Inilah Cara Cek ID Pelanggan PLN Online, Cukup dari Rumah Saja

Baaca.id — Listrik sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Kebutuhan akan listrik pun menjadi sangat besar, khususnya setelah kemunculan teknologi yang begitu masif, serta hadirnya pandemi sejak satu tahun terakhir, yang memaksa banyak orang untuk bertahan di dalam rumah saja.

Oleh karena itu, dibutuhkan listrik dengan daya yang cukup besar. Sehingga anda juga perlu mengerti nomor ID PLN anda secara random, agar anda bisa lebih cepat mengurus pembayaran tagihan listrik anda dengan tepat waktu.

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan, untuk dapat mengecek nomor ID PLN milik anda. Tenang saja, cara ini sangat mudah dilakukan, dan cukup dilakukan dari rumah saja.

Hal ini pastinya akan sangat dibutuhkan, karena banyak dari kita yang masih suka lupa nomor pelanggan PLN. Nomor ID PLN sendiri terdiri dari 11 sampai 12 digit.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut adalah beberapa cara cek ID pelanggan PLN online yang dapat anda lakukan di rumah saja.

Baca Juga:

Cara Cek ID Pelanggan PLN Online

1. Cara Cek ID Pelanggan PLN yang Tertera pada Meteran PLN

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengecek ID pelanggan PLN anda adalah dengan melihat langsung di meteran PLN anda. Lalu, di mana letak nomor meteran listrik berada? Anda bisa mengeceknya di bagian barcode yang ada di meteran tersebut.

Biasanya di dekat kode barcode meteran PLN tersebut ada berjejer 11-12 angka. Nah itulah cara pertama untuk mengecek ID pelanggan PLN online anda. Pastikan bahwa itu benar-benar nomor ID pelanggan milik anda.

Cek ID pelanggan prabayar maupun pascabayar dengan cara ini merupakan yang paling mudah sekaligus praktis yang bisa anda lakukan. Kemungkinan besar ID pelanggan anda tertulis jelas di sana.

2. Lewat Struk Pembayaran PLN

Selanjutnya, anda bisa ‘mengintip’ dari struk pembayaran PLN yang anda simpan pada pembayaran sebelumnya. Struk bukti pembayaran ini juga berisi nomor ID pelanggan PLN milik anda.

Biasanya, ID pelanggan PLN terletak di deretan paling atas dari struk pembayaran tersebut.

Cara cek ID pelanggan PLN online ini seringkali terlupakan, dan struk pembayaran pun kerap dibuang begitu saja. Jadi, mulai sekarang cobalah untuk tidak sembarangan membuang struk pembayaran PLN anda.

3. Lewat Struk Pembayaran e-Commerce

Cara selanjutnya juga bisa anda lakukan secara daring. Ya, cara cek ID pelanggan PLN online berikutnya adalah dengan mengecek history pembayaran anda di situs e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan lain sebagainya. Anda juga bisa mengecek nomor ID pelanggan PLN anda di situs-situs tersebut, lho.

Berikut panduan untuk mengecek nomor Pelanggan PLN lewat struk pembayaran e-commerce:

  • Buka email dan cari tanggal terakhir anda membayar tagihan listrik, contohnya lewat Tokopedia.
  • Temukan nomor pelanggan PLN yang tertera di struk. Selesai deh.

Cek ID pelanggan PLN online dengan cara ini dijamin akurat, karena situs e-commerce selalu memberikan struk berdasarkan data yang telah diinput oleh pelanggan.

4. Lewat Struk ATM

Jika anda pernah melakukan pembayaran tagihan listrik melalui ATM, ternyata di dalamnya juga memuat informasi mengenai nomor ID pelanggan PLN. Biasanya nomor ID pelanggan tertera di bagian tengah struk. Sebaiknya simpan struk tersebut agar di kemudian hari bisa anda gunakan sebagai referensi.

5. Hubungi Customer Service PLN

Jika keempat cara cek ID pelanggan PLN online di atas masih belum memuaskan anda, anda bisa langsung menghubungi Customer Service PLN terdekat di wilayah anda.

Layanan Customer Service nantinya akan memberitahu anda terkait informasi nomor rekening listrik dengan nama atau alamat rumah yang telah didaftarkan, seandainya anda benar-benar lupa nomor ID pelanggan PLN anda.

Adapun caranya adalah sebagai berikut.

  • Pertama-tama anda kunjungi kantor cabang PLN terdekat.
  • Kemudian informasikan kepada customer service bahwa anda lupa nomor rekening listrik atau ID pelanggan PLN di rumah anda.
  • Lalu lengkapi surat-surat yang dibutuhkan seperti KTP/Kartu Keluarga kepada pihak Customer service.
  • Selesai. Anda tinggal menunggu beberapa saat untuk dapat mengetahui nomor rekening listrik atau ID pelanggan PLN milik anda.

Tips Tambahan Supaya Tidak Lupa ID PLN Lagi

Ada satu tips penting yang dapat anda terapkan, agar tidak lagi kelupaan dengan nomor rekening listrik atau ID pelanggan PLN anda. Cara ini dapat membuat nomor Pelanggan PLN tersimpan secara otomatis.

  • Lakukan pembayaran tagihan listrik melalui Mobile Banking atau Internet Banking.
  • Sebelum melakukan pembayaran, pilih menu Simpan ke Daftar Pembayaran.
  • Selesai deh. nomor ID pelanggan PLN anda sudah terekam dalam histori pembayaran Mobile Banking tersebut.

Oke, itulah tadi cara cek ID pelanggan PLN online milik anda. Semoga di kemudian hari anda bisa lebih cermat dalam menyimpan nomor ID PLN anda sehingga tidak perlu lagi kesulitan dalam melakukan pembayaran dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button