Besok Gerhana Bulan 26 Mei 2021, Ini Waktu Puncak Gerhana di Setiap Wilayah

Baaca.id, Fenomena gerhana bulan total atau Super Blood Moon akan bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia pada Rabu, 26 Mei 2021.

Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 18.18 WIB, 19.18 WITA dan 20.18 WIT. Kepala Sub Bidang Analisis Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG Suaidi Ahadi menyampaikan nantinya puncak gerhana bisa diamati dari hampir seluruh wilayah Indonesia.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyebutkan hampir semua negara akan bisa menyaksikan fenomena ini jika cuaca cerah. Asia Timur, Asia Tenggara, Australia, Selandia Baru, Oseania, dan sebagian besar benua Amerika kecuali Kanada bagian timur, Kepulauan Virgin, sampai Trinidad-Tobago, Brasil bagian timur, Guyana, Suriname, dan Guyana Prancis, adalah wilayah-wilayah yang akan bisa menyaksikan gerhana Bulan ini.

Gerhana Bulan Total kali ini istimewa karena berbarengan dengan terjadinya perige, yaitu ketika Bulan berada di jarak terdekatnya dengan Bumi. Adapun puncak perige terjadi pada pukul 08.57.46 WIB/09.57.46 Wita/10.57.46 WIT dengan jarak 357.316 kilometer dari Bumi.

BMKG menjelaskan ada tujuh fase ketika GBT, yakni:

  • Gerhana mulai (P1);
  • Gerhana Sebagian mulai (U1);
  • Gerhana Total mulai (U2);
  • Puncak Gerhana;
  • Gerhana Total berakhir (U3);
  • Gerhana Sebagian berakhir (U4); dan
  • Gerhana berakhir (P4)

Adapun pengamat yang berada di antara garis P1 dan U1, yaitu di Papua Barat, Maluku Utara, Maluku, NTT, Sulawesi Utara, sebagian Gorontalo, Sulawesi Tenggara, sebagian Sulawesi Tengah, dan sebagian kecil Sulawesi Selatan bagian tenggara akan mendapati Bulan sudah dalam fase gerhana penumbra pada saat Bulannya terbit.

“Selanjutnya, ia akan dapat mengamati Gerhana Bulan Total 26 Mei 2021 hingga gerhana berakhir,” kata BMKG.

Pengamat yang berada di antara garis U1 dan U2, yaitu di sebagian Gorontalo, sebagian Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, NTB, Bali, Kalimantan Utara, Kalimanatan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jambi, sebagian Sumatera Barat, sebagian Riau, dan Kepulauan Riau, akan dapat mendapati Bulan sudah dalam fase gerhana sebagian pada saat Bulannya terbit.

Dengan membandingkan jarak Bumi-Bulan dan kejadian Gerhana Bulan Total 26 Mei 2021, BMKG menyebut waktu puncak gerhana ini terjadi hanya 9 jam 28 menit dari sejak Bulan berada di perige. Sedangkan puncaknya hany akan berlangsung 18 menit 44 detik.

Pada Gerhana Bulan Total 26 Mei 2021, puncak gerhana terjadi pada pukul 11.18.43 UT atau pukul 18.18.43 WIB atau pukul 19.18.43 WITA atau pukul 20.18.43 WIT.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button