Cara Cek Nomor KPJ dengan KTP

Baaca.id — Sebelum BPJS terkenal seperti sekarang, BPJS ini dahulu bernama KPJ atau Kartu Peserta Jamsostek. Setiap warga negara yang bekerja sebagai pekerja perusahaan wajib memiliki kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Hal itu penting dilakukan, karena keberadaan kartu BPJS Ketenagakerjaan bermanfaat di berbagai urusan mulai dari beasiswa hingga program usulan renovasi rumah.

Sangat banyak manfaat yang diperoleh dari keikutsertaan dalam program BPJS Ketenagakerjaan. Namun, entah karena kesibukannya sebagai karyawan membuat kartu BPJS hilang atau tertinggal pada saat membutuhkannya.

Keadaan seperti ini tentu saja membuatnya khawatir kartu tersebut tidak dapat dipergunakan lagi. Namun, kekhawatiran tersebut terjawab sudah setelah adanya beberapa platform.

Cara cek nomor KPJ dengan KTP merupakan salah satu metode untuk mengetahui nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan masih aktif atau tidak.

Cara cek nomor KPJ dengan KTP bisa dilakukan dengan beberapa platform, yang dibuat oleh pihak pemerintah RI, untuk memudahkan pengguna BPJS Ketenagakerjaan.

Pengertian KPJ dan Manfaatnya

Sebelum mengetahui cara cek nomor KPJ dengan KTP perlu mengerti apa itu KPJ dan cara mendaftarnya.

KPJ merupakan singkatan Kartu Peserta Jamsostek yang kemudian berkembang menjadi BPJS atau dikenal KPJ BPJS.

BPJS sendiri singkatan dari Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial yang kemudian menjadi badan hukum yang berfokus pada bantuan sosial.

Dengan sebagai peserta BPJS akan mendapatkan jaminan perlindungan atas risiko kecelakaan kerja.

Baca Juga:

Cara Mendaftar Menjadi Anggota Peserta KPJ BPJS

Sebelum memahami cara cek nomor KPJ dengan KTP, Anda perlu melakukan pendaftaran anggota peserta KPJ BPJS untuk mendapatkan kartu BPJS.

Cara pendaftaran mudah dengan dilakukan secara online klik https://www.BPJSketenagakerjaan.go.id. Syarat pendaftaran meliputi surat izin usaha, salinan KTP, salinan KK, dan pas foto 3X4 satu lembar.

Cara daftar cukup mudah klik website BPJS Ketenagakerjaan, Sesudah itu, klik menu daftar nanti ditampilkan 3 pilihan.

Kemudian pilih individu (Pekerja BPU) dan ikuti empat langkah registrasi, yaitu informasi pekerja, profil pekerja, konfirmasi pendaftaran, dan pembayaran.

Setelah proses pendaftaran secara online selesai baru dilanjutkan proses penyerahan berkas dengan datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan setempat yang dekat tempat tinggal.

Proses pendaftaran usai, bila kemudian mengalami masalah nomor KPH BPJS. Cara cek nomor KPJ dengan KTP yang baik dan benar penting untuk dilakukan.

Setelah beberapa tahun terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan terkadang nomor dan kartunya hilang atau lupa.

Kalau masalah ini terjadi membuat tagihan juga tertunda dan tertunggak, yang berdampak kartu KPJ BPJS Ketenagakerjaan terblokir.

Lantas, apa yang harus dilakukan jika hal ini terjadi? Anda tidak perlu panik, karena sekarang pihak KPJ BPJS Ketenagakerjaan telah memberikan layanan yang murah dan gratis seperti berikut ini:

Call Center BPJS Ketenagakerjaan

Salah satu cara cek nomor KPJ dengan KTP melalui Call Center BPJS Ketenagakerjaan. Caranya mudah cukup telepon 175.

Dari nomor 175 tersebut Anda dapat melakukan pemanggilan ke nomor resmi BPJS. Cara cek nomor KPJ dengan KTP bisa Anda lakukan dengan nomor 175.

Saat Anda lakukan pemanggilan pastikan pulsa mencukupi, karena memerlukan pulsa untuk memperoleh informasi dari BPJS tersebut.

Media Sosial Resmi BPJS Ketenagakerjaan

Media sosial yang dimiliki BPJS Ketenagakerjaan seperti Facebook, Twitter, Instagram bisa Anda menjadi solusi cara cek nomor KPJ dengan KTP.

Mengetahui apa saja media sosial yang dimiliki oleh BPJS Ketenagakerjaan dapat Anda kunjungi website resmi www.bpjsketenagakerjaan.go.id/kontak.html.

Kontak Layanan BPJS

Cara Cek nomor KPJ dengan KTP bisa juga dilakukan melalui kontak layanan WhatsApps, yaitu +62811-9115910 dan +62855-1500910. Namun pada perkembangannya layanan WhatsApps hanya untuk TKI di luar negeri .

Kantor Cabang BPJS

Salah satu cara cek nomor KJP dengan KTP yaitu datang ke kantor layanan BPJS terdekat. Cara cek nomor KPJ dengan KTP cukup mudah membawa e-KTP dan kartu keluarga.

Aplikasi BPJSTKU

Ketika Anda lupa nomor KPJ BPJS dengan melihat aplikasi BPJSTKU yang telah di download sebelumnya.

Cara mengetahui di applikasi BPJSTKU cukup mudah. Login ke aplikasi dengan email dan PIN yang dimiliki. Dari sinilah kemudian Anda dapat melihat lebih jelas nomor KPJ BPJS di aplikasi tersebut.

Kirim Pesan ke Email

Cara cek nomor KPJ dengan KTP yaitu lewat kirim email. Caranya mudah cukup tulis ke alamat email @BPJSketenagakerjaan.go.

Tulisan yang dikirim ke alamat email BPJS tersebut berisi tentang permintaan bantuan nomor KPJ BPJS yang telah hilang.

Saat menulis ke email BPJS penting dilakukan dengan isi tulisan yang padat, lengkap dan jelas. Dengan cara email akan cepat ditanggapi oleh petugas BPJS.

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button