Begini Cara Masuk Brimob dan Persyaratannya

Baaca.id — Pada tahun ini, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) kembali membuka pendaftaran bagi siapa saja yang ingin bergabung menjadi anggota Polri. Salah satunya menjadi Tamtama Brimob.

Pendaftaran dan cara masuk Brimob bisa dilakukan secara oline dengan mengakses penerimaan.polri.go.id. Pendaftaran akan dibuka pada 19 Maret, dan ditutup pada 1 April 2021.

Tahun ini Polri membutuhkan sebanyak 500 orang Tamtama Brimob (100 Tamtama Brimob setelah selesai mengikuti Diktuk Tamtama Brimob melanjutkan Dikbangspes Mahir Mudi di Pusdik Lantas Serpong, Tangerang Selatan).

Pendidikan di Tamtama Brimob dilaksanaakan untuk menjadi seseorang yang memiliki pengetahan dan kemampuan dasar dari kepolisisan, ketangguhan, sikap dan perilaku terpuji sebagai pelaksana utama tugas polri.

Nantinya jika kamu lulus pendidikan, maka akan berpangkat Bhayangkara Dua (Bharada) melalui pendidikan pembentukan Tamtama Polri.

Brimob atau Brigade Mobil merupakan satuan elit di tubuh Polri. Anggota Brimob bercirikan dengan menggunakan seragam, hitam dan bersenjata lengkap. Ciri khas dari Brimob adalah menggunakan baret biru, sehingga kerap kali disebut korps baret biru.

Salah satu tugasnya adalah mengurai kerusuhan yang terjadi, termasuk ketika demonstrasi mahasiswa di jalanan maupun di depan gedung-gedung pemerintahan.

Dilansir dari tirto.id, dalam praktiknya Brimob memiliki dua sub unit utama, yaitu resimen Gegana dan Pelopor.

Resimen Gegana biasa dikenal dengan Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) memiliki tugas untuk mengatasi ancaman bom, termasuk menjinakkan dan mendetonasi bom. Sementara itu, Resimen Pelopor merupakan satuan khusus yang bersifat paramiliter.

Resimen ini memiliki tugas untuk mengurai huru-hara, penanganan SAR, dan operasi penyerbuan.

Meski peran menjadi Brimob tidaklah mudah, namun masih banyak generasi muda yang berminat dan mencari tahu bagaimana cara masuk Brimob.

Baca Juga:

Syarat dan Cara Masuk Brimob

Dilansir penerimaan.polri.go.id berikut syarat umum dan cara masuk Brimob:

Persyaratan Umum

  1. Warga negara Indonesia.
  2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  4. Pendidikan paling rendah SMU/sederajat.
  5. Usia minimal 18 tahun (pada saat dilantik menjadi anggota Polri).
  6. Sehat jasmani dan rohani.
  7. Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (dibuktikan dengan SKCK dari Polres setempat).
  8. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela.

Persyaratan Khusus

  1. Pria bukan anggota/mantan Polri/TNI dan PNS atau pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI
  2. Lulusan SMA/sederajat:
  • Bagi lulusan tahun 2016 s.d. 2019 dengan nilai rata-rata Ujian Nasional (UN) minimal 55,00.
  • Bagi lulusan tahun 2020 menggunakan nilai rata-rata rapor dengan akumulasi minimal 60,00; Untuk tahun 2021 akan ditentukan kemudian.
  • Untuk tahun 2021 akan ditentukan kemudian.
  1. Berijazah:
  • SMA/MA/SMK semua jurusan kecuali jurusan Tata Susana dan Tata Kecantikan (bukan lulusan Paket A dan B) dan diutamakan memiliki kualifikasi mengemudi (dengan melampirkan Surat lzin Mengemudi (SIM) A).
  • Lulusan Satuan Pendidikan Muadalah (SPM/setingkat SMA) pada pondok pesantren dan lulusan Pendidikan Diniyah Formal (PDF/setingkat SMA) dan diutamakan memiliki kualifikasi mengemudi (dengan melampirkan SIM A).
  1. Bagi yang masih duduk di kelas XII SMA/MA/SMK sederajat menggunakan nilai rata-rata rapor semester 1 (satu), setelah dinyatakan lulus menyerahkan ijazah dan diberlakukan persyaratan butir 2.
  2. Usia minimal 17 tahun 8 bulan dan usia maksimal 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan.
  3. Tinggi badan minimal 165 cm, khusus ras Melanesia (polda papua dan Papua Barat) 163 cm.
  4. Tidak bertato dan tidak memiliki tindik telinga atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat.
  5. Dinyatakan bebas narkoba berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan oleh Panpus/Panda.

Alur Pendaftaran Brimob

  • Jadwal pendaftaran dari 19 Maret- 1 April 2021
  • Buka pendidikan pada 2 Agustus 2021
  • Tutup Pendidikan pada 29 Desember 2021
  • pendaftar membuka website penerimaan anggota Polri dengan alamat website penerimaan.polri.go.id;
  • Pendaftar memilih jenis seleksi TAMTAMA BRIMOB pada halaman utama website (apabila peserta mengalami kesulitan dapat dibantu oleh panitia Polda setempat sebagai Panda);
  • mengisi form registrasi yang berkaitan dengan identitas pendaftar, memasukkan NIK yang telah terdaftar di Disdukcapil, identitas orang tua dan keterangan lain sesuai format dalam website;
  • Pendaftar wajib memberikan data yang benar dan akurat pada form registrasi online, mengecek dengan teliti data yang dimasukkan dalam form registrasi;
  • Setelah berhasil mengisi form registrasi online selanjutnya pendaftar akan mendapatkan nomor registrasi online beserta username dan password, yang selanjutnya digunakan untuk melakukan login menuju halaman dashboard pendaftar (berisi fitur untuk mengecek informasi perkembangan tahapan seleksi dan nilai seluruh tahapan seleksi yang diikuti oleh pendaftar);
  • Pendaftar akan mendapat hasil cetak form registrasi online yang digunakan untuk verifikasi di Polda setempat sebagai Panda;
  • Batas waktu verifikasi paling lambat 4 (empat) hari, terhitung sejak pendaftaran online. Apabila lebih dari 4 (empat) hari maka secara otomatis data pendaftar online terhapus. Jika pendaftar akan melakukan verifikasi maka pendaftar harus mengulangi pendaftaran online kembali.

Informasi tentang cara masuk Brimob lebih lanjut bisa dengan mengakses https://penerimaan.polri.go.id/.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button