Begini Cara Membuat Bonsai Kelapa Albino dengan Mudah

Baaca.id — Bekerja dari rumah atau WFH selama pandemi Covid-19 membuat banyak orang mencari kegiatan atau hobi baru. Salah satunya adalah merawat tanaman hias bonsai. Salah satu varian tanaman bonsai yang banyak digemari adalah bonsai kelapa albino.

Tanaman kerdil yang berasal dari Cina ini disukai karena bentuknya yang unik dan perawatannya tidak begitu sulit.

Selain perawatannya, proses pembuatan bonsai juga cukup mudah. Cara pembuatannya sebagai berikut:

1. Memilih Bibit Bonsai Kelapa Albino Terbaik

Pada saat akan memilih untuk membuat bonsai maka pilihlah bibit terbaik yang bisa digunakan sebagai salah satu calon bibit bonsai.

Baca Juga: Penyuluh Kehutanan Dituntut Terus Tingkatkan Pengetahuan Terkait Perhutanan Sosial

Dengan pemilihan bibit ini akan berpengaruh pada hasil bonsai yang sangat recommended sebagai calon tanaman bonsai albino nan indah.

Pemilihan bibit juga didasarkan pada kualitas bibit yang tampak mulai dari akar, pohon dan daun dari pohon bonsai tersebut. Oleh karena itu, pastikan di awal untuk memilih bibit yang berkualitas.

2. Pastikan Posisi Batok Kelapa Albino Lebih Baik

Untuk membuat tanaman bonsai kelapa albino maka pastikan posisi batok sudah tepat serta lebih baik.

Pada dasarnya posisi batok kelapa ini sangat berpengaruh pada kualitas serta mutu dari hasil tanaman bonsai tersebut. Sehingga sebisa mungkin pilihlah batok kelapa dan tepatkan posisinya yang sesuai agar akar tanaman bisa tumbuh baik di batok kelapa.

Dengan memperhatikan posisi dari batok kelapa tersebut, diharapkan tanaman bonsai kelapa ini bisa tumbuh lebih sempurna. Bahkan memiliki nilai jual tinggi sebagai tanaman bonsai yang ada saat ini dan memperlihatkan tingkat estetika tanaman.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin membuat tanaman bonsai harus memperhatikan cara-caranya dengan teliti dan tepat. Karena untuk mewujudkan bonsai kelapa albino yang baik dibutuhkan teknik yang baik dan benar pula sehingga hasil tanaman menjadi lebih maksimal.

3. Pembersihan Batok Kelapa

Saat batok kelapa menjadi media untuk menghasilkan bonsai kelapa, maka perlu adanya pembersihan batok kelapa dengan menyeluruh.

Terutama serabut kelapa yang menempel pada batok, sisa-sisa tersebut harus terhindar dan bersih.

Agar tidak mengganggu pertumbuhan akar tanaman bonsai yang menempel pada batok kelapa tersebut.

Gunakan sejumlah alat yang efektif guna membantu kinerja pembersihan batok kelapa, agar bonsai bisa tumbuh sempurna. Tentunya dengan totalitas pembersihan akan menghasilkan kualitas bonsai kelapa ini dengan lebih baik dan punya nilai jual.

4. Mempersiapkan Media Tanam

Selanjutnya, untuk dapat menghasilkan bonsai kelapa albino yang begitu indah dan punya nilai jual tinggi, maka persiapkan media tanam yang sesuai.

Media tanam ini bisa dengan memilih pot yang disesuaikan dengan batok kelapa. Ada beragam pot yang bisa jadi media tanam bonsai dan meletakkan batok kelapanya dengan aman.

Dengan media tanam yang tepat maka diharapkan bahwa bonsai albino ini bisa tumbuh subur dan sesuai perkembangannya.

Media tanam ini juga bisa dipadukan dengan media tanah dan pupuk yang tepat untuk mendukung tumbuhnya bonsai dengan sempurna. Agar perkembangan bonsai di media tanam tidak terhambat dan bisa menghasilkan bonsai terbaik.

5. Bentuk Bonsai Kelapa Albino Sesuai Selera

Untuk mewujudkan bonsai yang unik maka bonsai siap dibentuk sesuai selera maka dimulai saat menanam di media tanam. Yaitu dengan cara membuat akar bonsai pada batok kelapa sesuai selera agar menghasilkan tanaman bonsai albino yang baik.

Gunakan kreatifitas dan ketelitian saat meletakkan akar bonsai pada media batok tersebut sehingga dapat tumbuh bagus. Jika pembentukan tepat dan perawatannya yang sangat baik, maka akan tercipta bonsai albino yang mempunyai nilai jual tinggi tersebut.

Maka dari itu Anda harus benar-benar memperhatikan langkah-langkah untuk membuat bonsai kelapa albino. Hal ini bertujuan agar hasil pembuatan bonsai kelapa albino sesuai yang diharapkan sebelumnya.

Itulah beberapa cara agar mewujudkan bonsai kelapa albino terbaik untuk bisa dinikmati secara estetika dan bernilai jual tinggi. Jadi, budidaya bonsai sangat mudah dilakukan, bukan? Merawat tanaman boasi dapat menjadi peluang bisnis yang menghasilkan uang dengan memiliki banyak peminat bonsai. Bahkan tanaman bonsai albino yang dimiliki bisa dijual kembali untuk meraih keuntungan.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button