Ternyata Buat Akun BPJSTKU Itu Mudah dan Banyak Untungnya

Baaca.id — Para tenaga kerja di Indonesia kini semakin dimudahkan dengan kehadiran Aplikasi BPJSTKU (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja), yang dikelola secara langsung oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, dan telah diperkenalkan sejak tahun 2018 lalu.

Aplikasi ini dibuat untuk dapat memperluas peserta BPJS Ketengakerjaan, yang diyakini akan terus bertambah dari tahun ke tahun. Sehingga diperlukan pendataan secara berkala, melalui sebuah sistem yang berkesinambungan.

BPJSTKU menyediakan informasi saldo jaminan hari tua (JHT), dimana besaran saldo yang diterima para peserta merupakan akumulasi dari iuran setiap bulannya, dengan hasil pengembangan dana yang dikelola langsung oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Selain itu terdapat juga informasi tentang saldo bagi tenaga kerja penerima upah, non-penerima upah, serta para pekerja migran, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Sistem Bisnis Bio Nerve, Sebulan Bisa Dapat Mobil Mewah

Cara Buat Akun BPJSTKU

Lalu bagaimana dengan anda yang baru lulus kuliah, dan ingin menjadi anggota dari BPJS Ketenagakerjaan, sekaligus ingin buat akun BPJSTKU?

Baik, tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja kita menuju ke langkah-langkah buat akun BPJSTKU:

  1. Terlebih dahulu unduh aplikasi BPJSTKU yang tersedia bagi pengguna Android maupun iOS. Gratis.
  2. Lalu buka aplikasi BPJSTKU dan pilih menu “PENDAFTARAN PENGGUNA BPJSTKU”
  3. Pilih jenis kepesertaan Anda, misalnya PENERIMA UPAH
  4. Masukkan semua data yang diminta, seperti nama, tanggal lahir, dan nomor KTP, dan seterusnya
  5. Masukkan nomor kepesertaan anda yang tertera di kartu BPJS Ketenagakerjaan
  6. Masukkan alamat email aktif, untuk keperluan verifikasi, dan masukkan kode yang diterima
  7. Masukkan nomor ponsel aktif untuk keperluan verifikasi berikutnya
  8. Masukkan kode verifikasi yang diterima melalui SMS dan segera buat password untuk akun BPJSTKU anda.

Cara Cek Saldo di Akun BPJSTKU

Setelah mengetahui cara buat akun BPJSTKU, sekarang kita akan cari tahu cara cek saldo di akun BPJSTKU yang sudah kita buat sebelumnya:

  1. Masuk ke aplikasi BPJSTKU.
  2. Masukkan alamat e-mail dan kata sandi yang dibuat dalam proses sebelumnya untuk melakukan log in.
  3. Setelah berhasil log in, pilih fitur “LIHAT SALDO”.
  4. Jumlah saldo akan terlihat, rincian dari riwayat iuran juga bisa dicek disana.

Namun perlu dicatat, bahwa akumulasi dana tersebut hanya bisa ditarik oleh pemilik akun BPJSTKU, ketika telah mencapai usia pensiun atau berhenti bekerja, meninggal dunia atau mengalami cacat total. Besaran iuran sendiri bervariasi, tergantung jenis peserta.

Untuk pekerja penerima upah, besaran iuran adalah 5,7 persen dari upah bulanan yang dilaporkan. Dimana 3,7 persen sisanya ditanggung oleh perusahaan.

Sementara untuk pekerja mandiri atau bukan penerima upah, besaran iuran adalah 2 persen dari upah yang dilaporkan. Sedangkan iuran bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) dipatok di kisaran Rp 105.000-Rp 600.000 setiap bulannya.

Baca Juga: Universitas Terbaik di Makassar yang Mempunyai Akreditasi A

Manfaat Memiliki Akun BPJSTKU

Setelah mengetahui cara buat akun BPJSTKU serta cara mengecek saldo, mungkin anda masih belum tahu persis, apa sih sebenarnya manfaat yang akan diperoleh jika kita mempunyai akun BPJSTKU.

So, berikut adalah sejumlah manfaat lain yang akan anda dapatkan ketika memiliki akun BPJSTKU.

  • Bisa cek jumlah saldo tabungan JHT secara online.
  • Menyediakan informasi seluruh orogram dari BPJS Ketenagakerjaan atau Jamsostek. Informasi tersebut dapat berguna jika sewaktu-waktu anda membutuhkan informasi terbaru terkait ketenagakerjaan. Termasuk sejumlah lowongan kerja yang tersedia.
  • Peserta akun BPJSTKU berhak mendapat diskon khusus, yang dapat dipergunakan di hotel, restoran, tempat hiburan, dan pusat perbelanjaan tertentu yang menjalin kerjasama dengsn BPJS Ketenagakerjaan.
  •  Terdapat pula menu E-klaim JHT, bagi peserta yang berniat mengurus pencairan uang JHT secara online. Namun sampai saat ini, kebijakan klaim ini masih dalam tahap penyempurnaan.

Beberapa manfaat yang ditulis diatas, hanyalah sebagian kecil dari segudang manfaat lain yang bisa anda dapatkan ketika memiliki akun BPJSTKU dan melakukan registrasi.

Hari Tua Lebih Terjamin dengan BPJSTKU

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan hari tua yang terjamin hidupnya, kebutuhannya, dan segala macam keperluan lainnya? Semua pasti sepakat bahwa menjalani hari tua haruslah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari, tepatmya ketika kita masih berusia muda dan masih memiliki energi untuk berkarya dan berkreativitas.

Oleh karena itu, layanan di BPJSTKU dapat menjadi solusi bagi anda untuk mempersiapkan hari tua nanti. Sehingga, masa-masa senja anda tidak perlu lagi dihiasi dengan sakit-sakitan, apalagi sampai harus merepotkan anak cucu anda kelak.

Program ini juga merupakan salah satu cakupan kerja pemerintah pusat, untuk dapat mengurangi angka lansia yang tidak produktif, sekaligus membuat mereka bersemangat mengisi hari-hari tua dengan bahagia.

Itulah cara buat akun BPJSTKU dan sejumlah kegunaannya yang telah kami rangkum, semoga membantu dan memberi kemudahan kepada Anda.

Related Articles

Back to top button