Mudah! Begini Cara Daftar BPJS Kesehatan Online

Baaca.id — BPJS Kesehatan online merupakan salah satu aplikasi yang biasanya dimanfaatkan untuk mendaftar BPJS Kesehatan. Selain itu, keberadaan BPJS Kesehatan online memiliiki kegunaan lain yang menarik, yaitu iuran online BPJS Kesehatan

Iuran BPJS Kesehatan Online tersebut bisa dilakukan melalui bank mitra pemerintah atau lembaga pembiayaan lainnya.

Sebelum mengetahui seperti apa BPJS Kesehatan online tersebut penting memahami pengertian dari BPJS Kesehatan.

Diketahui nama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau BPJS muncul, awalnya bernama PT Askes Indonesia. Sejak tahun 2014 secara resmi Askes Indonesia berganti nama menjadi BPJS Kesehatan.

Hal ini sebagaimana di atur dalam Undang-undang diatur dalam Undang-undang nomor 40 tahun 2004.

BPJS merupakan sebuah badan hukum yang mempunyai tanggung jawab secara langsung terhadap Presiden RI. BPJS memiliki tugas memberikan jaminan kesehatan nasional kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Cara Daftar BPJS Kesehatan Melalui Website

Setelah memahami apa itu BPJS Kesehatan, Anda juga perlu mengetahui cara daftar BPJS Kesehatan online. Cara daftar BPJS Kesehatan online sangatlah mudah. Cukup akses https://www.bpjs-kesehatan.go.id.

Sebelum mendaftar terlebih dahulu menyiapkan berkas persyaratan salah satunya fotokopi KTP.

Kemudian lampirkan pas foto ukuran 3×4 terbaru, fotokopi KK, alamat email aktif dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Seusai persyaratan sudah siap, baru kemudian mengunjungi website resmi BPJS Kesehatan. Setelah itu isi data pada formulir di website dengan benar sesuai instruksi yang diberikan. Bila kemudian telah mendapatkan nomor registrasi bisa langsung.

Baca Juga:

Lalu, simpan data dan tunggu notasi di email. Notasi yang berisi nomor registrasi. Setelah nomor registrasi diperoleh, maka bisa diprint kemudian disimpan lembar akun virtual Anda.

Akhirnya, proses pendaftaran telah selesai. Anda bisa melakukan pembayaran di bank mitra pemerintah yang ditunjuk seperti BNI, BRI, atau bank Mandiri.

Setelah proses pembayaran Anda akan mendapatkan bukti pembayaran dan akun BPJS Kesehatan yang dimiliki telah aktif.

Baru kemudian Anda akan memperoleh e-ID Card BPJS dan mencetak kartu fisiknya. Atau Anda bisa juga mencetak kartu BPJS pada kantor BPJS terdekat. Dengan cara menyerahkan data termasuk akun virtual.

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online lewat Aplikasi Mobile JKN

Pendaftaran BPJS Kesehatan online juga dapat dilakukan dengan memakai aplikasi mobile JKN.

Caranya mudah cukup unduh aplikasi mobile JKN pada Google Play Store sampai selesai baru kemudian melakukan pendaftaran.

Setelah di unduh buka aplikasi mobile JKN berikutnya klik Daftar dan pilih pendaftaran peserta baru. Baca semua ketentuan dan persyaratan yang telah disediakan lalu klik Setuju.

Masukkan NIK yang tertera pada KTP serta kode captcha pada kolom yang tersedia dan klik selanjutnya.

Dari sinilah kemudian layar akan menampilkan semua data calon peserta BPJS Kesehatan dan keluarga dan klik Lanjutkan

Masukkan data diri lengkap seperti yang tertera pada KTP dan klik Selanjutnya. Kemudian pilih fasilitas yang diinginkan.

Hal lain yang penting diperhatikan dalam pendaftaran BPJS Kesehatan online di mobile JKN adalah memasukkan email aktif klik simpan.

Setelah itu verifikasi dilakukan dengan mengirimkan nomor verifikasi lewat email.

Anda bisa menyalin nomor verifikasi yang terkirim ke email ke aplikasi mobile JKN kemudian data yang didaftarkan ditampilkan pada layar.

Pendaftaran telah selesai dan Anda bisa membayar premi BPJS Kesehatan memakai nomor akun virtual dan nomor verifikasi.

Anda yang telah mendaftarkan lewat aplikasi mobile JKN maupun situs www.bpjs-kesehatan.go.id. Tentunya Anda akan memperoleh beberapa manfaat dengan fasilitas sesuai kelas yang Anda pilih.

Berikut manfaat dari BPJS Kesehatan yang penting diketahui.

Pertama: Semua penyakit ditanggung BPJS Kesehatan.

Kedua: Pembayaran mudah.  Anda yang telah mendaftar lewat BPJS Kesehatan online dapat melakukan pembayaran Bank mitra pemerintah.

Kemudian Indomaret, Alfamart, dan situs e-Commerce seperti Bukalapak, Tokopedia, hingga Shoope.

Sistem Rujukan BPJS Kesehatan

Diketahui, sistem rujukan BPJS Kesehatan memiliki perbedaan dengan sistem pada umumnya, yaitu sistem berjenjang.

Sistem rujukan berjenjang yang dilakukan secara bertahap dalam 3 tingkatan. Yaitu tingkat pertama atau dasar yang diberikan oleh Puskesmas, klinik, atau dokter umum.

Sementara tingkat kedua diberikan pada dokter spesialis. Kemudian tingkat lanjutan merupakan hasil rujukan tingkat pertama dan kedua yakni klinik utama setara rumah sakit.

Anda juga bisa melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan secara online dengan mengikuti prosedur yang ditentukan untuk menjadi anggota BPJS Kesehatan.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button