8 Rencana Proyek Pembangunan Tahun 2023 di Sulsel Diterima

BAACA.ID, MAKASSAR— Sekiranya, ada 8 proyek pembangunan di provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) telah diterima dan mendapat dukungan dari DPR dan DPRD Sulsel.

Hal itu disampaikan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Daerah dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023.

Adapun proyek yang diakomodir di tahun 2023 sebanyak 8 usulan proyek. Diantaranya : Pembangunan Jalur KA Makassar – Parepare, Pembangunan, dan Jaringan Listrik Gratis Bagi Rumah Tangga Tidak Mampu (Kwh Gratis) di Sulsel, Pembangunan Bandara Buntu Kunik (Kabupaten Tana Toraja), Pengembangan/pembangunan bandar Udara Arung Palakka Bone, Pembangunan Bendungan Jenelata (Kabupaten Gowa), Pembangunan Embung untuk Mendukung Kawasan Pariwisata (Kabupaten Kepulauan Selayar, Kabupaten Gowa, Kabupaten Tana Toraja), Pengembangan Bandara Sultan Hasanuddin, Pengembangan Pelabuhan (Kabupaten Barru).

“Pertama-tama saya juga mengucapkan terima kasih. Dari Pemerintah Pusat, Bapak Presiden Joko Widodo melalui Kementerian. Tadi disampaikan di 2023 delapan program usulan delapan diakomodir,” kata Sudirman.

Kendati demikian, masih ada 10 proyek pembangunan yang saat ini dalam tahap pembahasan. Andi Sudirman berharap agar 10 program tersebut mendapat dukungan.

“Dan 10 dalam pembahasan lebih lanjut. Mudah-mudahan anggota DPR bisa membantu kita dan DPD nantinya,” jelasnya.

Andi Sudirman menegaskan, pentingnya musyawarah dan koordinasi serta sinergitas Pemerintah Pusat, Provinsi dan kabupaten/kota agar program dapat berjalan.

“Musrembang Provinsi ini dijadikan tempat menyampaikan pokok pikiran kepada provinsi yang saat ini dalam tingkat RKPD untuk 2023. Momentum inilah untuk melakukan pengimputan. Masukan kepala daerah dan daerah perlu untuk menyatukan program,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika menyampaikan pokok pikiran DPRD sebagai amanah yang dibawa anggota dewan dari daerah pemilihan masing-masing sebagai bukti komitmen melibatkan partisipasi masyarakat dalam tahapan perencanaan pembangunan.

“Usulan pokok-pokok pikiran DPRD Sulsel Tahun Anggaran 2023 untuk pimpinan dan anggota DPRD Sulsel, sebanyak 5.734 usulan dari 85 anggota dan telah tervalidasi untuk diteruskan ke Musrembang sebanyak 5.398 usulan dan tidak tervalidasi 336 usulan,” sebutnya.

Pokok-pokok pikiran dewan hasil penjaringan aspirasi yang disepakati dalam rapat Paripurna DPRD 8 Maret 2022 lalu.

 



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button