Inilah Bahasa Gaul Makassar yang Sering Digunakan

Baaca.id — Bahasa gaul, bahasa prokem, atau bahasa slang merupakan bahasa yang tidak resmi dan tidak baku. Bahasa seperti ini sering digunakan oleh anak remaja hingga orang dewasa.

Bahasa gaul digunakan dengan maksud agar orang yang bukan anggota kelompok tidak mengerti dengan apa yang anggota kelompok bicarakan.

Bahasa gaul Makassar telah berkembang sejak lama sekitar tahun 1990-an, bahkan bahasa gaul di kota ini sampai sekarang masih terus dipakai untuk berkomunikasi. Biasanya bahasa gaul di Makassar populer dikalangan anak ABG dan komunitas-komunitas tertentu yang tersebar di berbagai wilayah di Makassar.

Sebelum bahasa gaul ngetrend seperti sekarang ini. Bahasa gaul telah ada sejak tahun 1970-an. Ketika itu, para Bromocorah menggunakan bahasa yang unik.

Baca Juga: Rekomendasi Toko Mainan Makassar Murah dan Berkualitas

Namun seiring berjalannya waktu, bahasa itu berkembang pesat hingga kemudian kebiasaan tersebut ditiru oleh anak-anak remaja yang berumur belasan tahun.

Bahasa Gaul Makassar Pengaruh dari Bahasa Luar

Bahasa gaul di Makassar muncul dari percakapan sehari-hari dikalangan anak-anak usia remaja setempat. Bahasa gaul ini juga bisa terjadi akibat dari serapan bahasa luar yang kemudian berkembang di tengah pergaulan sehari-hari.

Bahasa luar yang dimaksud di sini bisa berasal dari pengaruh bahasa lokal, bahasa Bugis maupun bahasa Makassar. Pengaruh tersebut memungkinkan lahirnya bahasa gaul Makassar.

Bahasa gaul Makassar akhir-akhir ini sedang sering dipakai di kalangan masyarakat setempat. Bahasa slang di Makassar memiliki keunikan tersendiri bagi generasi muda, terutama anak-anak ABG dan komunitas-komunitas tertentu di Kota Makassar.

Istilah unik dengan bahasa gaulnya orang Makassar seringkali muncul pada saat mereka melakukan interaksi langsung. Interaksi seperti ini kemudian membuat mereka mampu menciptakan beragam jenis bahasa prokem.

Kumpulan Bahasa Gaul Makassar

Ada banyak bahasa gaul yang lagi ngetrend dan populer saat ini. Berikut beberapa bahasa gaul Makassar yang bisa menambah pengetahuan bahasa slang Anda.

Ketika berkunjung ke kota Makassar, Anda akan menemukan bahasa gaul yang khas seperti saat memanggilbBapak, ibu atau kakak dengan sebutan  pace, mace dan kace.

Pace yang berarti papa cerewet, sedangkan mace istilah lain dari mama cerewet, dan kace atau kakak cerewet. Istilah-istilah ini diduga telah lama muncul sekitar tahun 1990-an sampai sekarang.

Istilah lain dari bahasa gaul Makassar yang cukup populer, yaitu: Talekang. Istilah tersebut disinyalir berasal dari bahasa Makassar tale-talekang yang artinya ingin dipuji. Istilah ini biasanya ditujukan kepada orang yang banyak gaya

Ada lagi, cara lain anak muda Makassar untuk menyebut jumlah uang dalam bahasa gaul Makassar. Sibi‘ yang berarti seratus.

Istilah limbo artinya limam bilanggang atau lima ratus. Sedangkan sisa’ yang berarti sisabbu atau seribu, kemudian limrats merupakan varian dari lima ratus. Bahasa gaul Makassar tersebut masih dapat di jumpai di daerah pinggiran kota.

Kompor

Istilah lain yang diucapkan oleh orang Makassar yang menunjukkan pakaian yang memiliki warna kombinasi yang tabrakan dan tidak matching dengan menyebut kompor.

Baca Juga: Mengenal Sejarah PSHT dan Panca Dasar PSHT

Gammaranu

Kalangan anak remaja biasa menggunakan  bahasa gaul Makassar, untuk ungkapkan rasa kagum pada orang lain dengan mengatakan gammaranu atau kamu keren.

Santai Mako

Ada lagi ungkapan anak remaja setempat untuk menunjukkan agar tidak terlalu serius dengan mengatakan dalam bahasa gaul Makassar, yaitu: Santai mako.

Assala Kauji

Anak remaja di kota Makassar memiliki cara lain untuk mengatakan pada orang yang selalu menggantungkan keputusannya pada lawan bicaranya, dengan mengatakan, assala kauji atau “asal kamu saja” atau terserah kamu.

Pabertel

Di kalangan remaja Makassar sering menyebut “pabertel” pada orang yang suka bicara tidak benar atau orang gemar berbohong.

Itulah informasi dan ulasan singkat tentang bahasa gaul Makassar yang bisa menjadi inspirasi dan menambah pengetahuan.

Related Articles

Back to top button