Bikin Gaduh Soal Pernyataan Tidak Percaya Covid-19, dr Lois Diamankan Polisi

Baaca.id, JAKARTA – Dokter Lois Owien ditangkap oleh kepolisian terkait ketidakpercayaannya terhadap Covid-19. Penangkapan tersebut dikonfirmasi Kabag Penum Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan.

“Iya ditangkap, kemarin yang bersangkutan ditangkap oleh Unit Siber Krimsus PMJ jam 4 sore,” ungkap Ramadhan, Senin (12/7/2021).

Sebelumnya, dr Lois membuat heboh masyarakat atas pernyataannya yang menyebut Covid-19 bukan virus, ia juga mengatakan pasien Covid meninggal karena interaksi antarobat.

Kegaduhan yang dr Lois lakukan bahkan membuat seorang pengacara bernama Pitra Romadhoni berencana melaporkannya ke Polda Metro Jaya.

“Sehubungan dengan pernyataan dr Lois Covid-19 bukan Virus, sehingga diduga pernyataan tersebut dapat menimbulkan keonaran di kalangan masyarakat. Maka untuk itu kami akan membuat laporan polisi hari ini di Polda Metro Jaya,” kata Pitra.

Menurutnya, dr Lois dilaporkan terkait Pasal 14 dan 15 UU No. 1 Tahun 1946 jo Pasal 45 A ayat 1 UU No. 19 Tahun 2016 tentang kabar tidak pasti yang dapat menimbulkan keonaran di kalangan masyarakat.

Majelis Kode Etik Kedokteran Ikatan Dokter Indonesia (MKEK IDI) juga sebelumnya telah memanggil dr Lois untuk meminta klarifikasi dan penjelasan ilmiah mengenai pernyataan kontroversialnya itu. Namun, dr Lois memastikan dengan tegas akan menolak panggilan tersebut dengan alasan sebagai bentuk perjuangannya.

“Saya sudah berjuang sangat keras di dunia nyata untuk membantu IDI dan Kemenkes, tapi ditolak karena mereka sudah punya protokol sendiri (dari) Organisasi Kesehatan Dunia (WHO),” kata Lois.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button