Harga dan Tips Pemasangan Batu Taman Putih di Rumah

Baaca.id — Batu koral merupakan batuan alam yang diperoleh dari hasil penambangan. Beragam ukuran batu koral dari 1 sampai 5 sentimeter dan bahkan beragam warna.

Merah, hitam, hingga putih yang dihasilkan di daerah Bengkulu, Lampung, dan memiliki penampilan batu yang khas dan unik.

Biasanya batu koral dimanfaatkan untuk jalan setapak, lantai carport atau aksen kolam. Beragam cara memasang batu taman putih dengan meletakan di atas permukaan tanah.

Kemudian, Anda juga bisa menatanya sedemikian rupa sehingga memunculkan tatanan batu yang menarik.

Atau Anda dapat menanamnya dalam beton sehingga kokoh dan kuat. Ukuran batu taman putih lebih besar dari pada koral sikat.

Harga Batu Taman Putih

Sebelum melakukan pemasangan pada taman yang Anda miliki, perlu mengetahui harga batu taman putih sesuai kebutuhan.

Harganya pun relatif murah, per kilogram bervarisai berkisar antara Rp 2000-Rp 7000. Harga per karung berkisar Rp 35.000-Rp 65.000 tergantung ukuran.

Harga batu yang murah ini belum termasuk ongkos kirim, yang mungkin harganya sedikit mahal.

Tips Pemasangan Batu Taman Putih

Ada beberapa hal penting perlu mendapat perhatian saat Anda menata taman, mulai dari harga, sampai dengan luas taman tempat untuk mengaplikasikan batu taman putih.

Dengan cara ini Anda bisa mengetahui kualitas teknik pemasangannya supaya menghasilkan tatanan yang menarik.

Hal lain yang penting untuk mendapat perhatian saat menghias taman atau teras dengan batu taman putih yaitu harganya perlu diketahui, kerena harga per kilogramnya bisa mahal sesuai budget yang dimiliki.

Batu ini dapat diaplikasikan berbagai bentuk dan pola. Ada beberapa pola yang bisa dibuat, antara lain bentuk binatang, bunga serta bentuk geometri lainnya.

Namun, ada teknik tersendiri saat mengaplikasikan batu dalam berbagai bentuk tersebut, yaitu campuran air, semen, dan pasir.

Dengan cara tersebut, tampilan batu taman selaras dengan taman yang digunakan dan nantinya tercipta kesan indah.

Baca Juga:

Hal penting lainnya untuk diperhatikan selain jenis batu taman putih yang akan digunakan, yaitu batu taman putih jika sering terpapar sinar matahari maupun hujan akan membuatnya kusam, bahkan berlumut.

Oleh karena itu Anda bisa melapisinya dengan stone coating supaya batu tahan lama. Anda dapat memadukan lampu untuk memperindah taman milik Anda.

Begitu banyak manfaat batu koral, tidak hanya sebagai hiasan rumah dan taman. Tetapi juga sumber resapan air dan menghindari cipratan air ke tembok yang ada di sekitarnya.

Batu Taman Putih Untuk Taman

Memasang batu taman putih tidak mudah. Perlu keterampilan dan keahlian yang tinggi. Oleh karena itu, Anda bisa menyewa orang yang berpengalaman dan profesional.

Cara pemasangan batu dengan cara acak, mozaik atau bentuk tertentu dengan menanamnya pada beton. Baru kemudian dilakukan perawatan menyiram dan menyikatnya secara rutin.

Pertama: Salah satunya dengan menata batu taman putih untuk jalan setapak. Anda bisa melakukan penataan batu taman putih di taman yang Anda miliki dengan pola yang menarik.

Anda bisa meletakkan batu koral disekeliling batu tapak yang terbuat dari semen. Dari sinilah kemudian terlihat alami dan terkesan lebih menawan. Sudah barang tentu membuat taman di depan rumah Anda makin cantik.

Kedua: Anda bisa menciptakan edging atau teknik pembatas dengan batu taman putih. Dengan cara ini taman lebih rapi dan elegan.

Ketiga: Cara lain teknik pemasangan batu dengan model pembatas antara semak dan area lantai bangunan. Cara ini untuk memperjelas dan membuat lebih rapi.

Keempat: Transisi bangunan dan taman. Batu taman putih tidak hanya sebagai transisi taman dan bangunan membuat lebih cantik, tetapi untuk menghindari percikan air agar tidak mengotori dinding luar bangunan dan resapan air.

Kelima: Pembatas taman dengan area kering. Batu ini bisa Anda taruh di tanah bentuk tertentu pada taman dan area kering sehingga taman tampak rapi dan indah.

Keenam: Mengatasi rumput kering dan menghindari tanah becek. Batu tersebut juga bisa mengatasinya dengan pola meletakkannya pada rumput yang kering.

Taman yang ada di dalam ruangan juga penting dipasang batu hias ini. Jangan lupa untuk selalu disiram dengan air saat suhu panas agar permukaan batu menjadi dingin.

Itulah ulasan singkat tentang batu taman putih yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda untuk memasang di taman depan rumah yang Anda miliki.

Related Articles

Back to top button