Anies-Ganjar Dominan, Hanya 2 Tokoh Sulsel yang Berpotensi Tatap Pilpres

 

Baaca.id, MAKASSAR – Dua tokoh Indonesia timur diprediksi punya kans cukup kompetitif di Pilpres 2024.
Keduanya berpotensi mengisi slot calon wakil presiden alternatif.

Keduanya adalah Syahrul Yasin Limpo dan Amran Sulaiman. SYL dan Amran menjadi figur alternatif dari luar Jawa yang memiliki representasi kuat. Selain punya koneksi pada kekuasaan, keduanya juga punya tingkat keterpilihan baik di KTI.

“Sampai saat ini SYL dan Amran adalah representasi dari KTI. Belum ada figur lain. Ada juga seperti Abraham Samad. Begitu juga JK masih mungkin,” jelas analis politik Juanda H Alim, Selasa (17/8/2021).

SYL kini menjabat Mentari Pertanian. Sedang Amran adalah Mentan di periode pertama Jokowi.

Menurut Juanda, setelah era JK, hanya SYL dan Amran yang punya peluang. Hanya saja, karena faktor geopolitik SYL dan Amran akan sulit digadang sebagai capres. Keduanya memungkinkan masuk dalam slot cawapres alternatif.

Juanda melihat, figur lain seperti Abraham Samad, relatif sulit. Saat ini bukan timing yang tepat bagi Abraham.

“Survei Abraham sebenarnya cukup baik pada 5 atau 7 tahun lalu. Tapi tidak ada momentum yang bisa mendongkrak elektabilitas Abraham sekarang. Agak berat,” katanya.

Sementara soal JK, lebih karena faktor usia. JK masih memiliki tingkat elektoral baik. Tapi keterpilihannya akan sedikit jeblok karena dianggap sudah terlalu berumur untuk maju di 2024.

“Dan JK tak punya pilihan lain. Dia harus maju untuk kursi capres. Sekali lagi secara geopolitik ini berat,” paparnya.

Harus diakui kata Juanda, figur dari Indonesia timur tak memiliki kans cukup untuk bertarung sebagai capres. Figur KTI hanya bisa bertarung untuk RI 02.

Hasil survei sejumlah lembaga survei,0 hanya tiga tokoh yang diprediksi menjadi figur utama di pilpres. Mereka adalah Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Sementara beberapa tokoh alternatif masih berada jauh di bawah ketiganya. Mereka adalah mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Puan Maharani.

Ada juga Muhaimin Iskandar, Ketum Golkar Airlangga Hartarto. Belum ada figur mencolok dari yang muncul dari Indonesia timur. Para petarung masih didominasi oleh tokoh tokoh dari Pulau Jawa.

 



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button