13 April 2021 Awal Ramadan 1442 Hijriah

Baaca.id JAKARTA — Pemerintah telah menetapkan 1 Ramadan 1442 Hijriah. Yakni Selasa, pada 13 April 2021.

Penetapan awal ibadah puasa itu dipastikan usai sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama (Kemenag) bersama sejumlah organisasi masyarakat Islam pada Selasa (12/4/2021) malam.

Rapat sidang isbat itu dipimpin oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. “Awal puasa (tahun ini) jatuh pada Selasa (13/4/2021) besok,” sebut dia.

Kemenag menyatakan bahwa penetapan 1 Ramadhan ini dilakukan berdasarkan perhitungan hisab dan pemantauan hilal.

Untuk diketahui, pemantauan hilal dilakukan di 88 pos pengamatan di seluruh Indonesia, dari Aceh hingga Papua.

Menteri Agama
Menag, Yaqut Cholil Qoumas

Sidang isbat dibagi dalam tiga sesi. Sesi pertama, diawali dengan paparan posisi hilal awal Ramadan 1442 H oleh anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama. Kemenag sudah menetapkan pos pemantauan hilal (rukyatul hilal) yang tersebar di 86 titik pemantauan di 34 Provinsi di Indonesia.

Tahap kedua, sidang isbat digelar secara tertutup. Sidang dihadiri perwakilan Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG).

Juga dilibatkan, Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama. Adapula perwakilan sejumlah ormas Islam serta duta besar negara sahabat.

“Tanpa ada perbedaan, maka 1 Ramadan jatuh pada Selasa, 13 April 2021,” imbuh Yaqut. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button