‘Ammatoa’ Antar Bulukumba Raih Top 30 Pelayanan Publik 2021

Baaca.id, BULUKUMBA – Inovasi Ramah Adat di Ammtoa mengantarkan Kabupaten Bulukumba masuk Top 30 terbaik dalam Kompetisi Pelayanan Publik 2021. Wakil Bupati Bulukumba Andi Edy Manaf menerima penghargaan tersebut, Senin (6/9/2021).

Pada inovasinya itu Disdukcapil Bulukumba membuat warga yang bermukim di kawasan Adat Ammatoa Kajang Bulukumba, bisa memiliki identitas kependudukan.

Sebelumnya, warga Adat Kajang di kawasan Desa Tana Toa, tidak mau dibuatkan identitas kependudukan karena enggan untuk difoto.

“Nah dengan adanya inovasi Ramah Adat ini, mereka perlahan sudah mau direkam dibuatkan e-KTP serta kartu keluarga,” ungkap Edy Manaf.

Edy Manaf berharap, prestasi ini bisa menjadi pemantik untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar semakin kreatif dan inovatif.

“Alhamdulillah, kita berharap ini dipertahankan. Dan untuk OPD lain, ayo mari kita berinovasi, untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” harapnya.

Sebelumnya, Disdukcapil Bulukumba menargetkan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau e-KTP rampung 100 persen.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Disdukcapil Bulukumba untuk mewujudkan target tersebut, yakni dengan melakukan jemput bola alias ‘Jempol’.

Seperti diantaranya yang telah dilaksanakan di Kawasan Adat Kajang, tepatnya di Desa Tana Toa, Kecamatan Kajang, sekitar 30 KM tenggara Kota Bulukumba.

Adapun persyaratan untuk membuka penutup kepala (passapu) pada saat berfoto, yang dipermasalahkan selama ini, sudah tidak jadi persoalan lagi.

Pasalnya Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah memberikan izin untuk penggunaan passapu dengan alasan untuk menghargai kearifan lokal.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button