BKPRMI Lutra Dilantik, Bupati Indah Sampaikan ini

Baaca.id, LUTRA – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Luwu Utara Periode 2021 – 2025 resmi dilantik, Sabtu (23/10/2021). Pelantikan dilakukan oleh Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Provinsi Sulawesi Selatan, Hasid Hasan Palogai.

Pelantikan ini dihadiri Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jasrum, serta Ketua DPD BKPRMI Luwu Utara Amiruddin. Pelantikan ini juga dirangkaikan dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kompetensi Kelembagaan Taman Pendidikan Alquran (TPA) yang diikuti oleh 100 guru mengaji di Luwu Utara.

Bupati Indah Putri Indriani usai pelantikan tak lupa menyampaikan terima kasih kepada BKPRMI dan para guru TPA karena perannya yang begitu besar dalam mewujudkan visi religius di Luwu Utara yang tertuang dalam RPJP.

“Saya tak bisa menutup mata bahwa peran BKPRMI dan guru TPA sangat luar biasa dalam mewujudkan visi religius yang ada dalam RPJP,” kata Indah.

Dirinya juga tak menampik bahwa pemerintah daerah sangat membutuhkan dukungan dari para pemangku kepentingan, salah satunya dari BKPRMI, dalam upaya membina dan mengelola kelembagaan TPA di Luwu Utara.

“Pemda tak bisa sendiri, tapi harus didukung oleh pemangku kepentingan, seperti BKPRMI,” jelas alumnus Pesantren Datok Sulaiman Palopo ini.

Untuk itu, ia berharap sinergi dan kolaborasi yang terbangun antara Pemda dan BKPRMI dapat ditingkatkan dengan berbagai adaptasi yang dilakukan, terutama dalam pola pembinaan dan pengelolaan kelembagaan TPA. Dikatakannya bahwa pemda memberi perhatian kepada para guru TPA melalui pemberian insentif dan perlindungan melalui BPJS Ketenagakerjaan.

“Tak hanya insentif, kita juga akan memberikan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan kepada guru mengaji, termasuk para imam masjid. Semuanya kita lindungi,” beber dia.

Namun, kata dia, semuanya harus sudah teregistrasi dengan baik.

“Kita kan tidak tahu apa yang akan terjadi ke depan. Untuk itu, kami sangat memohon dukungan dari kita semua,” harapnya.

Sebelumnya, Ketua BKPRMI Sulsel, Hasid Hasan Palogai, mengakui bahwa proses pembelajaran Alquran di Kabupaten Luwu Utara berjalan dengan sangat baik. Hal itu tak hanya disebabkan karena komitmen Bupati yang begitu tinggi terhadap kehidupan keagamaan, tetapi karena peran besar dari kehadiran BKPRMI dan para guru mengaji di TPA-TPA yang ada.

“Luwu Utara ini luar biasa geliatnya dalam pembelajaran Alquran. Kita boleh maju secara fisik dan material tapi jangan lupakan juga bahwa kita harus maju secara spiritual, karena membangun mental spiritual adalah tanggug jawab kita bersama,” kata Hasid.

Dikatakannya bahwa pengurus BKPRMI saat ini ditugaskan untuk mengurus kehidupan agama Islam.

“Ini adalah kendaraan yang disiapkan Allah, menjadi pintu yang disiapkan Allah, yang nantinya akan meneruskan kita masuk ke dalam surganya Allah SWT. Untuk itu, jangan pernah kendor di tengah jalan. Kita harus menjadi orang-orang yang senantiasa selalu istiqomah mengurus agamanya Allah sehingga kita dipersilakan masuk ke dalam surgaNya,” jelas Hasid.

Sementara itu, Ketua BKPRMI Luwu Utara, Amiruddin, tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Luwu Utara dan Ketua DPW BKPRMI Sulsel atas kehadirannya dalam acara Pelantikan BKPRMI tersebut.

“Terima kasih kepada ibu Bupati yang kita tahu sangat sibuk sekali, tapi beliau tetap selalu hadir ketika itu terkait dengan TPA,” ucap Amiruddin.

Tak hanya itu, kesediaan Bupati mengalokasikan anggaran untuk insentif guru mengaji dan imam masjid, ditambah bantuan dari DPW BKPRMI Sulsel, akan menjadi stimulan bagi BKPRMI untuk terus bergerak di jalan Allah.

“Saya percaya yang masuk pengurus ini adalah orang-orang luar biasa. Semoga BKPRMI ke depan semakin jaya dan lebih baik lagi,” pungkasnya.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button