Mengenal Tugas dan Fungsi BKD Luwu Timur

Baaa.id — Badan Kepegawaian Daerah BKD Luwu Timur merupakan instansi vertikal yang bertugas mengelola data dan manajemen administrasi kepegawaian yang ada di Pemerintah Kabupaten Luwu Timur.

BKD atau yang kini namanya telah berubah menjadi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Luwu Timur ini memiliki visi dan misi yang selaras dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Luwu Timur yakni;

Visi BKPSDM

Menjadi unit layanan yang bertekad menciptakan SDM aparatur yang profesional, kompeten dan responsif.

Baca Juga: Profil Adnan Purichta Ichsan sang Bupati Termuda 

Misi BKD Luwu Timur

Memaksimalkan efisiensi dan efektifitas pelayanan administrasi kepegawaian. Meningkatkan kualitas SDM melalui pendidikan dan diklat serta membangun kebersamaan untuk peningkatan disiplin aparatur.

Saat ini BKPSDM atau BKD Luwu Timur dipimpin oleh Kepala Badan yakni; Kamal Rasyid yang juga pejabat eselon II (B) dan dibantu oleh Sekretaris Basrudin pejabat eselon III.

Selain itu, sesuai dengan struktur organisasinya, BKPSDM atau BKD Luwu Timur juga dibantu oleh Kepala Bidang Perencanaan Evaluasi dan Pengembangan Kepegawaian serta Kepala Bidang Mutasi dan Data Kepegawaian.

Belum lama ini, Pemerintah Kabupaten Luwu Timur kembali mendapat tambahan sebanyak 110 calon pegawai negeri sipil (CPNS) hasil seleksi tahun 2019 melalui jalur formasi umum.

Sebanyak 110 CPNS ini masih berada di bawah koordinasi BKPSDM atau BKD Luwu Timur meski sudah dilakukan penempatan di dinas dan instansi masing-masing.

Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam menyerahkan secara simbolis surat keputusan (SK) pengangkatan pegawai kepada 110 orang CPNS yang diwakili oleh tujuh orang CPNS.

Kepada 110 CPNS yang telah menerima SK itu, Bupati Luwu Timur meminta para CPNS untuk segera bekerja dan memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Bupati Luwu Timur itu menghimbau kepada ASN yang baru mendapatkan SK untuk menjaga amanah serta bertanggung jawab terhadap pekerjaannya dan memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat.

Sementara itu, Kepala BKPSDM atau BKD Luwu Timur, Kamal Rasyid meminta para CPNS yang baru mendapatkan SK untuk segera menyesuaikan diri dengan dinas instansi tempat mereka bekerja.

Ia juga meminta kepada para pegawai tersebut untuk tak hanya memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat tetap juga berkontribusi kepada Kabupaten Luwu Timur.

Salah satunya memberikan prestasi yang membanggakan khususnya untuk BKPSDM atau BKD Luwu Timur dan masyarakat serta pemerintah Kabupaten Luwu Timur pada umumnya.

Selain itu, Kepala BKPSDM Luwu Timur ini melalui jajarannya juga akan terus memantau seluruh kinerja aparatur sipil negara (ASN) khususnya yang bertugas di Kabupaten Luwu Timur.

Pengawasan ini meliputi disiplin kerja, pemberian pelayanan yang baik kepada masyarakat hingga bekerja secara transparan dalam melayani masyarakat.

Baca Juga: Rekomendasi Novel tentang Perjodohan yang Layak Dibaca

Ia berjanji akan menindak tegas siapapun pegawai yang terbukti melanggar sumpah dan janjinya sebagai aparatur sipil negara (ASN) karenanya ia menghimbau seluruh ASN untuk menjadi dan memberi contoh yang baik kepada masyarakat.

Selain itu ia juga mewajibkan seluruh ASN di Luwu Timur untuk memupuk sikap disiplin mulai dari disiplin waktu, disiplin kerja dan patuh terhadap seluruh ketentuan sebagai abdi negara.

Prestasi BKPSDM Luwu Timur

Tak hanya memberikan kinerja yang baik di bidang pelayanan kepada ASN, BKPSDM juga berulangkali menorehkan prestasi yang membanggakan khususnya untuk Kabupaten Luwu Timur.

Badan kepegawaian di Kabupaten Luwu Timur ini belum lama ini berhasil menciptakan terobosan inovasi baru yakni  meluncurkan aplikasi Lacuti.

Inovasi ini merupakan gagasan langsung dari Kabid Perencanaan, Evaluasi dan Pengembangan Kepegawaian BKPSDM Kabupaten Luwu Timur, Eksa Putra Kusuma Yani.

Layanan aplikasi Lacuti ini adalah aplikasi inovatif yang berfungsi untuk mempercepat layanan di pemerintahan.

Dengan aplikasi Lacuti ini, mampu memfasilitasi kebutuhan ASN di Kabupaten Luwu Timur yang memiliki wilayah yang cukup luas ini.

Melalui aplikasi Lacuti, ASN yang berada jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten Luwu Timur yang berkepentingan untuk mengurus administrasi di BKPSDM tidak perlu lagi harus jauh-jauh datang ke kantor.

ASN cukup mengakses aplikasi tersebut. Prosesnya pun sangat mudah, hanya dengan memasukkan nama dan Nomor Induk Pegawai (NIP) maka semua informasi tentang ASN tersebut akan segera tersaji.

Aplikasi Lacuti ini pula disambut baik oleh para ASN di Kabupaten Luwu Timur khususnya yang berada jauh dari pusat pemerintahan yang tak perlu lagi harus jauh-jauh menuju kantor BKPSDM melainkan cukup melalui aplikasi Lacuti.

 



Related Articles

Back to top button