Cakades di Bone Sepakat Siap Kalah

Baaca.id, BONE — Pemerintah Kabupaten Bone melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) melaksanakan penandatanganan pakta integritas calon kepala desa di 177 desa se-Kabupaten Bone di Ballroom Hotel Novena, Kota Watampone, Senin (8/11/2021).

Penandatanganan ini disaksikan langsung Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, Wakil Bupati Bone, Ambo Dalle, Forkopimda dan sejumlah OPD lingkup Pemkab Bone lainnya.

Kepala DPMD Bone, Andi Gunadil Ukra mengatakan, penandatanganan pakta integritas dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama diikuti sebanyak 271 calon kepala desa (Cakades) di 91 desa yang tersebar 12 kecamatan. Sisanya dilaksanakan pada gelombang kedua besok, Selasa (9/11/2021).

Menurut Andi Gunadil, penandatanganan pakta integritas ini dilakukan agar tercipta suasana aman dan kondusif serta para cakades harus siap kalah dan siap tidak terpilih.

“Harus menciptakan suasana aman dan damai selama pemilihan kepala desa berlangsung,” ujar Andi Gunadil.

Sementara itu, Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi mengajak semua calon kepala desa agar sama-sama menyukseskan demokrasi Pilkades serentak tahun 2021 ini.

“Kita mau demokrasi di Bone berjalan dengan baik, aman, dan damai untuk daerah yang kita cintai,” harap Andi Fahsar.

Selain itu, lanjut Andi Fahsar, calon kepala desa harus tahu isi dan makna fakta integritas yang telah ditandatangani ini, agar dapat mewujudkan kondisi wilayah yang tentram, aman dan nyaman, baik sebelum pemilihan, pada saat pemilihan maupun sesudah pemilihan.

Bupati Bone dua periode ini juga mengimbau kepada para calon kepala desa agar berusaha berjuang dengan semaksimal mungkin tanpa mengorbankan kandidat yang lain.

“Jangan jelek-jelekkan calon yang lain. Kalau rejeki kita, mau kemana lagi, tetap kita akan terpilih,” pesan Andi Fahsar.

Di tempat yang sama, Kapolres Bone, AKBP Ardiansyah menyampaikan arahan bahwa, keberhasilan pelaksanaan pilkades serentak sangat ditentukan komitmen bersama para calon kepala desa.

Bagian dari komitmen tersebut, menurut Ardiansyah adalah siap terpilih dan tidak terpilih sehingga pelaksanaan dapat berlangsung kondusif dan demokratis.

“Pilkades tinggal 10 hari lagi. Harapan kita semua sama adalah pilkades demokratis yang aman dan damai. Kunci keberhasilan tersebut ada di tangan bapak, ibu calon kepala desa dengan siap tulus dan ikhlas untuk menerima hasil pemilihan. Dalam arti siap terpilih dan tidak terpilih,” kata Ardiansyah.

Diketahui, sebanyak 177 desa dan 543 peserta calon kepala desa melaksanakan pilkades serentak Bone tahun 2021. Sementara jumlah daftar pemilih tetap (DPT) tercatat 234.694 yang bakal menyalurkan hak suaranya pada 584 tempat pemungutan suara (TPS). (farhan)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button