Terkena Penipuan? Begini Cara Cek Rekening Penipu Secara Online

Baaca.id — Cek Rekening yaitu sebuah layanan dari Kredibel yang dapat mengidentifikasi apakah seseorang berpotensi melakukan penipuan atau tidaknya, tergantung dan berdasarkan dari keluhan dan laporan pemilik rekening yang pernah bertransaksi dengan orang tersebut.

Cara Cek Rekening Penipu

Untuk dapat mengecek nomor rekening apakah ada seseorang atau suatu penjual yang berpotensi melakukan penipuan atau tidak, kamu perlu memasukkan nomor rekening yang akan kamu cek. Selanjutnya kamu akan mendapatkan hasilnya.

Beberapa modus para penipu yang meminta korban mentransfer uang ke suatu rekening sudah sering terjadi. Akan tetapi masih saja ada orang yang masih menjadi korban penipuan. Jika menemukan hal tersebut, coba cek dahulu rekening penipu tersebut.

Jika kamu termasuk orang yang ikut mengandalkan transaksi online sebagai bagian dari bisnis kamu, kiranya perlu mewaspadai adanya penipu online seperti itu. Para penipu ini dapat membobol uang kamu melalui transaksi palsu dan berbagai cara lainnya.

Umumnya, setelah korban melakukan mengirim uang tersebut, kemudian si penipu menghilang tanpa kabar dengan tidak mengirimkan barang dan langsung memblokir kontak korban. Jika sudah seperti ini, maka saatnya kamu harus mencari tahu tentang informasi rekening di beberapa situs seperti di bawah ini.

Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika)  menyediakan sebuah situs laman resmi yang berfungsi sebagai portal untuk melakukan pengumpulan database rekening bank yang diduga terindikasi tindak pidana. Hal itu untuk mengurangi penipuan serupa.

Siapa saja bisa melaporkan rekening yang terindikasi tindak pidana seperti penipuan, investasi palsu, obat terlarang,  narkoba, terorisme, dan kejahatan lainnya melalui portal cekrekening.id.

Baca Juga:

Oleh karena itu, untuk berjaga-jaga, artikel kali ini akan membahas tentang cara cek rekening penipu yang dilansir dari suara.com. Sebelum kamu melakukan transaksi kepada orang yang baru saja kamu kenal, sebaiknya lakukan cek rekening terlebih dahulu melalui beberapa cara seperti berikut ini:

Cara Cek Rekening Penipu Secara Online

1. Cara Cek Rekening Penipu Melalui CekRekening.id

Kamu bisa memastikan nomor rekening yang akan kamu transfer bukan nomor rekening penipu, caranya yaitu dengan mengecek dahulu ke situs cekrekening.id. Ini merupakan situs yang dibuat oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia.

Situs CekRekening.id ini sengaja dibuat untuk melindungi dan menjadi wadah bagi masyarakat untuk melaporkan kasus penipuan daring. Situs ini dapat dipakai secara gratis. Kita juga bisa mengaksesnya melalui smartphone Android.

Layanan tersebut akan membantu kamu melacak apakah nomor rekening tersebut terima sudah dilaporkan sebagai nomor rekening penipu atau belum. Namun, layanan ini belum dikatakan sempurna.

Karena perlu diingat bahwa pelacakan nomor rekening penipu melalui cekrekening.id bergantung kepada data laporan sebelumnya. Jika nomor rekening yang akan kita cek tersebut belum pernah dilaporkan, maka nomor tersebut tidak akan terdata sebagai nomor rekening penipu. Jadi kamu harus tetap ekstra hati-hati.

Berikut ini adalah cara mengecek rekening yang terindikasi penipuan dengan mengunjungi halaman ini https://cekrekening.id/.

  1. Lalu kamu isi form nama Bank dan nomor rekening yang akan dilaporkan.
  2. Setelah itu akan diverifikasi oleh tim cekrekening
  3. Selanjutnya akan muncul hasil verifikasi apakah rekening tersebut sudah terindikasi melakukan penipuan dan riwayat pelaporan.

Jika rekening kamu dilaporkan terindikasi penipuan, sedangkan kamu sebelumnya tidak pernah melakukan penipuan tindak pidana, maka kamu dapat mengajukan sanggah rekening supaya terhapus dalam database CekRekening.id.

2. Cara Cek Rekening Penipu Melalui Kredibel.co.id

Selain menggunakan situs cekrekening.id, kamu juga bisa melakukan cek rekening penipu melalui kredibel.co.id. Situs tersebet mempunyai tujuan yang sama dengan cekrekening.id sebelumnya, yaitu untuk menampilkan rekam jejak nomor rekening yang kamu terima.

Jika sudah pernah dilaporkan sebagai bagian dari jaringan penipuan online, nomor tersebut akan muncul beserta keterangannya. Selain nomor rekening, situs ini dapat mengecek dan melihat kredibilitas nomor telepon yang sering menjadi sarana penipuan daring.

3. Cek Rekening Penipu Melalui Lapor.go.id

Kamu bisa memakai situs Lapor.go.id. Situs tersebut disediakan oleh Kepolisian Republik Indonesia. Fungsinya yaitu sebagai wadah laporan kasus kriminal penipuan daring dan kasus-kasus kriminal lainnya.

4. Cek Rekening Melalui Salah Satu Akun Instagram

Ada salah satu akun Instagram yaitu @indonesiablacklist, untuk membantu kamu dalam menangani masalah penipuan daring. Akun ini sudah menata kasus penipuan daring yang terjadi di Instagram. Bukan hanya untuk melihat nomor rekening saja, akan tetapi akun ini  dapat membantu clientnya untuk mendapatkan jasa mediasi sampai uang kamu kembali.

Demikian beberapa cara cek rekening penipu secara online, kamu bisa memakai cara-cara di atas untuk melindungi diri kamu dari penipu. Meskipun cara cek rekening penipu online sangat mudah, akan tetapi banyak penipu yang sudah pintar dan selalu mengganti nomor rekening saat melakukan penipuan.

Hal tersebut lah yang menjadikan nomor rekening penipu sulit untuk dilacak. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang tengah mengalami kasus seperti diatas.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button