancis kepada Indonesia tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (23/9/2021).

1,2 juta dosis vaksin ini merupakan sumbangan vaksin tahap ketiga dari hibah 3 juta dosis vaksin untuk Indonesia yang diumumkan oleh Presiden Prancis, Emmanuel Macron pada Agustus lalu.

Sebelumnya, pengiriman pertama bantuan sebanyak 358.700 dosis vaksin tiba pada 10 September dan pengiriman kedua sebanyak 968.000 dosis vaksin tiba pada 16 September.

Jadi hingga saat ini total pengiriman vaksin AstraZeneca dari Prancis yang sudah diterima Indonesia sudah mencapai 2,5 juta dosis.

“Sumbangan vaksin ini merupakan wujud solidaritas dan dukungan Prancis kepada Indonesia dalam program vaksinasi nasional untuk melawan pandemi Covid-19,” kata Kedubes Prancis dalam keterangan tertulis, dikutip dari tvOnenews.com.

Sumbangan dosis vaksin sangat penting dan telah terbukti menjadi satu-satunya respons jangka pendek yang efektif untuk mendukung pengiriman vaksin ke seluruh dunia.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron sebelumnya menekankan pentingnya solidaritas internasional negara-negara maju untuk berbagi dosis vaksin dengan 92 negara yang menjadi bagian dari COVAX AMC.

Sumbangan Prancis untuk program COVAX merupakan bagian dari upaya global Tim Eropa yang mendukung mekanisme tersebut untuk memastikan solidaritas vaksin yang nyata.

Sedikitnya 100 juta dosis vaksin Covid-19 dari Eropa akan dibagikan sepanjang 2021.

“Prancis terus mendampingi Indonesia dalam upaya memerangi wabah Covid-19,” demikian pernyataan Kedubes Prancis. (#)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button