Biarkan Sapi Ternak Ganggu Jalan Raya, Si Pemilik Terancam Sanksi

Baaca.id, MAKASSAR — Sejumlah titik di Makassar tampak banyak sapi yang bebas berkeliaran bebas dan merusak tanaman penghijauan di pinggir jalan. Hal itu membuat pihak pemerintah kewalahan.

Olehnya itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar bakal melakukan pengawasan di sejumlah titik yang kerap dilewati sapi-sapi tersebut.

“Kita akan turun dengan dinas terkait. Hampir setiap hari, kawanan sapi berkeliaran,” Plt Kepala Dinas DLH Makassar, Iman Hud, Senin (22/3/2021).

Tidak hanya itu saja, Iman mengaku, bakal melakukan pemanggilan terhadap para pemilik sapi, jika ada yang kedapatan tidak disiplin memelihara sapi-sapi.

“Karena keteledorannya, sehingga sapi atau ternak tersebut berkeliaran bebas di tempat umum, dan juga sangat mengganggu keamanan dan keselamatan pengguna jalan,” sambungnya.

Ditegaskan pula, telah ditetapkan aturan jelas dalam pemeliharaan hewan. Sayangnya, hingga kini masih banyak yang tidak mengindahkan aturan-aturan tersebut.

“Itu sudah jelas ada aturan daerah yang mengatur. Kalau terbukti melanggar Perda atau Perwali, maka kita akan tindak tegas, berikut sanksi yang diterapkan,” pungkasnya. (efrat)



Related Articles

Back to top button