Cara Membersihkan Karburator Mobil Tanpa Harus ke Bengkel

Baaca.id — Cara membersihkan karburator mobil bisa dilakukan sendiri di rumah. Karburator adalah salah satu komponen yang tidak asing lagi di dunia otomotif. Karburator merupakan komponen penting dalam mobil yang berfungsi cukup penting pada kendaraan. Karburator berfungsi mencampurkan udara dan bahan bakar untuk pembakaran.

Seperti yang kita ketahui  karburator merupakan hal yang terpenting bagi kendaraan. Pasalnya dengan komponen inilah asupan bahan bakar dan angin di campur dengan maksimal sehingga dapat menghasilkan pembakaran yang optimal.

Namun sering kita jumpai dan mendengar orang yang sering mengeluh akibat pemakaian bahan bakar yang sangat boros. Dan mungkin saja ini disebabkan karena karburator yang sudah tidak stabil bahkan bisa juga sudah rusak.

Saat ini sudah banyak perusahaan mobil yang membuat kendaraan roda empat ini dengan sistem injeksi. Namun, saat ini juga masih ada beberapa mobil yang masih menggunakan sistem karburator.

Beberapa mobil yang masih menggunakan sistem karburator diantaranya Toyota Corrola 1970, Kijang, Honda Civic, dan masih banyak yang lainnya. Berbicara tentang sistem karburator pastinya pernah mengalami yang namanya kerusakan.

Jika hal ini terjadi, maka banyak hal yang perlu dilakukan. Salah satunya karena karburator yang kotor. Sebaiknya gunakan cara membersihkan karburator mobil agar bisa teratasi dengan baik.

Biasanya banyak pemilik mobil yang membawa pada bengkel untuk merawat karburator. Padahal membersihkan di rumah juga bisa Anda lakukan sendiri dan meringankan biaya pengeluaran.

Dari data dan informasi yang kami dapatkan untuk kerusakan pada karburator memang jarang terjadi, tapi yang membuat campuran bahan bakar dengan angin menjadi tidak maksimal karena diakibatkan oleh banyaknya kotoran yang ada didalam karburator itu sendiri yang mengakibatkan lubang-lubang suplayernya mampet.

Nah untuk mengatasi hal tersebut tentunya juga bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus membawa kendaraan Anda kebengkel.

Pada intinya semua jenis karburator memiliki kerja dan fungsi yang sama, jadi cara ini bisa kalian lakukan ke semua jenis kendaraan. Untuk lebih jelasnya lagi mari kita simak ulasan mengenai cara membersihkan karburator pada kendaraan mobil yang dilansir dari M.daihatsu.co.id, berikut informasinya.

Cara Membersihkan Karburator Mobil dengan Mudah

Bagi Anda pemilik kendaraan bermotor mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah karburator. Karburator merupakan salah satu komponen yang penting pada mobil, yang sangat berpengaruh pada sistem bahan bakar.

Oleh sebab itu, perawatan dan pembersihan secara berkala perlu untuk dilakukan. Berikut cara membersihkan karburator mobil dengan mudah yang bisa diterapkan.

1. Menyiapkan Peralatan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk membersihkan bagian karburator pada mobil yaitu mempersiapkan berbagai peralatan.

Karburator berada pada mesin mobil, jadi Anda harus melakukan sedikit pembongkaran. Peralatan yang dibutuhkan antara lain seperti kunci 10, 12, dan 14, tang, carburator cleaner, serta obeng plus dan minus.

2. Buka Bagian Rumah Filter Udara

Setelah semua peralatan sudah disiapkan, mulai dengan membuka bagian rumah filter udara sekaligus filternya pada karburator.

Anda bisa menggunakan kunci 10 dan 12 untuk melepas mur dan baut yang ada di sekitar rumah filter. Dalam melakukan langkah ini Anda perlu berhati hati, karena jika tidak bisa menyebabkan baut patah atau slek.

3. Buka Bagian Baut Drain

Cara membersihkan karburator mobil selanjutnya yaitu membuka bagian baut darin. Baut drain sendiri merupakan baut yang berada pada bagian depan body karburator, dan berperan sebagai baut penutup.

Untuk membuka baud ini dengan mudah, Anda bisa menggunakan kunci pas yang berukuran sekitar 14 mm.

Setelah baut drain terlepas. Selanjutnya semprot semua bagian tersebut sekaligus baut drain tadi dengan menggunakan carburator cleaner. Saat melakukan penyemprotan, pastikan bahwa tidak ada kotoran yang tersisa pada sela-sela karburator.

4. Atur Setelan Angin yang Masuk ke Dalam Karburator

Setelah Anda berhasil membersihkan semua dalam karburator, untuk melanjutkan langkah cara membersihkan karburator mobil, maka Anda perlu memasang kembali baut pada karburator.

Kemudian atur setelan angin yang masuk ke dalam karburator, sehingga langsam. Langsam atau idlemerupakan kondisi di mana mesin hidup tetapi belum beroperasi.

Untuk memperoleh posisi langsam ini, Anda bisa memutar putaran angin sekitar 1.5 putaran. Kemudian tutup dengan menggunakan telapak tangan beberapa kali, agar berbagai kotoran yang tersisa pada karburator bisa dikeluarkan.

Dengan begitu bagian posisi langsam pun bisa Anda dapatkan dan bagian setelan angin juga terbebas dari kotoran dan debu yang menempel.

Baca Juga:

5. Semprot Menggunakan Carburator Cleaner

Tips selanjutnya untuk membersihkan bagian karburator yaitu semprot karburator dengan menggunakan carburator cleaner. Perlakukan ini mungkin akan membuat putaran mesin turun atau bahkan mati.

Jika begitu, Anda bisa membuka skep gas dan menghidupkan mesin kembali. Cara membersihkan karburator mobil pun bisa Anda akhiri apabila keadaan karburasi sudah bersih.

Setelah keadaan karburasi bersih, sebaiknya setel angin kembali untuk mendapatkan putaran mesin yang stabil. Setiap komponen mobil memang memiliki perannya masing masing, termasuk juga karburator.

Oleh karena itu Anda wajib untuk merawatnya dengan cara pembersihan yang rutin, dari kotoran maupun debu yang menempel pada bagian komponen tersebut.

Cara Membersihkan Karburator Mobil Tanpa Keluar Biaya Sedikitpun

Saat karburator mengalami kerusakan sudah pasti membutuhkan biaya yang cukup banyak. Namun, jika kerusakan terjadi akibat karburator kotor atau berkerak, sebaiknya bersihkan sendiri. Sebelum melakukan pembongkaran mesin, barulah Anda melakukan pembersihan terhadap lapon dan hp tipe terbaru.

Cara membersihkan karburator mobil dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk membersihkan kerak atau kotoran mobil, sebaiknya atasi sendiri di rumah.

Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk cara membersihkan karburator mobil tanpa keluar biaya sendiri.

1. Langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan cara idle up. Idle up yaitu cara membersihkan karburator mobil dengan menyalakan mesin dan kendorkan dulu sekrubidel up. Nyalakan AC dan kendorkan idle up hingga tidak mampu merendahkan RPM mesin. Lakukan dengan cara yang lebih teliti dan cara yang tepat.

2. Langkah berikutnya untuk membersihkan karburator yaitu dengan mengendorkan sekrup RPM mesin hingga RPM turun, namun jangan sampai mesin mati. Putar sekrup idle ke bagian kiri hingga mesin hampir mati.

Lanjutkan dengan memutar ke kanan secara perlahan dan disinilah bisa didapatkan RPM tertinggi. Saat posisi seperti inilah terjadi campuran bahan bakar udara yang terbaik.

3. Setelah memperoleh RPM dalam posisi terbaik, anda bisa setel kembali sekrup RPM mesin (gas). RPM posisi terbaik berkisar antara 700-900 RPM, namun usahakan jangan terlalu kecil agar mesin tidak mati.

Selanjutnya Anda bisa melakukan penyetelan sendiri dengan sekrup idle up AC. Perhitungkan dengan RPM mesin yang berkisar antara 900-1000 RPM. Jika sudah diatur, barulah matikan AC dan lihat apakah RPM sudah sesuai yang diinginkan.

4. Jika beberapa cara membersihkan karburator mobil di awal sudah Anda lakukan, barulah Anda membersihkan filter bahan bakar. Filter bahan bakar dan filter saringan udara bisa dilakukan dengan cara yang sebelumnya.

Proses membersihkan karburator bisa dilakukan dengan peralatan tanpa mengganggu aktivitas kendaraan kami. Setelah selesai, mobil akan mudah digunakan untuk kegiatan seperti biasa tanpa adanya masalah pada karburator.

Bersihkan mesin dari debu dan noda yang membandel. Semprot dengan cairan karburator cleaner pada mesin karburator mobil. Setelah selesai membersihkan karburator, performa mesin akan kembali bekerja dengan maksimal. Oleh sebab itu, bersihkan karburator mobil dengan cara yang tepat dan sesuai.

Setiap komponen mobil memiliki peranannya masing-masing, termasuk karburator. Anda wajib merawat dengan cara membersihkannya dari kotoran dan debu yang menempel pada komponen tersebut.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button