Adu Kerbau Toraja Upacara Menarik Untuk Mengantar Arwah Leluhur

Baaca.id  – Adu kerbau Toraja merupakan salah satu upacara menarik yang bertujuan untuk mengantarkan arwah leluhur.

Setiap tempat dan daerah pastinya mempunyai adat-adat dan tradisi yang masih melekat di dalam kepercayaan masyarakat sekitar, dan kebanyakan tradisi-tradisi tersebut sangat unik dan menarik.

Tak jarang, jika Indonesia kerap kali dijadikan sebagai tujuan Travelling oleh wisatawan yang berasal dari berbagai negara, tak terkecuali Tanah Toraja.

Untuk itu jika anda mulai penasaran dan ingin tahu lebih dalam tentang upacara tradisional ini, yuk langsung saja baca artikel ini untuk mendapatkan wawasan yang luas mengenai upacara yang ada di Tanah Toraja.

BACA JUGA : Program Strategis di Toraja Tetap Berlanjut

Tanah Toraja Surganya Kebudayaan

Jika kita berbicara tentang Tanah Toraja, tentunya kita tidak akan pernah terlepas dari kekayaan yang ada di Tanah Toraja, mulai dari kekayaan alam, pesona alam, dan lain sebagainya.

Tentunya ketika suatu tempat yang memiliki kebudayaan yang kental pasti jauh lebih diminati oleh wisatawan lokal maupun asing untuk mendapatkan banyak pengetahuan dari tempat tersebut.

Tidak heran jika semua daerah pastinya memiliki kebudayaan yang berbeda-beda serta tradisi yang berbeda pula.

Banyak budaya yang dapat di temui ketika mengunjungi suatu tempat yang belum pernah di pijak sebelumnya termasuk Tanah Toraja.

Pada umumnya Toraja ini memiliki banyak yang sekali kekayaan alam, pesona alam dan berbagai budaya lainnya yang mampu menarik minat masyarakat luar kota Toraja.

Sehingga tak heran Tanah Toraja memiliki potensi dan peluang besar akan tempat-tempat wisata menarik, mulai dari wisata edukasi, wisata bersejarah, wisata alam, dan wisata-wisata lainnya.

Selain memiliki banyak tempat -tempat wisata yang menarik, Tanah Toraja ini juga mempunyai banyak tradisi-tradisi yang sangat unik dan menarik perhatian wisatawan baik dari berbagai daerah Indonesia ataupun wisata mancanegara.

Hal ini di karenakan masyarakat yang ada di Tanah Toraja sangat memegang teguh pada kepercayaan leluhur dan nenek moyang.

Bahkan tak sedikit juga upacara-upacara tradisional yang ada di tempat ini mulai dari adat pernikahan, adat kelahiran, bahkan sampai pada adat dan upacara-upacara kematian.

Salah satunya adalah adu kerbau Toraja, yang kerap kali mampu menarik perhatian wisatawan yang datang ke tempat ini.

Sehingga Tanah Toraja dijuluki sebagai tempat surganya kebudayaan Indonesia dan dapat digali oleh banyak wisatawan yang ingin memperdalam tentang kebudayaan-kebudayaan yang ada di Tanah Toraja.

Upacara-upacara atau tradisi yang ada di Tanah Toraja ini antara lain: Tradisi Sisemba’ (permainan adu kaki yang dilakukan oleh pria dewasa pada saat panen raya), rambu Solo’ (Tradisi Pemakaman untuk mengantarkan arwah leluhur agar tenang), Ma’Nene’ (penggantian pakaian jasad atau jenazah), dan adu kerbau Toraja lain sebagainya.

BACA JUGA : Perubahan Juknis Biang Kegagalan Pencairan Dana Hibah Pariwisata ke Makassar

Upacara Adu Kerbau Toraja

Salah satu upacara untuk kematian yang sangat menarik perhatian pengunjung adalah upacara adu kerbau Toraja atau biasanya yang di sebut dengan Silaga Tegong.

Sebenarnya acara ini merupakan serangkaian acara dalam upacara Rambu Solo’ yang bertujuan untuk menghibur keluarga yang sedang berduka sekaligus sebagai ajang pertunjukan bagi ratusan warga domestik dan wisatawan asing.

Untuk menambah keseruan dari upacara ini, biasanya diadakan di tengah lapangan yang becek, basah, ataupun di tengah-tengah sawah yang berlumpur.

Kerbau-kerbau yang di adukan di upacara ini juga bukanlah kerbau sembarangan dan harus jenis kerbau tertentu dengan harga jual yang tinggi ataupun fantastis dan cocok untuk diadukan.

Upacara adu kerbau Toraja ini pasti masih terdengar asing di telinga masyarakat luar Kota Toraja apalagi masyarakat yang belum pernah sama sekali mengunjungi Tanah Toraja ini.

Untuk itulah kami memberikan informasi kepada para pembaca agar mengerti dan memahami terkait dengan adu kerbau Toraja yang unik dan salah satu tradisi di Tana Toraja ini.

Nah demikian informasi seputar adu kerbau Toraja, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda mengenai Tanah Toraja.

Jika anda penasaran dengan upacara ini, maka sangat di rekomendasikan untuk berlibur ke Tanah Toraja dan melihat langsung prosesi upacara adu kerbau.

Selain itu ketika anda datang dan melihat secara langsung upacara adu kerbau Toraja pasti akan menambah wawasan yang luas mengenai adat dan tradisi di Tanah Toraja ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button