Berharap Jadi Mitra Kritis Pemerintah, Danny Minta SMSI Sulsel Sajikan Informasi Berkualitas

Baaca.id, MAKASSAR — Kehadiran Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) turut diapresiasi Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto. Diharapkan menjadi organisasi perusahaan media siber yang turut mendukung pemerintah.

Pernyataan mengandung harapan itu diucapkan wali kota yang akrab disapa Danny Pomanto itu saat menerima kunjungan para pengurus SMSI Sulsel di kediaman pribadinya, Jalan Amirullah, Kecamatan Mamajang, Makassar, Kamis (11/3/2021).

Di pertemuan yang bertepatan dengan momen Isra Mikraj itu, orang nomor satu di pemerintahan Makassar itu juga berharap, sebagai organisasi perusahaan media siber, SMSI Sulsel bisa membantu pemerintah untuk menyajikan informasi yang baik dan benar tanpa hoaks.

“Saya berharap SMSI Sulsel menjadi mitra kritis pemerintah untuk menyajikan informasi berkualitas ke publik, khususnya berita soal pemerintah Kota Makassar,” ujarnya.

Ia pun menyatakan, dalam menyajikan pemberitaan terkait pemerintah, termasuk Pemkot Makassar, SMSI Sulsel jangan hanya mengangkat informasi yang positif saja.

“Jika ada pejabat saya yang melakukan pelanggaran, sikat saja. Kita butuh transparansi,” tegasnya.

Berkenaan itu, Ketua Bidang Organisasi dan Daerah Pengurus Provinsi SMSI Susel, Aco Mappanganro menjelaskan bahwa keberadaan SMSI sebagai organisasi perusahaan media siber atau online.

Ia menjelaskan, SMS sebagai salah satu konstituen Dewan Pers. Setidaknya, saat ini ada 10 lembaga yang terdaftar sebagai konstituen dewan pers. Empat organisais profesi dan enam organisasi perusahaan.

Organisas profesi tersebut yakni Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) dan Pewarta Foto Indonesia.

Sedang enam organisasi perusahaan, jelas Aco, yakni Serikat Penerbit Pers (SPS), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI).

Juga Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Pewarta Foto Indonesia (PFI), Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

“SMSI menjadi organisasi perusahaan media terbesar di Indonesia. Pengurusnya telah terbentuk di semua provinsi, tingkat kabupaten dan kota. Termasuk di Sulsel,” jelas Aco.

“Saat ini kami telah membentuk pengurus di tingkat kabupaten dan kota. Baru saja melantik pengurus di Kota Parepare, Kabupaten Soppeng dan Pinrang,” imbuhnya.

Direktur media online, berita-sulsel.com ini juga menyampaikan terima kasih kepada Walikota Makassar yang telah menerima Pengurus Provinsi SMSI Sulsel untuk melakukan audiensi.

“Pak Danny Pomanto salah satu tokoh masyarakat dan kepala daerah peduli pers. Hal ini terlihat dari kebijakan anggaran yang ditetapkannya. Kota Makassar menyediakan anggaran yang paling besar untuk publikasi berita,” kata Aco.

Sementara Ketua SMSI Sulsel, Rasyid Alfarizi menuturkan, pertemuan dengan Danny Pomato selaku Wali Kota Makassar itu juga berkenaan agenda kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun.

Dituturkan, SMSI Sulel akan melaksanakan ramah tamah dan rapat kerja daerah (Rakerda). Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan seminar soal Media Siber dan UUT ITE.

“Selain itu, kami juga akan menyerahkan 12 penghargaan kepada tokoh masyarakat dan kepala daerah. Termasuk pak Danny Pomanto. Kegiatan ini akan dilaksanakan tanggal 26 Maret 2021 di Hotel Claro Makassar,” terang dia. (*)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button