Cara Agar WiFi Tidak Dibobol dengan Mudah

Baaca.id — Saat mendapati jaringan internet maupun WiFi yang sudag terpasang dibobol orang tak dikenal, Anda akan langsung merasa kesal kan? Apalagi saat Anda menggunakan jaringan internet untuk bekerja atau menyelesaikan tugas kuliah di rumah.

Nah, pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai cara agar WiFi tidak dibobol sembarangan oleh orang yang tak bertanggung jawab. Penasaran? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Cara Mendeteksi WiFi yang Dibobol

Sebelum mengetahui tentang cara agar WiFi tidak dibobol, kami akan membahas mengenai cara mendeteksi koneksi WiFi yang sudag dibobol terlebih dahulu. Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Gunakan Aplikasi

Dengan menggunakan aplikasi yang dapat membantu untuk mencari siapa saja yang sedang menggunakan koneksi WiFi Anda secara ‘ilegal’. Terdapat banyak aplikasi untuk Windows maupun Mac yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui para pencuri jaringan WiFi.

Kemudian selain menggunakan aplikasi untuk komputer, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi pendeteksi penggunaan WiFi secara langsung melalui HP.

2. Alamat IP di Router

Selain mendeteksi lewat aplikasi, Anda juga dapat mengetahui siapa saja yang dapat menggunakan koneksi WiFi secara gratisan melalui website router yang Anda gunakan. Dengan cara, masuk terlebih dahulu ke home page router dan masukkan IP adress Anda.

Kemudian, login dengan menggunakan username dan password. Apabila sudah Anda bisa mendapatkan informasi mengenai daftar nama device sampai IP address yang terkoneksi dengan jaringan WiFi yang dapat Anda gunakan.

Jika Anda menemukan device maupun IP address yang bukan milik Anda, Anda juga patut berhati-hati sebab bisa jadi koneksi WiFi Anda telah dibobol orang lain.

Cara Agar WiFi Tidak Dibobol

Kemudian cara mendeteksi jaringan WiFi yang dicuri, kami akan ulas mengenai cara agar WiFi tidak dibobol sembarang orang supaya Anda dapat menikmati koneksi internet yang stabil. Yuk langsung simak ulasan berikut ini.

1. Gunakan Password yang Kuat

Cara yang paling ampuh untuk mengamankan koneksi WiFi agar tak mudah ditembus maupun dibobo dengan mudah yaitu dengan menggunakan password yang kuat dan unik ya. Ingat, jangan menggunakan tanggal lahir Anda maupun  password yang mudah diketahui lainnya.

Kemudian pilihlah password yang dapat dikatakan sulit diingat oleh orang lain, namun mudah diingat oleh Anda sendiri. Passwors yang kuat biasanya menggunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil dan angka.

Baca Juga:

2. Pakai Enkripsi WPA2

Jika Anda tak mau koneksi WiFi semakin tak stabil dan mengganggu kenyamanan Anda saat bekerja, menyelesaikan tugas sampai menonton video dari vlogger favorit Anda di situs berbagai video seperti Youtube, maka gunakan enkripsi WiFi Protected Access.

Selain WPA 2, Anda juga dapat memakai enskripsi lain misalnya WEP (Wired Equivalent Privacy) maupun WPA generasi sebelumnya. Akan tetapi untuk saat ini WiFi Protection Access 2 menjadi salah satu metode pengamanan jaringan yang dinilai paling aman.

Jadi kalau Anda tak mau dibobol orang pastikan koneksi WiFi Anda sudah menggunakan standar pengamanan yang ini ya.

3. Ganti SSID Jaringan WiFi

Cara berikutnya yang dapat Anda tempuh agar koneksi WiFi bebas dari pembobol yang tak bertanggung jawab adalah dengan mengganti Service Set Identifier (SSID) jaringan WiFi. For your information SSID merupakan nama dari jaringan WiFi yang Anda gunakan.

Nah supaya WiFi Anda tak dibobol maka gunakan nama SSID WiFi yang unik.

4. Matikan Fitur WPS

Dengan cara mematikan fitur WiFi Protected Setup atau WPS dari jaringan WiFi Anda juga bia digunakan untuk mencegah jaringa WiFi yang Anda pakai dibobol orang. WPS menjadi sistem keamanan pada WiFi yang digunakan untuk menghubungkan router dengan HP.

Dengan menggunakan WPS dapat membuat seseorang membobol jaringan WiFi dengan menggunakan aplikasi secara mudah tanpa harus memasukkan password. Jadi sebaiknya matikan fitur WiFi Protected Setup jika Anda ingin jaringan WiFi tetap aman.

5. Mem-block MAC Address

Agar jaringan WiFi tak dapat dibobol orang lain dengan mudah, maka dapat Anda gunakan dengan Mem-filter Media Access Control Address atau MAC Address. MAC Address adalah salah satu alamat jaringan atai ‘kode unik’ yang pada umumnya ada pada device.

Anda dapat mengontrol siapa saja yang masuk dan menggunakan jaringan WiFi dengan mem-block MAC Address yang diinginkan agar sang pengguna tak dapat membobol jaringan WiFi Anda.

Itulah informasi yang telah kami rangkum mengnenai cara agar WiFi tidak dibobol oleh orang iseng dan malah dapat merugikan kita sebagai pemilik jaringan. Semoga Bermanfaat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button