Cara Membuat Folder di HP OPPO

Baaca.id — Folder merupakan tempat yang berisi kumpulan berkas atau file pada komputer dan laptop. Membuat folder baru untuk mengelompokkan beberapa macam dan jenis file memang sangat berguna. Selain bisa menjadikan tampilan file menjadi lebih rapih, juga bisa membuat penggunanya lebih mudah dalam mengakses file di dalamnya.

Bukan hanya pada perangkat seperti komputer dan laptop saja, saat ini pengguna HP juga sudah menyimpan file-file pada smartphone Android. Karena saat ini ponsel keluaran terbaru rata-rata sudah mempunyai kapasitas memori internal yang cukup besar. Termasuk pada HP Android OPPO yang hadir dengan spesifikasi unggulan dengan harga yang murah.

Cara membuat folder di HP OPPO bisa kamu lakukan dengan beberapa cara. Bagi sebagian pengguna baru smartphone ataupun android mungkin masih merasa kesulitan tentang bagaimana cara membuat folder di HP mereka.

Artikel ini akan membahas untuk kamu yang masih baru menggunakan HP Android, dan belum tahu cara membuat folder baru di HP Android. HP OPPO kebanyakannya hadir dengan keunggulan pada kamera nya. Maka darii itu kebanyakan dari pengguna ponsenyal sering mengabadikan momen dalam bentuk foto atau pun video.

Terkadang mereka masih sering kesulitan dalam memfilter dan mengelompokan foto-foto yang ada di Gallery ponsel karena terlalu banyak file yang ada pada satu saja. Oleh sebab itu sebaiknya kamu menempatkan file – file tersebut kedalam folder khusus supaya lebih mudah di akses.

Selain untuk keperluan diatas, dengan melakukan panduan cara membuat folder di HP OPPO ini juga bisa kamu pakai untuk menempatkan direktori aplikasi. Nantinya folder aplikasi ini bisa ditempatkan di layar home screen HP sehingga mudah diakses. Langkah ini sangat bermanfaat untuk kamu yang menginstall banyak aplikasi pada HP OPPO.

Untuk kamu pengguna HP OPPO yang masih belum mengetahui bagaimana cara membuat folder di HP baru supaya bisa merapikan listing penyimpanan data. Inilah beberapa cara membuat folder di HP yang dilansir dari Gadget2Reviews.com seperti dibawah ini:

Cara Membuat Folder File di HP OPPO

Berikut ini merupakan langkah-langkah cara membuat folder di HP baru pada direktori internal memori pada HP OPPO. Panduan ini bisa kamu pakai pada HP keluaran terbaru seperti OPPO F9, A3S dan masih banyak lagi.

  • Yang pertama yaitu masuk ke aplikasi File Manager atau pengelola file.
  • Selanjutnya kaamu akan melihat opsi memori internal dan memori eksternal, silahkan kamu pilih lokasi salah satu.
  • Misalnya kamu akan membuat folder untuk lokasi penyimpanan foto pada kartu SD dengan folder DCIM. Selanjutnya tekan opsi Camera kemudian tekan opsi New Folder atau Folder Baru.
  • Lalu ketikkan nama untuk folder baru yang akan dibuat, kemudian tekan OK.

Setelah melakukan cara diatas, kamu sudah berhasil membuat folder baru di HP OPPO untuk menyimpan file foto atau video supaya lebih rapi. Selanjutnya silahkan kamu pindahkan file-file yang sudah ada di folder DCIM ke dalam folder baru tersebut.

Baca Juga:

Cara Membuat Folder Aplikasi di HP OPPO

Cara selanjutnya yaitu mengelompokan aplikasi ke dalam folder pada tampilan layar home ponsel. Misalnya kamu akan mengelompokan semua aplikasi edit foto dan video ke dalam folder edit foto dan aplikasi sosial media seperti Facebook, Telegram, WhatsApp, Twitter dan Instagram ke dalam folder Sosmed. Silahkan kamu ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Pertama tekan sekitar 3 detik pada icon aplikasi yang akan kamu pindahkan. Kemudian icon aplikasi akan tampak melayang dan bisa digeser-geser untuk dipindahkan.
  • Selanjutnya geser lokasi aplikasi tersebut lalu timpa atau tumpuk dengan aplikasi sejenis lain yang ingin kamu jadikan satu folder.
  • Jika sudah selesai, maka secara otomatis akan muncul folder baru di layar HP OPPO.
  • Kemudian kamu bisa mengganti nama folder baru itu dengan cara menekan pada tulisan folder lalu ketikkan nama folder yang akan kamu ganti.
  • Jika langkah diatas sudah selesai, terakhir klik simpan.

Cara Menambahkan Aplikasi ke dalam Folder

Silahkan tekan beberapa detik pada icon aplikasi yang akan kamu pindahkan.

Kemudian geser aplikasi tersebut lalu tempatkan pada folder yang sudah ada sebelumnya. Jika sudah berpindah lokasi ke dalam folder yang baru, maka tekan tombol back untuk menyimpannya.

Demikian tutorial mengenai cara membuat folder di HP OPPO baik untuk menyimpan file atau untuk mengelompokan aplikasi yang ada di layar HP. Cara diatas bisa kamu gunakan pada hampir semua model HP OPPO.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button