Andi Sudirman Bersama Panglima TNI dan Kabagintelkam Mabes Polri Sasar Empat Gereja di Makassar

Terkait Pengamanan Ibadah Jumat Agung

Baaca.id, MAKASSAR — Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan apresiasi kepada personel Polri dan para prajurit TNI. Atas kesigapan menjaga keamanan pelaksanaan ibadah Jumat Agung di sejumlah gereja.

Andi Sudirman pun turut mendampingi Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kepala Bagian Intelijen dan Keamanan Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Kabagintelkam Mabes Polri), Komisaris Jenderal Pol Paulus Waterpauw meninjau pengamanan pelaksanaan ibadah Jumat Agung di empat Gereja di Makassar, Jumat (2/3/2021).

Keempat gereja yang ditinjau yakni, Gereja Paroki Maria Ratu Rosari-Kare Jalan Perintis Kemerdekaan, Gereja Mangamaseang Jalan Urip Sumoharjo, Gereja GPIB Immanuel Jalan Balaikota dan Gereja Katedral Jalan Kajaolalido.

Andi Sudirman juga meyakinkan masyarakat dan meminta masyarakat untuk memberikan kepercayaan kepada pihak pengamanan dalam memberikan rasa aman dalam pelaksanaan ibadah Jumat Agung hingga ibadah Minggu Paskah.

Pengamanan tersebut, kata dia, juga merupakan perintah Presiden RI Joko Widodo kepada TNI/Polri untuk memberikan keyakinan dan rasa aman kepada masyarakat dan untuk meningkatkan kewaspadaan di seluruh daerah di Indonesia termasuk di Sulsel.

“Saya sampaikan terima kasih kepada pihak kepolisian dan TNI yang sudah memberikan rasa aman bagi saudara-saudara kita yang sedang menjalankan ibadah di geraja,” ungkapnya.

Terkait, Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto menuturkan, peninjauan itu dilakukan guna memberikan rasa aman kepada masyarakat, terutama buat umat kristiani yang melaksanakan ibadah Jumat Agung.

Ia menjelaskan, pelaksanaan pengamanan digelar dengan penempatan pasukan TNI Polri di titik-titik yang dianggap rawan.

“Di situ kita berikan tambahan kekuatan, di samping itu juga kita laksanakan patroli keliling untuk memberikan keyakinan dan rasa aman kepada masyarakat baik di gereja maupun di rumah-rumah,” tegasnya.

“Setelah saya melihat semua (pengamanan) di gereja hari ini sudah tergelar dan pelaksanaan ibadah Jumat Agung dilaksanakan dengan baik,” lanjut Marsekal Hadi.

Seperti diketahui, pengamanan Gereja di Makassar diperketat setelah terjadinya aksi bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar pada Minggu 28 Maret lalu. (*)

Related Articles

Back to top button