Apresiasi Penerapan ETLE, Andi Sudirman Harap Pelanggaran Lantas Berkurang

Baaca.id, MAKASSAR — Electronic Trafic Law Enforcement (ETLE) telah resmi diberlakukan di 12 Polda. Termasuk Polda Sulsel, dalam hal ini Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas).

Penerapan sistem tilang elektronik yang merupakan program Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo itu pun diapresiasi Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman.

“Kami mengapresiasi gerak cepat Bapak Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam beserta jajarannya atas penerapan tilang elektronik ini, yang dimulai di 16 titik ruas jalan di Kota Makassar,” ujar Andi Sudirman, Rabu (24/3/2021).

Untuk memantau potensi pelanggaran lalu lintas dari pengguna jalan, melalui program ETLE ataupun tilang elektronik, telah dipasang CCTV di 16 titik ruas jalan, khususnya di Kota Makassar.

Yakni, di persimpangan bandara perbatasan Maros-Makassar, lampu lalu lintas (Lantas) di Jalan Urip Sumoharjo-Pettarani, di Tello dan Veteran, perempatan Jalan Boulevard, Hertasning, ruas jalan ujung Pettarani menuju Alauddin.

Juga di perempatan lampu lantas Jalan Gunung Bawakaraeng-Latimojong, lampu lantas Karebosi, Jalan Haji Bau dan Jalan Penghibur.

Dengan penerapan sistem tilang elektronik tersebut, Andi Sudirman berharap bisa meningkatkan kedisiplinan berkendara para warga pengguna jalan.

Selain itu, tentu juga diharapkan bisa menekan angka kecelakaan akibat pelanggaran aturan berlalu lintas.

“Semoga dengan tilang elektronik ini, masyarakat khususnya di Sulawesi Selatan bisa meningkatkan kesadaran dan disiplin pentingnya aturan berlalu lintas,” harapnya.

Ia menambahkan, dengan gerak Kapolda Sulsel ini, juga bisa sebagai momentum inisiasi menuju era digitalisasi. (efrat)



Related Articles

Back to top button