Apresiasi Bappenas Terhadap 4 Provinsi Inisiatif dalam Kelengkapan Dokumen Sistem Digital PPD, Pemprov Sulsel Termasuk

Baaca.id, MAKASSAR – Pada acara Sosialisasi provinsi terkait penghargaan pembangunan daerah PPD tahun 2022, 26 Januari 2022, Direktur Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Daerah, Agustin Arry Yanna mengungkapkan empat provinsi mendapat apresiasi Badan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas yang berinisiatif telah mengupload dokumen perencanaan ke sistem digital PPD (Penghargaan Pembangunan Daerah).

Provinsi Sulawesi Selatan termasuk di dalamnya. Tiga lainya berasal dari Pulau Sumatera, yakni Sumatera Barat, Riau, dan Lampung.

Ada empat tujuan pemerintah melaksanakan PPD, yaitu:

  1. Mendorong pemerintah daerah untuk menyusun dokumen perencanaan yang konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat dilaksanakan.
  2. Mendorong integrasi, sinkronisasi, dan sinergi antara perencanaan pusat dan daerah.
  3. Mendorong pemerintah daerah untuk melaksanakan kegiatan secara efektif dan efisien dalam rangka pencapaian sasaran pembangunan.
  4. Mendorong pemerintah daerah untuk berinovasi dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan.

Agustin mengungkapkan, “Kami memberikan apresiasi buat empat provinsi yang berinisiatif telah mengupload dokumen perencanaan ke sistem digital PPD, bahkan sebelum sosialisasi PPD 2022 untuk tingkat provinsi. Yakni Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Riau, dan Lampung.”

PPD akan memberikan motivasi dan pembelajaran untuk pembangunan daerah yang lebih berkualitas. Persentase penilaiannya, yaitu penilaian dokumen RKPD dan Inovasi (bobot 30%), presentasi dan wawancara (bobot 25%), dan verifikasi (bobot 45%).

Andi Darmawan Bintang, Kepala Bappelitbangda Sulsel menyampaikan bahwa apresiasi didapatkan dengan arahan dari Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. “Alhamdulillah, kita sudah mengupload kebutuhan dokumen untuk PPD 2022 atas RKPD tahun 2021 sebelum sosialisasi yang diselenggarakan oleh Bappenas,” ungkapnya, Kamis (27/1/2022).

“Hal ini menjadi semangat dan bisa menjadi nilai tambahan bagi Pemprov Sulsel. Apalagi Pemprov Sulsel terus berupaya dalam melakukan pembangunan yang lebih baik demi kemaslahan untuk masyarakat banyak,” harap Agustin.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button