Bupati Bone Ingin Tahapan Pilkades Dibahas dengan Matang

Baaca.id, BONE — Bupati Bone, HA Fashar M. Padjalangi meminta kepada para camat untuk menyiapkan pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021 di Kabupaten Bone, dengan matang.

“Saya minta terkait pelaksanaan tahapan pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2021 ini agar dibicarakan baik baik, supaya pertemuan nantinya sudah ada tahapan-tahapan yang bisa disampaikan,” pinta Fahsar saat memimpin rapat pelaksanaan tahapan Pilkades serentak 2021 di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Bone, Senin (1/3/2021).

Pada kesempatan itu juga, Fashar yang didampingi Sekretaris Kabupaten Bone, Andi Islamuddin, serta Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Anwar ini meminta kepada seluruh camat yang hadir untuk segera menindaklanjuti di kecamatan dan desa masing-masing terkait hasil rapat ini.

Kepala Dinas Pemerintah Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bone, Andi Gunadil Ukra mengatakan, rapat ini dilaksanakan untuk membahas solusi terkait anggaran pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2021. “Kita ini di Dinas PMD sudah menganggarkan di DPA,” ujarnya.

Andi Gunadil mengungkapkan, Pilkades dilaksanakan di 177 desa. Berarti sudah dianggarkan 177 TPS, 177 tenda dan per TPS ada 7 petugas keamanan. Tapi dengan adanya surat edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 141 bahwa pelaksanaan pilkades menerapkan protokol kesehatan, jadi satu TPS itu hanya bisa dilaksanakan dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) 500 orang per TPS. “Jadi berkembanglah TPS menjadi 613,” kata Andi Gunadil.

Dia membeberkan, anggaran pelaksanaan Pilkades ini berkisar Rp3 miliar. Dia pun meminta para camat untuk berkomunikasi dengan kepala desa masing-masing terkait apa saja yang bisa d biayai di dalam APBDesa-nya.

Turut hadir dalam rapat ini Kepala Inspektorat, Kepala BPKAD, Jubir Satgas Covid-19, Kasatpol PP, Kabag Hukum, Kabag Pemerintahan, dan beberapa camat se-Kabupaten Bone. (farhan)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button