Menengok Keindahan Air Terjun Bantimurung, Rumahnya Kupu-kupu Langka

Baaca.id — Ketika berkunjung ke daerah Bantimurung, Kabupaten Maros, Anda akan menjumpai sebuah curug yang indah dan terkenal dengan nama air terjun Bantimurung.

Curug tersebut berada di kawasan Taman Nasional Bantimurung, tepatnya di Dusun Bantimurung, Desa Jenetaesa, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Dengan seluas 43.750 hektar, taman nasional ini sebagian besar terdiri dari lembah bukit kapur dan memiliki kekayaan alam yang memesona.

Sederet destinasi wisata alam eksotis menjadi keunggulan dari Taman Nasional Bantimurung mulai dari air terjun, gua, pemandian, hutan pinus, hingga ratusan kupu-kupu yang cantik.

Keindahan alam sekitar kawasan itu begitu menawan sampai akhirnya dijuluki taman warisan nasional sejak tahun 2019.

Keindahan Air Terjun Bantimurung

Ketika mengunjungi Taman Nasional Bantimurung, Anda menjumpai akan air terjun yang indah yang bersumber dari Gunung Bulusaraung.

Tinggi air terjun 15 meter yang arusnya mengalir deras dan airnya jernih terus menerus mengaliri landasan batu kapur selama ratusan tahun hingga membentuk cekungan yang membentuk kolam pemandian.

Keindahan alam sekitar Air Terjun Bantimurung semakin mempesona dengan keberadaan rimbunan pepohonan beserta binatang satwa langka seperti kupu-kupu, aneka burung, dan habitat puluhan ekor monyet.

Dari sinilah kemudian Anda bisa menikmati keindahan air terjun sembari melihat tingkah monyet bermain, yang melompat ke sana kemari dengan lincahnya.

Atau Anda juga bisa melihat aneka kupu-kupu cantik dan burung beterbangan di antara rimbunan pepohonan dan semak yang mempesona.

Baca Juga:

Rumah Bagi Ratusan Spesies Kupu-Kupu dan Habitat Monyet

Air Terjun Bantimurung yang mempunyai ketinggian 15 meter menjadi rumah bagi ratusan spesies kupu-kupu, yang biasanya hidup di dekat sumber air.

Tidak hanya rumah bagi ratusan spesies kupu-kupu, tetapi juga rumah spesies monyet dan aneka satwa burung.

Keberadaan kupu-kupu telah ada sejak ratusan tahun lalu, bahkan kawasan ini sejak zaman Belanda dijadikan pusat pelestarian satwa langka kupu-kupu hingga dijuluki sebagai Kingdom of Butterfly.

Menjelajahi Gua Mimpi

Berkunjung ke air terjun Bantimurung akan menemukan sebuah gua batu yang disebut gua mimpi. Gua yang ada di sebelah kiri air terjun Bantimurung terdapat dua buah yaitu gua mimpi serta gua batu.

Gua mimpi terbuat dari lapisan batu memiliki kedalaman 1500 meter. Menariknya, gua itu yang panjangnya sampai tembus ke salah satu sumber mata air di kawasan Taman Nasional Bantimurung.

Anda melakukan kegiatan traveling di gua mimpi dengan menaiki  terbuat dari beton yang tingginya sekitar 10 meter. Untuk menaiki gua mimpi butuh tenaga ekstra karena jarak dan medan yang terjal.

Tidak hanya gua yang menghiasi Air Terjun Bantimurung, Anda akan menjumpai landasan batu kapur yang biasanya dimanfaatkan untuk pemandian. Batuan kapur tersebut mengeras akibat dari aliran air yang berlangsung ratusan tahun yang lalu.

Pacu Adrenalin dengan Arum Jeram

Ada yang istimewa di lokasi wisata air terjun Bantimurung, yaitu spot wisata arum jeram. Anda bisa menikmati keindahan dengan berselancar menggunakan pelampung yang terbuat dari ban bekas.

Anda sewa seharga Rp 5000-Rp 10.000 sudah dapat menikmati sensasi arum jeram yang ada di Bantimurung.

Anda melakukan kegiatan traveling lain dengan mandi langsung air terjun. Berenang dan bermain air di kolam yang ada di Air Terjun Bantimurung.

Seusai bermain di kolam renang Anda dapat beristirahat di gazebo sambil menikmati kicauan burung dan aneka kupu-kupu di sekitar dari kejauhan.

Selain itu Anda dapat memilih permainan lain yang ditawarkan pihak pengelola seperti flying fox dengan harga Rp 20.000, dan kereta putar yang harga sewanya Rp 5000

Museum dan Suvenir Kupu-Kupu

Seusai melakukan kegiatan traveling menjelajah kawasan air terjun Bantimurung. Saatnya Anda mengunjungi museum kupu- kupu yang menawarkan suguhan beragam spesies kupu-kupu.

Sekitar museum Anda dapat berburu aneka souvernir kupu-kupu yang diawetkan khas Taman Nasional Bantimurung begitu mempesona untuk dijadikan suvenir.

Anda bisa mendapatkan souvernir lain dalam bentuk gantungan kunci hingga hiasan dinding. Beragam souvernir tersebut hasil kerajinan masyarakat setempat yang harganya relatif murah dan terjangkau.

Harga tiket masuk ke lokasi Air Terjun Bantimurung cukup murah hanya membayar Rp 5000 per orang dan karcis kendaraan bermotor Rp 2000 Anda sudah bisa menikmati keindahan alam air terjun Bantimurung.

 

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button