Buat Kafilah Sulsel di STQ XXVI, Andi Sudirman Beberkan Kiat Terlepas dari Demam Panggung

Baaca.id, MAKASSAR – Tim Kafilah Sulsel memastikan ikut berpartisipasi pada Seleksi Tilawatil Quran (STQ) XXVI. Even tersebut dijadwalkan pada 16-22 Oktober 2021 di Sofifi, Maluku Utara.

Jelang berangkat ke arena STQ XXVI, Tim Kafilah Sulsel menyempatkan bersilaturahmi dengan Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman di Rumah Jabatan Wakil Gubernur Sulsel, Selasa (12/10/2021) malam.

Para peserta tersebut sebelumnya merupakan pemenang pada STQH Tingkat Provinsi Sulsel di Sidrap pada Juni 2021. Mereka akan mengikuti lomba dari 4 cabang dengan 10 kategori.

Andi Sudirman pun memberikan motivasi dan semangat kepada 20 kafilah Sulsel yang akan berlaga pada STQ Tingkat Nasional 2021. Yang turut dihadiri oleh pelatih dan official.

Ia pun mengingatkan kepada para kafilah untuk menjaga integritas. “Kita harus cerdas dalam mempelajari agama, bagaimana kembali ke khittahnya,” katanya.

Ia pun berharap para kafilah yang masih berusia anak-anak, remaja hingga pemuda itu agar bisa menguasai satu keahlian.

“Bagaimana untuk terus belajar. Kami ingin ada peran adik-adik mencari bagaimana kemurnian Islam dengan mencari fatwa-fatwa ulama dunia. Sehingga bisa menjalani keilmuan yang spesifik,” jelasnya.

Para kafilah juga diingatkan untuk tidak terbebani dengan perlombaan STQ ini. “Bertanding adalah bertanding, tetapi jangan ada yang terbebani. Namun bagaimana melihat serta memaksimalkan bahwa kita datang melepaskan semua pikiran untuk tidak terbebani tetapi optimalkan dan fokus. Jangan melihat diri lebih lemah dari yang lain,” pesannya.

Andi Sudirman pun mengaku, bahwa salah satu yang menjadi permasalahan jika mengikuti lomba adalah grogi. Ia pun berbagi tips untuk mengatasi ‘demam panggung’.

“Kuasai materi, yakinkan diri bahwa kalian adalah orang pilihan dan hebat sehingga bisa percaya diri, biasakan diri untuk tampil, dan selalu melihat contoh dengan menonton orang-orang hebat yang bisa menjadi motivasi,” pungkasnya.

Ia pun bakal menyiapkan hadiah tambahan bagi peraih medali dalam STQ Nasional itu. Guna memotivasi untuk bisa menampilkan yang lebih baik.

Plt Gubernur Sulsel pun berbincang banyak bersama para kafilah. Bahkan mendengar langsung beberapa kafilah melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Untuk cabang lomba STQ Nasional 2021 di Maluku Utara, diantaranya Cabang Seni Baca Al-Qur’an yaitu Golongan Anak-anak, golongan dewasa.

Cabang Hafalan Al-Qur’an, yaitu golongan 1 Juz dan tilawah, golongan 5 Juz dan Tilawah, golongan 10 Juz, golongan 20 Juz, golongan 30 Juz.

Cabang Tafsir Al-Qur’an, golongan Tafsir Bahasa Arab. Dan Cabang Musabaqah Al-Hadits yaitu golongan Hafalan 100 Hadits dengan Sanad dan Golongan Hafalan 500 Hadits tanpa Sanad. (*)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button