Begini Cara Memilih Kelas Kursus Kartu Prakerja

Baaca.id – Program kartu Prakerja gelombang ke-12 telah diumumkan. Para peserta diwajibkan memilih kelas kursus pelatihan Prakerja yang telah ditentukan.

Pasca dinyatakan lulus seleksi kartu Prakerja, setiap peserta mendapatkan bantuan intensif Rp 1.000.000. Dana inilah yang bisa dimanfaatkan untuk membeli pelatihan yang ada di platform yang telah tersedia.

Hal lain yang penting mendapatkan perhatian para peserta, yaitu peserta kartu Prakerja wajib ikut pelatihan pertama jika ingin bantuan intensif cair.

Namun, ada sebagian peserta yang tidak mengetahui bagaimana cara membeli dan mengikuti pelatihan untuk memperoleh bantuan tersebut.

Cara memilih kelas kursus kartu Prakerja penting mendapat perhatian bila ingin bantuan intensif cair. Anda harus segera melakukan pembelian kelas kursus pelatihan Prakerja setidaknya 30 hari  usai dinyatakan lulus.

Ada 7 kelas kursus kartu Prakerja yang tersedia yang bisa Anda pilih untuk mengikuti pelatihan kartu Prakerja.

Ketujuh platform kelas kursus kartu Prakerja tersebut meliputi: Tokopedia, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Sekolah-Mu, Kemnaker dan Pijarmahir.

Ketujuh platform kelas kursus pelatihan Prakerja ini memiliki kelebihan dan keunggulan masing-masing indikator dengan cara pembelian yang khas dan menarik.

Berikut ini beberapa kelas kursus kartu Prakerja dari 7 platform tersedia yang bisa Anda pilih dalam pelatihan kartu Prakerja. Pastikan jumlah saldo dalam dashboard kartu Prakerja mencukupi saat pembelian platform pelatihan berlangsung.

Baca Juga:

Cara melakukan pemilihan dan pembelian kelas kursus kartu Prakerja cukup mudah. Salah satunya yang bisa Anda pilih, yaitu platform Tokopedia.

Namun sebelum melakukan pelatihan pastikan nomor kartu Prakerja telah terverifikasi di Tokopedia. Pilih pelatihan Tokopedia di dashboard kartu Prakerja dan klik detail.

Setelah itu, Anda akan dibawa ke laman dashboard Tokopedia untuk melihat cara menukar voucher.

Kemudian klik beli dan masukkan kode promo. Lalu lakukan pembelian dengan memilih metode pembayaran yang tersedia.

Langkah selanjutnya pilih kartu Prakerja pada program pemerintah dan masukkan kode 16 digit yang tertera pada dashboard Prakerja. Langkah lain dalam pemilihan kelas kursus kartu Prakerja dengan vertifikasi lewat SMS.

Kemudian cek kode di historis transaksi top up atau dapat dilihat di email yang terdaftar di Tokopedia. Sesudah itu baru melakukan penukaran kode voucher pada laman dashboard Tokopedia.

Sekarang Anda telah bisa mengikuti kelas kursus kartu Prakerja Tokopedia. Anda juga diwajibkan menulis review dan rating di laman top transaksi dan tagihan yang dibeli

Kelas kursus kartu Prakerja yang lain, yaitu Platform Bukalapak. Dilansir dari laman website resmi Bukalapak berikut ini cara pembelian di platform di Bukalapak.

Caranya  mudah pembayaran dengan menggunakan nomor kartu Prakerja. Klik pilih kelas kursus Bukalapak di dashboard kartu Prakerja.

Kemudian lakukan pembayaran lewat kartu Prakerja, lalu klik bayar dan konfirmasi pembayaran.

Setelah itu masukkan OTP terus klik verifikasi. Terlihat di halaman informasi transaksi bila berhasil melakukan pembayaran.

Peserta dapat menyalin kode voucher yang ditampilkan, kemudian lanjutkan untuk melihat lembaga pelatihan di link.

Setelah itu, Anda dapat mencari kelas kursus pelatihan kartu Prakerja di dashboard kartu Prakerja. Ada beberapa kelas kursus pelatihan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan keahlian dimiliki.

Anda bisa memilih belajar kursus memasak usaha nugget, ayam bakar hingga batagor, somay bersama Chef Hery Gunadi dengan Rp 600.000.

Atau Anda dapat melakukan kegiatan pembelajaran mengikuti kelas kursus pelatihan kartu Prakerja khusus kursus berbahasa Inggris biaya Rp 725.000.

Kursus Microsoft office untuk pekerja membayar Rp 725.000, dan masih banyak lagi beberapa kelas kursus pelatihan kartu Prakerja yang dapat dilakukan di platform kartu Prakerja.

Saat melakukan pembelian pelatihan kartu Prakerja pastikan menggunakan saldo di dashboard kartu Prakerja.

Hubungi customer service platform digital saat Anda gagal melakukan pembelian kelas kursus kartu Prakerja. Kemudian Anda juga harus mengambil pelatihan kartu Prakerja maksimal 30 hari sejak dinyatakan lulus menjadi peserta Prakerja.

Anda juga diwajibkan menyelesaikan seluruh program pelatihan pertama maksimal 7 hari. Waktu telah melewati batas yang telah ditentukan.

Kemudian Anda belum juga membeli pelatihan, maka bisa dipastikan status keikutsertaan Anda dalam program kartu Prakerja akan dicabut atau dinonaktifkan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button