Cara Mudah dan Cepat Mendapatkan Bantuan Intensif Prakerja

Baaca.id – Peserta kartu prakerja yang lolos dalam seleksi pendaftaran akan mendapatkan notifikasi lewat SMS dan dashboard akun kartu prakerja.

Peserta yang lolos memperoleh bantuan intensif prakerja berupa biaya pelatihan dan dana intensif.

Bantuan biaya pelatihan diberikan sebesar Rp 1.000.000 adalah bantuan non tunai. Uang sebanyak itu dapat digunakan peserta untuk membeli pelatihan yang telah tersedia di platform

Dilansir dari laman prakerja terdapat 3 jenis bantuan intensif prakerja:

Pertama: Peserta mendapatkan uang bantuan intensif Rp 1000.000.

Kedua: Intensif biaya mencari pekerjaan Rp 600.000. Bantuan intensif prakerja sebesar Rp. 600.000 diberikan setiap bulan selama total 4 bulan.

Ketiga: Intensif pengisian survei evaluasi Rp 50.000 per survei, yang dilakukan 3 kali, dengan total Rp.150.000. Jumlah bantuan intensif prakerja menyeluruh Anda dapat melihat di dashboard kartu prakerja.

Bantuan prakerja Rp 1.000.000 merupakan bantuan yang diberikan untuk mengikuti pelatihan sesudah dinyatakan lulus program seleksi.

Saldo bantuan intensif prakerja ada di akun masing-masing yang bisa digunakan untuk membeli kelas kursus pelatihan prakerja.

Saat melakukan pembelian pelatihan program prakerja. Anda dapat memilih kelas sesuai kebutuhan, dan minat dari 7 platform yang disediakan salah satunya Tokopedia.

Lakukan pembelian kelas kursus pelatihan dengan menggunakan nomor serta saldo yang ada di dashboard kartu prakerja. Pastikan saldo cukup dan segera melakukan pembelian pelatihan yang diberi waktu 30 hari.

Baca Juga:

Bila lewat waktu yang telah ditentukan belum juga melakukan pelatiha  pertama dipastikan gugur kepesertaannya. Usai proses pembelian selesai sesuai yang diinginkan segera mengikuti pelatihan di kelas dan ujian atau tes akhir.

Jika dinyatakan lulus tes akhir dengan nilai baik peserta mendapatkan sertifikat tanda lulus. Lalu kemudian peserta yang dinyatakan lulus dari kelas-kelas online mendapatkan bantuan intensif prakerja.

Bantuan intensif prakerja yang diperoleh setelah mengikuti pelatihan kartu prakerja sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan, dengan total Rp 2.400.000.

Ada lagi bantuan intensif prakerja yang lain berupa survei evaluasi kartu prakerja. Cara mendapatkan bantuan intensif prakerja dengan mengikuti survei evaluasi dengan cara sebagai berikut:

Kunjungi website prakerja.go.id kemudian login masukkan email dan password. Setelah masuk isi setiap pertanyaan yang ada dalam survei sampai selesai.

Lalu, klik bagian intensif untuk mengetahui dana Rp 50.000 sedang diproses oleh pihak manajemen kartu prakerja dan tunggu sampai ada pemberitahuan selanjutnya.

Pastikan setelah mengikuti pelatihan kartu prakerja segera lakukan penautan rekening, maupun e-Wallet ke akun prakerja. Bantuan intensif prakerja cair jika e-Wallet terintegrasi dan aktif.

Upgrade e-Wallet yang Anda miliki dengan e-Wallet yang terbaru agar proses bantuan intensif prakerja dapat berjalan dengan baik.

E-Wallet yang dapat Anda gunakan mencairkan bantuan intensif prakerja adalah: OVO, LinkAja, Gojek, dan DANA. Sedangkan rekening BNI juga bisa mencairkan bantuan intensif prakerja.

Bantuan intensif prakerja dapat digunakan berbagai macam, seperti membeli pulsa hingga biaya transportasi. Ada beberapa syarat untuk mendapatkan dana intensif dari kartu prakerja, yaitu:

Menyelesaikan pelatihan yang dibuktikan dengan sertifikat elektronik. Kemudian peserta telah mengikuti pelatihan program prakerja lebih dari satu kali.

Selain itu, peserta telah memberikan ulasan terhadap lembaga pelatihan. Peserta juga memberikan penilaian kepada lembaga pelatihan di platform digital.

Telah menyambungkan nomor rekening bank atas e-Wallet di situs prakerja. Kemudian tidak kalah penting dalam proses pencairan bantuan intensif prakerja yaitu adanya validasi.

Validasi yang dimaksud menggunakan NIK yang sama dengan NIK yang terdaftar di kartu Prakerja. Intensif survei evaluasi dapat diterima bila peserta telah mengisi survey di akun prakerja.

Namun, ada beberapa hal yang menyebabkan bantuan prakerja gagal cair. Dilansir dari laman prakerja.go.id berikut ini penyebabnya:

Belum isi ulasan di platform digital, belum memberikan rating atau penilaian terhadap platform digital, kemudian nomor rekening atau e-Wallet belum aktif.

Ada lagi masalah lain yang menyebabkan bantuan prakerja belum cair, yakni akun e-Wallet belum di upgrade atau belum melakukan verifikasi KTP dan swafoto.

Atau masalah lainnya yaitu data identitas diri yang ada di KTP yang didaftarkan pada e-Wallet tidak sesuai dengan data yang didaftarkan pada akun kartu prakerja.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button