Aplikasi Sikap PTGMI di Era Digital

BAACA.ID – Di jaman yang serba canggih seperti ini manusia semakin dimanjakan dan dimudahkan. Kecanggihan teknologi digital yang berbasis gadget terus menciptakan hal baru baik dalam bentuk software, aplikasi atau biasa yang dikenal dengan perangkat lunak.

Gadget yang saat ini sudah sangat dikenal masyarakat luasa adalah Smartphone. Sebagaimana telah diketahui bahwa Smartphone saat ini telah memakai OS Android dan menyediakan banyak aplikasi.

Lalu bagaimana dengan Aplikasi Sikap PTGMI?

Melalui Smartphone Android berbagai macam aplikasi untuk keperluan manusia bisa didapatkan dengan mudah bahkan banyak diantara mereka yang didapatkan secara gratis.

Dalam jagad Smartphone yang berbasis Android untuk mendapatkan aplikasi dikenal penyedia aplikasi yang dinamakan Playstore.

Aplikasi – aplikasi atau perangkat lunak dari berbagai macam developer berkumpul di sini. Di Playstore terdapat aplikasi seperti game, editing lagu, gambar atau video atau untuk kepentingan demi membantu manusia.

Pentingnya Aplikasi Sikap PTGMI

Salah satu standar kompetensi perawat gigi atau terapis adalah mampu melakukan komunikasi terapeutik pada pelayanan kesehatan gigi dengan kliennya;

Diantara materi yang dikomunikasikan adalah mendeskripsikan kegiatan yang akan dilakukan, memberikan kesempatan kepada klien untuk bertanya, merencanakan tindak lanjut, dan melakukan kontrak perawatan gigi selanjutnya.

Selain itu, para terapis dan perawat telah diatur dalam Undang-undang Nomor 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan (Lembaran Negara Tahun 2014 Nomor 298, Tambahan Lembaran Negara Nomor 5607);

dan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 83 Tahun 2019 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan mengamanatkan bahwa setiap tenaga kesehatan termasuk terapis gigi dan mulut wajib meningkatkan penguasaan pengetahuan, Ilmu dan teknologi dibidang pelayanan serta keterampilannya guna meningkatkan profesionalisme dan mutu pelayanan kesehatan.

Dalam memenuhi amanat peraturan perundangan tersebut, seorang terapis gigi dan mulut wajib mengikuti program pengembangan keprofesian berkelanjutan, yang diselenggarakan oleh organisasi profesi terapis gigi dan mulut dan lembaga lain yang terakreditasi sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Penyelenggaraan program pengembangan keprofesian berkelanjutan tersebut dapat diselenggarakan oleh organisasi profesi terapis gigi dan mulut dan lembaga lain yang terakreditasi sesuai dengan standar pendidikan profesi terapis gigi dan mulut.

BACA JUGA : Gelar FGD, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Ingin Maksimalkan Aplikasi SIPD

Seiring berjalannya waktu, banyak kalangan mulai dari perorangan maupun sekelompok atau institusi merasa sangat merasa sangat perlu aplikasi – aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu bidang mereka, salah satunya PTGMI ini.

Salah satu kelompok atau institusi yang melihat peluang adanya kemajuan dunia digital adalah Persatuan Terapis Gigi Mulut Indonesia atau dikenal dengan PTGMI.

PTGMI merupakan organisasi kesehatan yang memfokuskan diri untuk terapi gigi dan mulut.

Sebelumnya perlu diketahui dulu bahwa PTGMI pada awalnya merupakan sebuah Organisasi yang bernama PPGI.

PPGI merupakan singkatan dari Persatuan Perawat Gigi Indonesia. PTGMI telah meluncurkan sebuah aplikasi yang dapat dioperasikan melalui Smartphone yang bernama Sikap PTGMI.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai aplikasi yang diluncurkan oleh Persatuan Perawat Gigi Indonesia ini secara detail.

Persatuan Terapis Gigi Mulut Indonesia (PTGMI) sebenarnya sudah memiliki website sendiri.

Hal ini tentu untuk mempermudah masyarakat untuk mengakses berbagai informasi seputar kesehatan gigi dan mulut.

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat ini dan memaksimalkan kinerja demi kesehatan masyarakat, PTGMI telah membuat sebuah aplikasi Sikap PTGMI.

Sebenarnya Aplikasi ini ditujukan bagi anggota dan admin, namun, bagi masyarakat awam tidak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi ini.

Namun tidak menutup kemungkinan bahwa aplikasi ini juga bisa diakses oleh masyarakat luas.

BACA JUGA : 6 Rekomendasi Klinik Gigi Makassar

Cara Mendapatkan Aplikasi Sikap PTGMI

Langsung saja, jika anda para anggota terapis atau admin yang ingin menggunakan aplikasi Sikap PTGMI ini, bisa kunjungi situs ptgmi.or.id.

Sementara ini untuk para pengguna ponsel pintar android masih belum tersedia aplikasi ini.

Setelah mendapatkan aplikasinya, mungkin masih bingung untuk mengoperasikan aplikasi dan bagaimana bisa mengakses aplikasi kesehatan ini, maka anda tidak perlu khawatir.

Dalam situs ptgmi.or.id juga tersedia panduan dalam mengoperasikan aplikasi ini. Anda juga bisa langsung bisa mendapatkan panduan dengan mengunduhnya di situs tersebut.

Demikian penjelasan mengenai aplikasi Sikap PTGMI. Semoga bisa membantu dan memberikan banyak manfaat.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button