Akses KA Makassar-Parepare Topang Pertumbuhan Ekonomi Sulsel

Baaca.id, MAKASSAR — Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menegaskan, siap meneruskan proyek kereta api (KA) Makassar-Parepare hingga tuntas. Berkenaan itu, upaya pembebasan lahan pun dipacu.

Terkait pembebasan lahan itu, disebutkan Andi Sudirman menyebut, sudah ada masalah di Barru. Tinggal Pangkep dan Maros.

“Untuk Pangkep sudah 93 persen,” jelasnya saat rapat bersama Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (17/3/2021).

Ia mengatakan, jika jalur kereta api dari Tonasa, Kabupaten Pangkep ke Pelabuhan Garongkong, Barru, bisa segera diakses, maka akan memperlancar arus ekspor dan impor Sulsel serta pertumbuhan ekonomi. Konektivitas jalur kereta api ini bisa menjadi jalur logistik. Misalnya dari Pelabuhan Garongkong mengangkut batubara ke Tonasa dan sebaliknya dari Tonasa mengangkut semen.

Berkenaan itu, Menhub, Budi Karya Sumadi menyampaikan terima kasih atas konsistensi yang ditunjukkan Pemprov Sulsel maupun pemkab/pemkot dalam mendukung proyek KA yang dikatakan sebagai inisiatif Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

“Kita fokus pada apa yang akan dikerjakan. Hingga akhir tahun ini bisa sampai Pangkep. Baru tahun depan 2022 bisa sampai Maros (Bosowa) dan tahun 2023 bisa sampai Makassar,” jelasnya. (*)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button