Cara Cek HP Samsung Normal atau Tidak

Baaca.id — Bagi anda yang memiliki HP merek Samsung, anda pastinya akan dihadapkan pada situasi apakah HP yang anda gunakan tersebut asli atau tidak, serta masih normal atau tidak. Baik dari segi fisik, penggunaan, dan lain-lain.

Oleh karena itu, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan, untuk memastikan “kenormalan” HP Samsung anda, berikut diantaranya.

Kode Cek IMEI Samsung

Cara cek HP Samsung normal atau tidak, yang pertama adalah dengan memeriksa IMEI. IMEI adalah nomor identitas HP yang ada di seluruh dunia. Nomor IMEI ini tidak hanya berlaku untuk HP Samsung saja. Melainkan juga berlaku untuk semua merek hape yang beredar di pasaran.

Nah, untuk mengecek nomor IMEI, anda bisa memasukkan kode *#06#.

Setelah itu akan muncul nomor IMEI dari HP anda. Selanjutnya anda tinggal mencocokkan dengan yang ada di bungkus HP. Jika nomornya sama, maka bisa dipastikan bahwa HP Samsung yang anda miliki adalah asli.

Cek Secara Online

Buat yang mau memastikan lagi apakah HP Samsung anda itu asli atau tidak, cara cek HP Samsung normal berikutnya adalah melalui situs imei.info.

Caranya adalah masukkan nomor IMEI yang muncul di HP anda, lalu klik CHECK. Jangan lupa centang pernyataan “I’m not a robot”.

Jika sudah, maka akan keluar informasi tentang tipe HP, brand, model, dan spesifikasi HP-nya.

Anda cukup menyamakan informasi dalam situs tersebut, dengan spesifikasi saat anda membeli HP Samsung milik anda. Jika memang sama, maka bisa dipastikan bahwa HP Samsung anda itu normal dan sesuai spesifikasi aslinya.

Kode Cek Tipe HP Samsung

Cara cek HP Samsung normal atau tidak, juga bisa diketahui dengan mengetik kode rahasia, yakni *#1234#.

Dengan kode tersebut, HP anda akan menampilkan informasi dari mulai model handphone, CP, AP, dan CSC.

Informasi tersebut tentu saja akurat. Jadi, anda tidak perlu meragukan setiap butir informasi yant tersampaikan dalam website tersebut.

Kode Cara Cek HP Samsung untuk Baterai

Sementara jika anda ingin mengetahui status baterai dari HP yang anda gunakan, anda bisa mengetik kode *#0228# di HP Samsung anda.

Setelah memasukkan kode tersebut, akan muncul informasi mengenai perubahan voltase baterai ketika anda sedang melakukan isi ulang atau charging HP Samsung milik anda.

Baca Juga:

Cek Informasi WiFi

Selanjutnya, cara cek HP Samsung normal atau tidak adalah dengan menggunakan fasilitas WiFi.

Untuk mengetahui WiFi yang sedang digunakan di HP Samsung, kode rahasianya adalah *#1111#.

Ketika memasukkan kombinasi kode tersebut, anda akan masuk ke menu service mode. Di dalam menu service mode tersebur, pilih ikon tombol titik tiga yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih WiFi.

Setelah itu, akan muncul informasi mengenai nama WiFi yang terhubung, MAC Address, Speed, dan lainnya.

Cek kembali kenormalan HP Samsung anda dengan Masuk ke Menu Diagnosis Rahasia.

Untuk masuk ke menu diagnosis rahasia, anda hanya perlu memasukkan kode rahasia di Menu dial up atau panggilan.

Adapun kode yang dimasukkan adalah *#0*#.

Akan muncul pilihan beberapa fitur yang ada di HP Samsung anda. Fitur-fitur tersebut antara lain.

1. Layar Merah, Hijau, dan Biru

Anda akan mengetahui spektrum warna layar di ponsel anda. Dengan memilih salah satu warna, maka akan tampak apakah warna merah, hijau, dan biru di layar masih oke atau tidak.

Jika memang masih bagus, anda tinggal menekan tombol di layar untuk kembali ke menu sebelumnya.

2. Receiver & Vibration

Opsi receiver dan vibration ini untuk menguji apakah penerima dan getaran di ponsel anda berfungsi dengan baik atau tidak.

Kemudian anda tinggal memilih, kalau mau menguji penerima telepon klik receiver. Nanti akan muncul layar putih dan ada nada panggil yang akan terdengar. Jika sudah, ketuk dua kali tombol back untuk kembali ke menu utama.

Jika ingin mengecek getaran HP Samsung anda, pilih vibration. Layar HP Samsung anda  akan berubah jadi hitam, kemudian akan ada getaran yang konstan. Kalau sudah selesai, klik tombol kembali satu kali aja.

3. Dimming

Dimming atau disebut juga peredupan. Opsi ini akan membawa HP Samsung anda ke layar merah, hijau, dan biru. Setelah masuk, layar akan redup dan cerah secara bergantian setiap kali anda menyentuh layar.

Kalau dirasa sudah beres tanpa ada gangguan lagi, tekan tombol volume up untuk kembali.

4. Mega Cam

Opsi ini digunakan untuk mengetes kamera utama di handphone anda.

Caranya adalah dengan menggunakan tombol volume untuk memperbesar dan memperkecil. Kemudian, gunakan tombol kamera yang ada di bagian bawah layar untuk mengambil foto.

Baiklah, itu dia beberapa cara cek HP Samsung normal atau tidak. Semoga informasi diatas dapat membantu anda, untuk terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button