Rekam Jejak Dukungan Abdee Slank untuk Jokowi hingga Ditunjuk Jadi Komisaris Telkom

JAKARTA, Baaca.id – Abdi Negara Nurdin atau dikenal sebagai Abdee Slank ditunjuk menjadi Komisaris Independen PT Telkom Indonesia oleh Menteri BUMN, Erick Thohir. Hal ini diumumkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), Jum’at (28/5/2021).

Selain Abdee Slank, Erick Thohir juga mengangkat mantan Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro sebagai Komisaris Utama menggantikan Rhenald Khasali.

Penunjukan Abdee Slank sebagai komisaris menimbulkan pertanyaan, sebab Abdee dinilai tidak memiliki latar belakang telekomunikasi. Hal ini disampaikan oleh pengamat kebijakan publik Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah.

“Publik menganggap itu tidak perlu, tidak ada urgensinya, tidak ada signfikansinya, pentingnya apa sih? Karena tidak sesuai dengan situasi yang ada,” kata Trubus.

Ia menambahkan, Telkom saat ini memiliki tantangan berat di tengah situasi pandemi Covid-19. Trubus menekankan seorang komisaris harus mempunyai kompetensi di bidangnya untuk mendorong kinerja perusahaan agar mencapai target yang ditetapkan.

“Paling tidak di situ didudukan lah orang-orang yang punya kapasitas, artinya mereka-mereka yang entah ilmuan di bidang IT atau apa, karena kita sekarang ini negara ini butuh orang-orang yang (memiliki) inovasi,” kata dia.

Pengangkatan Abdee Slank kini menambah daftar pendukung dan relawan Jokowi yang lebih dulu ditunjuk menjadi komisaris. Di antaranya Fadjroel Rachman sebagai Komisaris Utama Adhi Karya, Andi Gani Nena Wea selaku Presiden Komisaris PT Pembangunan Perumahan, dan Ulin Yusron menjabat komisaris di PT Pengembangan Pariwisata Indonesia.

Abdee Slank diketahui secara tegas menyatakan dukungan terhadap Jokowi, meski tidak tercatat secara resmi dalam organisasi relawan. Bahkan, pada tahun 2014 silam dalam rangka kampanye pilpres, Jokowi pernah mengunjungi Potlot yang merupakan markas Slank.

Ia juga menjadi salah satu inisiator “Konser Akbar Salam 2 Jari” di Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 5 Juli 2014 lalu. Konser tersebut adalah pengumpulan massa pendukung Jokowi menjadi presiden, yang pada saat itu masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Tak berhenti di situ, pada Pilpres 2019, Abdee Slank kembali menyuarakan dukungannya untuk memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin. Ia ikut meramaikan “Konser Putih Bersatu Menuju Kemenangan Indonesia Maju Bersama Gerakan #BarengJokowi” pada 13 April 2019 silam.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button