Bangkitkan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19, MTF Market 2021 di Mal PIPO Makassar

Baaca.id, Makassar — Pandemi Covid-19 yang kini menyebar di seluruh dunia termasuk Indonesia, membuat pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menegah (UMKM) menghadapi tekanan berat.

Sehingga pandemi Covid-19 membuat sejumlah sektor termasuk UMKM tidak bisa melakukan aktivitas ekonomi sebagaimana biasanya. Hal ini tentunya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Namun, pembatasan aktivitas untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 tak melulu negatif. Bagi mereka yang jeli melihat peluang bisnis, justru bernilai positif karena berpeluang memasarkan bahkan melahirkan pengusaha UMKM.

Media Makassar Terkini /terkini.id menjelang Hari Ulang Tahunnya yang ke-18 yang jatuh pada tanggal 7 Juli 2021 mendatang pun sigap hadir memberikan kemudahan masyarakat dan pelaku UMKM tanah air.

Selain itu, juga tentunya kembali membangkitkan gairah pelaku UMKM di tengah pandemi yang juga seiring dengan program pemerintah kota Makassar dalam hal pemulihan ekonomi di tengah hantaman pandemi Covid-19 saat ini.

Dan hal itu juga merupakan bagian dari Makassar Recover yang saat ini digaungkan oleh pemerintah kota Makassar.

Terbukti, peserta MTF Market 2021 ini tidak hanya datang dari kota Makassar, tetapi juga berasal dari di kota-kota lain di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali dan beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan untuk mengembangkan usaha lewat bazar Kuliner dan Fashion bernama MTF Market ‘Fresh Start, 2021.

Kegiatan yang digelar dengan protokol kesehatan yang sangat ketat ini berlangsung selama lima hari di Mal Pipo Makassar Jalan Metro Tanjung Bunga mulai Rabu, tanggal 30 Juni hingga hari Minggu, 4 Juli 2021 mendatang.

CEO terkini.id, Adhi Santoso mengatakan setiap kota besar selalu memiliki aktivitas untuk membangkitkan pelaku UMKM. Menurutnya, potensi pariwisata alam di Kota Makassar terbatas.

“Tetapi potensi untuk kuliner tidak terbatas di Kota Makassar,” kata Adhi Santoso dalam sambutannya saat pembukaan MTF Market 2021, Rabu 30 Juni 2021.

Adhi menyebut kehadiran MTF Market memungkinkan mencicipi berbagai jenis kuliner dari daerah lain. Selain itu, berupa membangkitkan perekonomian di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya, dengan mendatangkan turis (wisatawan) ke Kota Makassar.

Pariwisata, kata Adhi, meski ikut terdampak Pandemi Covid-19, namun masih bisa berputar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Seluruh tenant pada kegiatan MTF Market ini menerapkan protokol kesehatan. Sudah divaksin dan menjaga protokol secara ketat,” ujarnya.

Bukan itu saja, lanjut pengusaha media milenial ini mengatakan seluruh UMKM yang tergabung dalam MTF Market 2021 menerapkan tenant secara digital. Hal itu untuk menghindari dan menekan penularan Covid-19.

“Bisa menggunakan QRIS, Shopee, OVO atau GoPay. Hal ini langkah sangat nyata menekan penularan Covid-19 dan mengurangi penipuan,” ucap Adi.

Adi mengamati penggunaan teknologi digital bisa menjadi momentum bagi UMKM untuk kembali bangkit di tengah keterpurukan akibat pandemi Covid-19 saat ini.

Menurutnya, kehadiran Pandemi Covid-19 menuntut sektor usaha untuk lebih adaptif terhadap perkembangan dunia yang semakin dinamis. Sebab itu, UMKM perlu memasuki ekosistem digital.

“Zaman sekarang orang belanja pakai handphone. Kita tak boleh ketinggalan momentum,” tandas perintis Makassar Terkini yang kini lebih dikenal terkini.id ini.

Sementara itu, Pemimpin Kelompok Bisnis BNI Kantor Wilayah Makassar, Tenri Ajeng P memberi apresiasi atas terselenggaranya MTF Market.

Ia mengatakan pada kondisi pandemi saat ini, terkini.id masih sempat memikirkan UMKM agar tetap bisa tumbuh dengan memberi ruang untuk mengenalkan produknya.

“Kami berharap ini bisa menjadi peluang bagi UMKM untuk meningkatkan kembali potensi kuliner di Makassar. Saya ucapkan terima kasih bisa berkolaborasi dengan terkini.id untuk menggelar MTF Market ini,” kata Tenri.

Tenri menyebut selama 2021, belum pernah melihat satu penyelenggaraan event. Namun, kata dia, Makassar Terkini / terkini.id hari ini telah mewujudkannya.

Selain itu, Tenri mengatakan mendukung program pemerintah dengan menggunakan QRIS, semua bisa diakses dengan satu sistem pembayaran.

“Ini menguntungkan bagi UMKM dan masyarakat, kalau ini berjalan dengan baik bisa mempercepat peningkatan ekonomi,” ujarnya.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Rusmayani Madjid mengatakan MTF Market 2021 merupakan kegiatan yang sangat positif dan memberi banyak manfaat.

“Saya mengapresiasi Makassar Terkini / terkini.id karena kegiatan MTF Market mengangkat UMKM di Makassar dan di luar Makassar,” kata Maya, sapaannya.

Maya mengatakan selama Pandemi Covid-19, sektor pariwisata, termasuk UMKM sangat terpuruk. Sebab itu, MTF Market menjadi momentum untuk membangkitkan UMKM yang selama ini sangat terdampak.

“MTF Market memfasilitasi dan mempromosikan UMKM. Bagi UMKM luar Makassar, setelah kegiatan ini selesai, mereka pulang dan akan mempromosikan kuliner Makassar,” tutur Maya.

Diketahui MTF Market 2021 tak hanya menghadirkan produk kuliner dan fashion ‘paling segar’, MTF Market juga diramaikan dengan berbagai performance hingga lomba menarik di sepanjang kegiatan baik berupa Workshop Coffee Roasting, Talkshow dan Free Robotics Class.

Selain itu, pengunjung juga bisa foto-foto sambil shopping fashion-fashion terbaru serta aneka menu-menu kuliner terbaru yang super lezat dari berbagai kota.

Pengunjung bisa menikmati berbagai pertunjukan menarik sambil berbelanja, mulai pukul 10.00 hingga 20.00 WITA dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

MMF Award 2021

Bukan itu saja, di event ini juga akan berlangsung rangkaian event yakni penghargaan untuk para pelaku usaha kuliner terbaik di Kota Makassar.

Kegiatan ini juga merupakan persembahan media online Makassar Terkini (terkini.id). Penganugerahan “Makassar Most Favourite Culinary (MMF) Award 2021″ ini akan digelar di Mall Pipo Makassar, pada Jumat 2 Juli 2021 besok siang.

Event yang sudah memasuki tahun kesebelas ini adalah apresiasi untuk para pengusaha kuliner yang sukses mendapat tempat di hati masyarakat Makassar.

Rencananya, penganugerahan MMF 2021 akan dihadiri langsung oleh Wali Kota Makassar, bapak Danny Pomanto dan sejumlah tamu undangan lainnya.(#)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button