Bonsai Pohon Kopi, 7 Syarat agar Bisa Tumbuh dengan Subur

Baaca.id — Dewasa ini bonsai pohon kopi sangat diminati oleh banyak orang karena memiliki nilai jual yang tinggi dan begitu cantik.

Tentunya ada beberapa hal yang penting serta perlu diperhatikan agar bonsai kopi mampu tumbuh subuh di berbagai kondisi.

Keberadaan bonsai pohon kopi ini menjadi salah satu tanaman hias sekaligus tanaman yang menghasilkan, inilah beberapa unsur penting untuk bonsai pohon kopi bisa tumbuh.

1. Sinar Matahari Cukup

Saat menanam bonsai kopi pastikan bawah sinar matahari sudah terpenuhi kebutuhannya dan tidak menghambat dalam pemberian sinar. Yaitu dengan meletakkan bonsai kopi di tempat yang tepat agar mendapat asupan sinar matahari cukup.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Bonsai Kelapa Albino dengan Mudah

Biasanya waktu pagi hari dan sore hari adalah waktu yang disarankan untuk bonsai kopi mendapatkan sinar matahari secara lebih baik. Sehingga bonsai tidak kekurangan nutrisi dari matahari.

Pastikan tanaman ada mendapatkan sinar yang cukup karena akan membantu proses pertumbuhan tanaman bonsai kopi.

2. Struktur Tanah

Struktur tanah juga mempunyai peran penting pada pertumbuhan bonsai pohon kopi untuk menjadi tanaman bonsai subur serta berkualitas. Gunakan pupuk terbaik untuk memberikan nutrisi pada tanaman bonsai pohon kopi.

Unsur hara yang tepat akan memberikan akar bonsai untuk mampu tumbuh sesuai dengan kebutuhannya. Sehingga pupuk tepat pun mampu membantu kesuburan bonsai yang sedang dirawat ini.

Untuk itu disarankan agar Anda memilih tanah yang tepat untuk ditanami sesuai kebutuhan.

3. Pengairan Bonsai

Bonsai pohon kopi butuh pengairan yang tepat, karena pohon kopi sendiri sangat menyukai lahan yang lembab. Maka pemberian air pada bonsai kopi harus sesuai dengan keberadaan bonsai tersebut di dalam pot.

Gunakan alatbantu atau semprot untuk pemberian air agar tidak memberikan air secara berlebihan kepada bonsai kopi. Jika berlebihan, maka akar dari bonsai kopi ini akan cepat busuk, hal ini menghambat tanaman untuk tumbuh sempurna.

4. Pemupukan

Gunakan pupuk yang tepat, bisa dengan pupuk organic seperti pupuk kandang untuk pemberian nutrisi yang baik bagi bonsai kopi.

Sehingga bonsai kopi tumbuh secara layak dan kaya akan nutrisi serta akar menjadi lebih baik tumbuhnya.

Sealnjutnya jika pemupukan dirasa tepat, bisa juga menggunakan pupuk buatan khusus untuk tanaman bonsai. Hal ini sangat membantu bonsai untuk bisa tumbuh sempurna serta menutrisi akar bonsai kopi dengan lebih baik lagi.

5. Kelembapan

Menjaga kelembapan bonsai pohon kopi sangat penting dilakukan karena bonsai kopi suka dengan udara lembab. Jadi saat musim kemarau maka harus menjaga bonsai kopi ini untuk tetap lembab dan bisa tumbuh secara normal.

Baca Juga: Rekomendasi Universitas di Makassar

Tingkat kelembapan akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan daun, tunas bahkan hasil dari buah kopinya.

Maka sangat disarankan untuk meletakkan bonsai kopi di tempat yang terlindung dari matahari agar aman dan tetap lembap.

6. Pemangkasan

Melakukan pemangkasan sama artinya dengan melakukan peremajaan pada tanaman bonsai kopi itu sendiri. Seperti melakukan pemotongan pada bagian daun yang ada kemudian ranting dengan ekstra hati-hati.

Jangan sampai melakukan kesalahan ketika pemotongan tersebut, karena terdapat tunas bonsai kopi yang harus terjaga. Sehingga nantinya bonsai kopi yang telah dipangkas bisa tumbuh lebih subur bahkan menghasilkan buah kopi dengan banyak.

7. Sistem Panen

Untuk sistem panen dari bonsai pohon kopi itu sendiri dilihat jika perawatan akan tanaman bonsai tersebut berhasil. Sehingga sistem panen bisa berjalan lancar, hal ini tergantung dari hasil buah kopi yang ada pula.

Jika sudah mulai tumbuh buah, bisa segera memanen biji kopi di bonsai. Bersiap mengolah biji kopi tersebut untuk dikonsumsi secara pribadi atau dijual.

Itulah kenapa banyak orang yang memilih bonsai pohon kopi ini sebagai tanaman hias serta bisa untuk nilai jual tinggi. Bahkan buah kopi yang dihasilkan dari bonsai kopi ini bisa dimanfaatkan secara pribadi atau menarik minat para pecinta tanaman bonsai.

Ketika anda ingin tanaman tumbuh dengan subur tentu saja harus memperhatikan langkah-langkah perawatan tanaman kopi dengan baik.

Karena hasil yang baik akan didapatkan ketika anda lebih teliti lagi dan lebih rajin merawat Apa yang dibutuhkan oleh tanaman bonsai pohon kopi.

Related Articles

Back to top button