Perhatikan Hal Berikut Sebelum Mengganti Ban Standar NMAX

Baaca.id — Apakah kamu pernah bertanya-bertanya kenapa kita tidak boleh mengganti ukuran ban motor NMAX? Apakah ada ketentuannya? Nah, untuk itu kamu wajib membaca artikel ini agar kamu tahu alasan kenapa kita tidak diperbolehkan untuk mengganti ban standar NMAX secara asal.

Di zaman yang serba keren dan lebih mementingkan penampilan ini, tidak heran jika ada banyak pemilik motor Nmax yang ingin mengganti ukuran ban dengan alasan supaya terlihat berbeda atau lebih keren.

Sebenarnya, kita tidak apa mengganti ban NMAX, akan tetapi jangan sekali-kali mengganti ban secara asal-asalan dan tidak sesuai dengan standar nasional Indonesia.

Jika kamu masih kekeh untuk mengubah standar ban NMAX menjadi ukuran yang berbeda dengan alasan ingin keren, sudah dipastikan keamananmu saat berkendara tidak terjamin, bahkan bisa menyebabkan sesuatu yang tidak diinginkan. Meskipun kamu ingin menggantinya, kamu harus tahu beberapa hal dibawah ini:

Baca Juga: 3 Aneka Olahan Kue Agar-agar yang Mudah Dibuat Sendiri

1. Bacalah Kode dari Ban

Sebelum membahas lebih dalam, alangkah baiknya jika kamu tahu maksud dari kode ban motor. Contoh, di suatu ban terdapat nomor 111/70-15 M/C 48 P. Maksud dari angka 11 tersebut melambangkan tentang lebar dari ban, lalu 70 merupakan ukuran dari ketebalan ban, dan angka15 mewakili diameter pelek yang digunakan motor tersebut dalam satuan inci.

Lalu M/C di situ kerap kali diartikan oleh banyak orang sebagai Medium Compound, sedangkan 48 mempunyai arti ban tersebut mampu mengangkut bobot sampai 180 kg di tekanan KPA (32,64 psi). Sedangkan kode P mempunyai arti terhadap kecepetan maksimum ban yang diperoleh yaitu 150 km/jam.

Sangat penting untuk mengetahui kode ban standar NMAX dan faktor-faktor lain yang menyangkut dengan ban motor produk Yamaha tersebut. Hal ini tentu saja akan berpengaruh terhadap keselamatan dan keamanan selama berkendara.

2. Ketahui Dulu Tentang Ukuran Ban NMAX

Ketika kamu sudah pandai dalam membaca kode ban, maka kamu harus tahu ukuran ban standar NMAX. Biasanya ban motor Nmax adalah 22 psi di roda depan dan 36 psi di roda belakang. Dimana bak depannya mempunyai ukuran 110/70-13 M/C 48 P, sedangkan ban belakanganya berukuran 130/70-13 M/C 63 P.

Dengan load index yang dipadu dengan tekanan 22 psi, ban depan mampu membawa bobot dengan berat yang mencapai 173 kg. Sedangkan ban belakang dengan tekanan angin 36 psi, mampu menahan bobot sampai pada 248 kg.

Dalam hal ini kamu juga harus benar-benar mengetahui terkait ukuran ban yang sesuai dengan yang diperlukan. Tentu saja ini bertujuan agar tidak menimbulkan kerugian karena ban yang dimiliki ini tidak sesuai dengan yang diharapkan.

3. Ketahui Tekanan Angin

Kami menyarankan sebelum ganti ban, kamu harus ketahui dulu tekanan angin yang dibutuhkan oleh ban. Jika terlalu kempes atau terlalu kencang maka menyebabkan kamu tidak nyaman di atas motor.

Untuk ban montor Nmax membutuhkan 18 psi tekanan angin secara standar, jika kamu masih ragu, maka kamu bisa menambahkan satu tingkat tekanan udara ke ban motor NMAX anda.

Sebaiknya sebelum melakukan atau memilih apapun terkait dengan ban standar NMAX sebaiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja yang diperlukan.

Selain itu kamu juga harus memperhatikan apapun terkait ban standar NMAX yang dibutuhkan. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan ban yang tepat dan sesuai dengan apa yang sedang diperlukan.

Pastikan kamu telah mengetahui secara pasti dan secara benar apa saja yang harus diperhatikan sebelum mengganti ban standar NMAX.

Hal ini sangat penting diperhatikan dan dilakukan sebab akan berpengaruh terhadap keselamatan dan keamanan selama berkendara. Untuk itulah jika kamu belum paham dapat mencari informasi terlebih dahulu di internet.

Demikian informasi seputar ban standar NMAX, dan kamu jangan asal ganti ban seenaknya, sebab setiap ban pasti sudah ditetapkan dengan ketentuan-ketentuannya.

Jika kamu merasa belum mengetahui dan belum paham terkait apapun mengenai ban standar NMAX, kamu dapat meminta bantuan kepada bengkel atau orang yang telah berpengalaman. Hal ini akan menghindarkan kamu dari kesalahan akibat kecerobohan dalam memilih ban standar NMAX.



Related Articles

Back to top button