Cara Cek NIP CPNS Terbaru

Baaca.id — Kebanyakan masyarakat kita menginginkan bekerja sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) karena impian hidup layak dan jaminan tunjangan dihari tua. Apalagi saat ini ada program numerasi pegawai sehingga gaji PNS sekarang bisa dibilang cukup baik.

Kemudian menjamin kesejahteraan dibandingkan zaman dahulu yang benar-benar pas-pasan. Sebab profesi sebagai PNS dianggap dihormati dimasyarakat, selain mendapat gaji tetap juga dapat uang intensif bulanan dan kalau ada masalah apa-apa dapat diselesaikan dengan baik.

Namun berbeda jika Anda bekerja diperusahaan swasta dengan alasan masuk akal atau tidak masuk akal Anda dapat dipecat sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Sehingga ini akan membuat kelimpungan apalagi usia Anda diatas 30 tahun.

Untuk mencari pekerjaan juga menjadi semakin sulit, karena saat ini sudah banyak lulusan baru yang lebih muda dengan tenaga yang masih fresh plus tak menuntut gaji yang tinggi ya tidak? Baik dibawah ini kami akan membahas tentang cara cek NIP CPNS, berikut ulasannya.

Baca Juga:

1. Website BKN

Sebenarnya, cara cek NIP CPNS secara online sangat mudah, yaitu dengan mengakses website BKN di https://apps.bkn.go.id/ProfilPns.

Akan tetapi sangat disayangkan layanan tersebut sudah ditutup dan dipindahkan keaplikasi, Anda dapat melewati membaca panduan lewat website ini dan dapat langsung menuju cara kedua ya sob.

Website tersebut dibangun untuk Anda yang ingin mengetahui profil PNS, jadi manfaatkan dengan baik ya gaes. Apabila Anda memiliki hajat pengecekan NIP plus data PNS milik Anda, apakah sudah sesuai dengan data diri Anda atau malah bisa melenceng jauh.

Jika melenceng segera lakukan tindakan ya dengan melaporkan kepada instansi yang terkait atau melakukan update data lewat website resmi BKN. Agar lebih jelasnya silahkan baca ulasan dibawah ini :

  • Buka situs BKN

Klik situs ini https://apps.bkn.go.id/ProfilPns.

  • Masukan Nomor Induk Pegawai

Sehingga akan terbukalah websitenya, tugas Anda selanjutnya adalah dengan menginput Nomor Induk Pegawai / NIP baru tanpa memakai spasi ya gaes. Kemudian Anda dapat lanjutkan dengan mengklik tombol “NEXT”.

  • Muncul Informasi Profil PNS Anda

Isi captcha dengan benar, kemudian akan terlihat informasi profil PNS yang Anda inginkan.

  • Mengamati Kesalahan Data

Kemudian perhatikan dengan seksama data diri Anda apabila datanya tak sesuai, Anda dapat mengupdatenya sesuai data yang ada atau jika tak bisa silahkan datang langsung saja ke kantor BKD. Kalau websitenya tak dapat dibuka, mungkin sedang sibuk bukalah di lain waktu.

2. MY-SAPK

Sangat sayang ya metode pengecekan profil PNS lewat website seperti diatas sudah tak dapat lagi. Namun Anda jangan khawatir gaes karena Anda dapat mengaksesnya lewat sebuah aplikasi yang dinamakan MY-SAPK.

3. Aplikasi Cek Profil PNS

Dengan menggunakan aplikasi yang dapat Anda install di smartphone Android kepunyaan Anda. Cara cek NIP CPNS terbaru dapat melalui via aplikasi Android:

  1. Ambil hp berbasis Android Anda, cari aplikasi bernama “Cek Profil PNS” di Play Store.
  2. Jika sudah ketemu, unduh lalu instal aplikasinya dilanjutkan dengan menjalankannya di smartphone milik Anda.
  3. Saat terbuka segera input Nomor Induk Pegawai milik Anda lalu tap “CARI”.
  4. Sistem akan memproses perintah Anda dan tak lama kemudian akan terlihat informasi berisi nama Anda plus jabatan, TTL, NIP baru plus NIP lama dll.
  5. Coba Anda cocokan data dirimu yang tertera disitu, jika ternyata salah Anda dapat melaporkannya ke kantor BKD.
  6. Aplikasi “Cek NIP Profil PNS”.

Cara cek NIP CPNS berikutnya adalah sama seperti diatas yakni dengan memanfaatkan aplikasi yang sudah tersedia di Playstore yang bernama “Cek NIP Profil PNS”. Untuk  menginstall, Anda dapat mengikuti panduan dibawah ini:

  • Pegang hp kemudian bukalah aplikasi Google Play Store.
  • Cari diplaystore dengan cara mengetik kata kunci “Cek NIP Profil PNS”.
  • Jika sudah ketemu tinggal download dan install pada perangkat Anda.
  • Jalankan aplikasi tadi yang sudah terpasang sempurna.
  • Ketikan NIP Anda pada area kolom yang sudah tersedia pada aplikasi tersebut kemudian tap tombol “CARI”.
  • Kemudian isi captcha dengan benar dan ikuti intruksi selanjutnya.
  • Maka secara background sistem pada Aplikasi akan bekerja mengikuti perintah Anda untuk mengecek data NIP BKN.
  • Dan tak butuh lama profil PNS Anda akan terlihat disana seperti nama, TTL, jabatan, NIP lama beserta NIP baru, golongan dan lain-lain.

Demikian informasi mengenai cara cek NIP CPNS terbaru, semoga membantu.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button