Pesona Keindahan Air Terjun Takapala di Malino

Baaca.id — Berkunjung ke daerah Malino, Gowa tidak ada salahnya singgah sejenak ke air terjun Takapala.

Air terjun Takapala merupakan satu dari deretan destinasi wisata yang ada di Sulawesi Selatan. Berlokasi di Desa  Bulutana, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, yang berjarak 6 kilometer dari kota Malino.

Anda akan menjumpai sebuah curug yang dikelilingi perkebunan teh, perbukitan, dan hutan Malino, yang banyak ditumbuhi rimbunan pepohonan yang hijau.

Curug tersebut tepat berada di kawasan hutan Malino. Di hutan ini ada beberapa destinasi wisata dari air terjun sampai pemandian Lembah Biru.

Tidak hanya kaya destinasi wisata, tetapi juga menjadi rumah bagi ribuan fauna dan flora yang dilindungi membuat hutan Malino semakin mempesona.

Keindahan Air Terjun Takapala

Curug Takapala letaknya tersembunyi dibalik rimbunan pepohonan hutan Malino. Kawasan hutan berada di ketinggian 900-1.500 meter dari permukaan laut.

Letak Curug yang berada di dataran tinggi ini membuat kawasan tersebut menjadi dingin apalagi daerah itu banyak dijumpai rimbunan pepohonan yang hijau tentu suasananya lebih sejuk dan asri.

Meski, lokasinya tersembunyi keindahannya tidak bisa diragukan lagi. Ketinggian curug Takapala yang mencapai 109 meter.

Di kelilingi rimbunan pepohonan menjulang tinggi menjadi keistimewaan lain dari curug ini. Debit air yang deras apalagi saat musim penghujan tiba membentuk sebuah kolam yang menawan seluas 30 meter dengan kedalaman 10 meter.

Dari kolam tersebut Anda bisa bermain air dan berenang. Keindahan lain dari Takapala dikelilingi Gunung Bawakaraeng dan Gunung Lompobattang yang mempesona.

Bebatuan dan Gua di Air Terjun Takapala

Air terjun Takapala menyuguhkan keindahan alam yang menakjubkan yang sekelilingnya tersaji tebing-tebing bebatuan yang berbentuk ukuran indah dan pepohonan menjulang tinggi.

Saat berwisata di air terjun Takapala Anda menemukan bebatuan dan gua yang menarik. Bebatuan alami mengelilingi kolam begitu eksotis membentuk lukisan sebuah pilar yang indah.

Bebatuan tersebut merupakan magma dari letusan Gunung Lompobattang ratusan tahun yang lalu. Letusan gunung itu kemudian membentuk sebuah bebatuan yang khas dan letaknya di sekitar air terjun Takapala.

Baca Juga:

Selain itu, struktur batuan yang ada di sekitar curug terjadi akibat proses pendinginan lava magma Gunung Lompobattang yang muncul di permukaan tanah.

Ada yang menarik saat mengunjungi curug yang berada di kawasan Malino, yaitu gua. Letaknya berada di belakang air terjun Takapala memiliki bentuk yang khas dan unik.

Setelah lelah bermain dan berenang di kolam. Saatnya Anda untuk berfoto dengan latarbelakang air terjun yang menjulang tinggi.

Kegiatan traveling seperti ini menyenangkan dan tentunya feed Instagram milik Anda makin cantik dan menarik.

Berburu Kuliner di Lokasi Wisata Air Terjun Takapala

Suguhan air terjun Takapala yang indah terasa lengkap sembari menikmati lezatnya secangkir kopi luwak Malino.

Kopi luwak Malino merupakan kuliner khas Malino yang berasal dari pohon kopi arabica dan ditanam di daerah pegunungan 1000-1500 meter dari permukaan laut sehingga menghasilkan rasa kopi yang khas dan nikmat.

Tidak hanya sajian kopi yang nikmat, aneka kuliner lainnya yang menggoda selera seperti gorengan pisang. Anda bisa berburu kuliner sejumlah warung di sekitar lokasi wisata.

Harga Tiket dan Rute Menuju Lokasi Wisata Air Terjun Takapala

Jika Anda ingin berwisata ke Takapala, Anda harus membeli tiket seharga Rp 5000 per orang, Anda sudah bisa menikmati indahnya curug yang memesona.

Rute menuju lokasi wisata air terjun Takapala cukup menantang dan mengasyikkan. Rute awal dimulai dari kota Makassar.

Lalu, terus melanjutkan perjalanan ke Malino dengan naik angkot dari terminal Sungguminasa. Sesampainya di Malino Anda bisa melakukan perjalanan menuju ke air terjun Takapala dengan terlebih dahulu menaiki ratusan tangga.

Sepanjang perjalanan menuju air terjun Takapala, Anda disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan menjadi pengalaman tidak terlupakan.

Perjuangan yang melelahkan terbayarkan setelah sampai lokasi wisata. Keindahan Takapala yang eksotis menjadi obat pelepas lelah.

Dari sinilah kemudian Anda menemukan sebuah destinasi wisata curug Takapala yang eksotis dan menawan.

Itulah ulasan singkat tentang air terjun Takapala yang bisa menambah pengetahuan dan menjadi alternatif bagi Anda dan keluarga saat Anda mengunjungi kota Malino, Sulawesi Selatan.

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button