7 Cara Membersihkan Printer Epson yang Cepat dan Praktis

Baaca.id – Ada beberapa cara untuk membersihkan merek printer Epson yang alami masalah dengan proses Head Cleaning. Adalah proses pembersihan tinta pada printer yang berfungsi membersihkan sisa-sisa tinta, sampah yang di bagian bawah Cartridge.

Pengertian, Fungsi dan Masalah yang Sering Muncul pada Printer

Sebelum mengetahui cara membersihkan printer Epson, Anda sebaiknya memahami fungsi dan masalah yang seringkali muncul pada printer Epson dan merek lainnya. Dengan cara itu Anda mengetahui fungsi maupun masalahnya sehingga dalam penggunaannya nanti lebih berhati-hati.

Printer adalah perangkat lunak yang juga sebagai pelengkap computer yang berfungsi untuk mencetak file dokumen ke dalam bentuk fisik berupa tulisan yang diprint di atas kertas. Printer ini biasanya mencetak dokumen, gambar, grafik hingga produk tiga dimensi.

Perangkat printer sekarang ini banyak dimanfaatkan tidak hanya bisnis UKM dan instansi pemerintah saja. Bahkan masyarakat pun juga membutuhkan printer yang biasanya digunakan untuk mencetak dokumen-dokumen penting yang diperlukan.

Baca Juga:

Masalah yang Sering Terjadi pada Printer

Aktivitas yang tinggi saat melakukan mengeprint atau mencetak sebuah dokumen kerap kali muncul masalah pada printer. Oleh karena itu cara membersihkan printer Epson penting dipahami.

Ada beberapa masalah yang biasa terjadi pada printer. Hal ini terjadi akibat beberapa kendala hingga mengakibatkan hasil cetak yang bergaris kemudian hasil gambar terputus-putus, hingga tinta tidak keluar.

Tentu bila tidak diperbaiki akan menyebabkan printer menjadi kotor dan mengalami kerusakan. Salah satu cara memperbaikinya dengan membersihkan printer. Selain dengan cara membersihkan printer Epson, ada beberapa masalah yang kerap terjadi di antaranya:

Pertama: Kecepatan cetak yang terlalu lama, dampak dari kualitas cetak mengalami penurunan sehingga membuat lama proses pencetakannya lambat. Cara sederhana untuk mempercepat proses cetak dengan pengaturan penurunan kualitas gambarnya yang ada pada pengaturan.

Kedua: Boros tinta, salah satu masalah yang sering terjadi pada printer. Tinta yang sering keluar terus membuat boros tinta. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui cara memperbaiki printer yang dimiliki.

Pemilihan cartridge yang tidak tepat. Oleh karena itu perlu melakukan pemilihan cartridge yang berkapasitas tinggi. Selain itu penting juga menggunakan tinta yang berkualitas yang ada di pasaran, antara lain tinta Elkasa dan Manxi.

Masalah lain dari printer yang kerap terjadi salah satunya hasil cetakan printer yang putus-putus. Cara membersihkan printer Epson ini salah satunya dengan cara head cleaning. Head cleaning adalah proses pembersihan dari sisa-sisa tinta yang mengendap dan menggumpal dalam printer di bagian bawah cartridge tinta.

Proses Head Cleaning perlu mendapatkan perhatian agar tintanya bisa keluar dari nozzle. Kemudian lewat cara tersebut proses percetakan kembali berjalan normal. Proses Head Cleaning mempunyai tujuan supaya tinta tidak meluber.

Oleh karena itu perlu dilakukan perawatan printer secara teratur salah satunya dengan cara membersihkan printer Epson kemudian juga perlu dilakukan head cleaning dengan benar dan tepat

Cara Membersihkan Printer Epson Penting untuk Diketahui

Cara melakukan pembersihan printer Epson mudah. Caranya cukup mengikuti instruksi yang telah ada. Cara ini bisa Anda terapkan saat melakukan pembersihan merek selain Epson. Anda cukup menyesuaikan dengan buku manual dari printer yang dimiliki.

Beberapa langkah berikut ini dapat Anda lakukan pada type printer Epson mulai dari seri L120, L310, L360, L405, L805, L1300, dan L1800. Sebelum melakukan pembersihan pada printer Epson pastikan mesin printer dalam kondisi nyala.

Kemudian pastikan mesin printer Epson tersebut terhubung dengan komputer.

Pertama: Langkah awal Anda bisa menggunakan Windows Vista terus pilih start menu pada Windows dan pilih Devices & Pinters. Jika memakai Windows XP buka dengan Control Panel, lalu klik start dan pilih Printers & Fax.

Kedua: Cari printer yang akan dibersihkan dan supaya mudah menemukan nama type printer Epson yang pada komputer.

Ketiga: Setelah itu, Anda akan menemukan nama printer Epson kemudian pilih printer preferensi agar jendela pengaturan dari printer Epson terbuka.

Keempat: Setelah printer ditemukan, klik kanan pada nama printer tersebut, lalu pilih “Printer Preferences”. Hal ini bertujuan untuk membuka jendela pengaturan dari printer selanjutnya.

Kelima: pilih Maintenance, pada tahap ini berhubungan dengan perawatan printer Epson.

Keenam: Klik tombol Head Cleaning. Kemudian akan muncul 2 pilihan Head Cleaning atau Power Cleaning.

Ketujuh: Pilih Head Cleaning dan klik start untuk memulai Head Cleaning dan tunggu sampai proses Head Cleaning selesai.

Setelah selesai proses Head Cleaning baru kemudian lakukan percetakan kertas. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan bagaimana hasil cetakannya sesudah berhasil membersihkan printer Epson tersebut.

Namun penting mendapatkan perhatian dalam proses cetak ini, karena prosesnya nanti dilakukan sesudah proses cleaning dan proses Nozzle Check kemudian ikuti petunjuk yang muncul pada layar. Anda bisa melakukan cetak ulang bila hasilnya bagus, lalu klik Finish.

Tahap berikutnya bila hasilnya setelah melakukan power cleaning masih terputus-putus, berarti masalahnya terletak pada cartridge printer yang tidak bagus. Oleh karena itu cartridge printer perlu diganti yang baru, tetapi kalau masih masa garansi ada baiknya dibawa ke Epson Service Center.

Di Epson Service Center semua masalah terjawab, sebab diperbaiki sama ahlinya. Lalu, berapa kali untuk disarankan melakukan Head Cleaning? Anda bisa melakukan head cleaning seminggu sekali atau saat membutuhkannya disaat hasil cetakannya sudah tidak bagus, tapi kondisi tinta masih bagus.

Pastikan jumlah tinta dalam cartridge printer banyak. Kemudian ketika lakukan mode cleaning maupun power cleaning ada baiknya jarak sekitar 10-15 menit sebelum Anda gunakan kembali. Jeda waktu penting dilakukan supaya tidak terjadi panas dan kerusakan pada bagian cartridge.

Ada solusi lain untuk mengatasi cetakannya yang terputus-putus dengan bersihkan Encoder memakai tisu dan air hangat. Encoder berbentuk mika memanjang terletak di bagian belakang cartridge yang berfungsi sebagai sensor.

Jika terciprat terkena tinta saat pengisian bisa berpengaruh pada hasil cetakannya yang bergaris-garis. Cara lain mengatasi hasil cetakannya bergaris-garis dengan sedot atau kuras tinta dari cartridge. Sedot tinta dapat gunakan suntikan yang biasanya pakai isi tinta. Dengan cara ini masalah hasil cetakannya bergaris-garis bisa minimalisir.

Tips Merawat Printer

Setelah cara membersihkan printer Epson dilakukan secara benar sehingga kerusakan dapat diatasi. Kemudian perlu perawatan printer secara berkala supaya tidak cepat rusak lagi. Bukan berarti tidak dirawat, tetapi penting dilakukan perawatan.

Tujuan dari perawatan tersebut agar hasil dari cara membersihkan printer Epson tetap awet jangka lama. Ada beberapa cara perawatan printer mulai dari gunakan printer secara berkala. Kemudian jangan gunakan printer untuk mencetak terlalu banyak

Jangan lupa untuk gunakan tinta yang tepat, ganti selang infus secara berkala dan penting gunakan Head Cleaner. Alasannya Head Cleaner bukan hanya untuk membersihkan, tetapi juga merawat printer yang dimiliki.

Mengetahui cara membersihkan printer Epson memang perlu. Namun, yang paling penting mempunyai printer apa pun mereknya adalah perawatannya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button