428 Bus buat PON XX Tambah Lapangan Kerja Masyarakat Papua

Baaca.id, JAKARTA – Mobilitas para atlet dan official yang berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua jadi perhatian Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan, Kemenhub bersama sejumlah pihak yang terkait di sektor transportasi telah menyiapkan beragam infrastruktur pendukung transportasi peserta PON di Papua. Baik yang beroperasidi darat, laut maupun udara.

Setidaknya, ada 428 unit bus di siapkan di tiga titik penyelenggaraan PON XX. Yakni, di Jayapura, Timika dan Merauke. Didukung dengan 515 awak bus.

Rupanya, 261 orang dari 515 awak bus tersebut merupakan pengemudi yang direkrut dari penduduk Provinsi Papua. Sekaligus sebagai wujud pemberdayaan masyarakat asli Provinsi Papua dan bisa membuka lapangan pekerjaan.

“Kami banyak membangun infrastruktur transportasi di Papua untuk mendukung kegiatan PON dan Perpanas. Dan kami pastikan ini semua telah berjalan dengan baik,” ujar Menhub Budi, dikutip dari rilis pers Kemenhub RI, Sabtu (25/9/2021).

Berkenaan dengan itu, Kemenhub juga menyiapkan sejumlah infrastruktur pendukung lainnya, seperti dermaga dan 2 unit bus air yang akan dioperasikan di Danau Sentani.

Ada pula pengadaan dan pemasangan perlengkapan jalan, pembangunan Terminal Tipe A Entrop Kota Jayapura, dan pembangunan Area Traffic Control System (ATCS) di Kota Jayapura.

Juga menyiapkan 5 kapal Pelni buat mengangkut kebutuhan penyelenggaraan PON. Yaitu, KM Labobar, KM Gunung Dempo, KM Ciremai, KM Dobonsolo, dan KM Sinabung.

Tak lupa, Kemenhub juga telah menyiapkan 4 bandara, yaitu: Bandara Sentani di Jayapura, Bandara Mozes Kilangin di Timika, Bandara Domine Eduard di Sorong, dan Bandara Mopah di Merauke. (*)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button