Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK Mudah dan Cepat

Baaca.id — Nomor Induk Kependudukan penting dimiliki setiap warga negara, tetapi terkadang ada yang menyalahgunakan untuk kepentingan pribadi salah satunya mendaftar nomor operator kartu SIM seluler.

Diketahui, peraturan dari Kominfo RI yang menyebutkan bahwa nomor induk kependudukan atau NIK bisa digunakan tiga nomor kartu SIM atau lebih tanpa mempunyai batasan jumlah.

Sebelum peraturan yang baru muncul, Kominfo RI mengatakan bahwa satu nomor kartu SIM hanya bisa mendaftarkan maksimal tiga nomor kartu SIM.

Fitur Layanan Pesan Singkat

Untuk mengetahui ada atau tidaknya penyalahgunaan nomor Induk kependudukan orang lain untuk mendaftarkan.

Anda bisa menggunakan fitur layanan pesan singkat yang dapat Anda temukan di operator seluler. Layanan pesan dari operator tersebut dapat mengetahui apakah nomor yang ada di pesan seluler itu milik Anda.

Dirangkum dari berbagai sumber berikut ini cara cek nomor yang terdaftar di NIK.

Telkomsel

Cara cek nomor yang terdaftar di NIK dapat Anda lakukan dengan menggunakan situs operator Telkomsel. Telkomsel memakai fitur layanan pesan singkat dari menggunakan situs resmi untuk keperluan pengecekan.

Anda bisa mengunjungi website resmi Telkomsel di www.telkomsel.com/cek-prepaid. Atau lewat bantuan call center di nomor 08071811811.

Cara cek nomor yang terdaftar di NIK dapat Anda lakukan dengan mendatangi langsung ke gerai GraPARI untuk melakukan pengecekan.

XL

Cara cek nomor yang terdaftar di NIK juga bisa Anda melakukannya di layanan operator seluler XL dengan menu panggilan.

Caranya cukup mudah dengan ketik *123*4444# pada handphone Anda miliki kemudian ikuti petunjuk selanjutnya.

Tri

Cara lain untuk pengecekan nomor dengan menggunakan layanan operator Tri.

Cara cek nomor yang terdaftar di NIK lewat XL cukup mudah klik website resminya di https://registrasi.tri.co.id/ cek nomor atau kirim SMS status ke 4444.

Baca Juga:

Indosat

Cara cek nomor yang terdaftar di NIK bisa dilakukan dengan mengirimkan pesan singkat ke operator Indosat.

Caranya mudah cukup ketik SMS dengan format INFO#NIK atau INFO#MSISDN kemudian kirim ke 4444.

Smartfren

Cara cek nomor yang terdaftar di NIK tidak hanya lewat layanan pesan. Caranya cukup mudah klik website https:// my.smartfren.com/-nik-php. Setelah itu Anda akan menjumpai beberapa pertanyaan terkait NIK dan nomor telepon. Terakhir, biasanya diminta mengisi nomor telepon dan nomor induk kependudukan untuk konfirmasi.

Net1 Indonesia

Layanan operator yang satu ini memang sudah lama di Indonesia. Dahulu dikenal dengan nama Neon dan Ceria yang merupakan produk PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia.

Cara cek nomor yang terdaftar di NIK di layanan Net1 Indonesia dengan klik situs https://my.net1.co.id kemudian ikuti petunjuk selanjutnya.

Axis

Cara cek nomor yang terdaftar di NIK di layanan Axis cukup klik https://axis.co.id/cek.nik ikuti petunjuk berikutnya. Sesudah itu akan layar akan memberikan informasi tentang NIK

Setelah mengetahui cara cek nomor yang terdaftar di NIK penting pula memahami tips untuk mencegah penyalahgunaan NAIK.

Dengan cara tersebut bisa mengerti apakah NIK itu disalahgunakan atau tidak. Jika kemudian terjadi penyalahgunaan bisa dilakukan dengan Unreg.

Hal ini untuk membatalkan registrasi salah satu nomor yang sudah didaftarkan. Nomor yang telah di-Unreg tersebut tidak dapat digunakan lagi.

Meski demikian terdapat rekaman histori pemakaian kartu tetap tersimpan pasca registrasi dibatalkan oleh pengguna.

Cara ini tidak lain untuk menekan penyalahgunaan kartu, seperti penyebaran SMS spam.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button