Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak dan Tidak Terbaca

Baaca.id — Komponen penting yang sangat dibutuhkan dalam HP salah satunya yaitu kartu SD. Kartu SD akan menjadi tempat penyimpanan file yang bisa membantu pemilik HP karena bisa menyediakan ruang penyimpanan yang lebih besar.

Akan tetapi pada saat kartu SD rusak, akan menjadi masalah yang cukup serius bagi pemilik HP. Apalagi jika banyak file seperti foto, video, sampai dokumen yang tersimpan di Kartu SD tersebut. Rusaknya kartu memori, akan membuat file-file yang tersimpan akan menghilang dan tidak bisa kembali lagi.

Tanda-tanda Kartu SD Mengalami Kerusakan

Pada saat kartu SD rusak, umumnya akan muncul tanda-tanda bahwa kartu SD ersebut sedang mengalami kerusakan. Tanda tersebut diantaranya:

  • Foto yang ada pada galeri yang tersimpan di kartu SD hilang
  • Ada muncul notifikasi kalau kartu SD kamu tidak bisa diakses atau memory card sedang error
  • Kartu SD tidak muncul saat pemilik HP membuka lewat system
  • Pemilik HP tidak dapat menyalin, menambahkan dan menghapus file dari kartu SD.

Pada saat muncul tanda tersebut, maka sudah pasti bahwa kartu memori kamu sedang mengalami kerusakan. Dengan keadaan tersebut, makan pengguna tidak perlu khawatir, karena ada beberapa kemungkinan kartu SD bisa dikembalikan atau setidaknya file-file di dalamnya bisa diselamatkan. Akan tetapi ini tidak berlaku untuk kartu memori yang rusak secara fisik, misalnya patah.

Untuk kalian yang sedang mengalami masalah yang sama, jangan khawatir. Sebenarnya, cara memperbaiki kartu yang SD rusak dan tidak terbaca ini sangatlah mudah. Berikut ini Teknologi.id merangkum beberapa cara memperbaiki kartu SD yang rusak dan tidak terbaca sepperti dibawah ini:

Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak dan Karu SD yang Tidak Terbaca

1. Bersihkan Kartu SD

Jika kartu memori tidak terbaca atau tidak terdeteksi ketika dimasukkan ke dalam HP, langkah pertama cara memperbaiki kartu SD yang rusak yang bisa kamu lakukan dirumah adalah dengan cara membersihkan konektor yang tersedia. Dengan cara ini kamu bisa memperbaiki kartu SD rusak tanpa memformatnya.

  • Keluarkan kartu SD dari perangkat HP kalian, atau bisa juga dari perangkat kamera maupun action cam.
  • Kemudian bersihkan lempengan tembaga (warna kekuningan) yang berfungsi sebagai konektor dengan penghapus. Gosok perlahan-lahan sampai bersih.
  • Selanjutnya masukkan kembali ke dalam HP dan pastikan kartu SD yang rusak sudah bisa terbaca atau belum.

2. Mencoba Kartu SD di HP Lain

Cara memperbaiki kartu SD yang rusak yang paling mudah yaitu mencoba kartu SD di HP lain. Hal ini pastinya bisa mendeteksi, apakah kerusakan memang terjadi pada kartu SD kalian atau pada slot memori HP.

Caranya kamu hanya masukkan kartu SD yang sudah dilepaskan dari perangkat dan masukkan ke HP lainnya. Lalu cek apakah kartu SD dapat terdeteksi dan dapat berfungsi dengan baik atau tidak. Jika masih tidak bisa, maka kamu bisa lanjut ke cara memperbaiki kartu SD yang selanjutnya.

Baca Juga:

3. Cek Error Melalui PC atau Laptop

Kamu bisa melakukan pengecekan error melalui PC atau laptop, untuk melihat apakah kartu SD kamu bermasalah atau tidak. Cara ini juga bisa kamu lakukan jika kartu SD tidak bisa diformat. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama masukkan kartu SD ke dalam HP dan hubungkan ke PC/laptop dengan memakai kabel data.
  • Jika sudah terhubung, ubah mode dari Media transfer mode ke dalam mode Mass storage mode.
  • Selanjutnya kamu membuka Explorer (Windows + E) lalu klik kanan pada drive kartu SD. Pilih menu Properties > Tools > Error Checking dan tunggu sampai proses selesai.
  • Lakukan Eject setelah proses selesai dan cek apakah kartu SD sudah kembali normal atau tidak.

4. Format Melalui HP Android

Kamu bisa langsung memformat kartu SD agar kembali normal dan bisa dipakai kembali. Metode pertama yang paling mudah adalah melakukan format melalui HP secara langsung tanpa memakai aplikasi tambahan.

  • Pastikan kartu SD sudah terhubung dengan HP yang kamu pakai. Kemudian klik menu Settings > Storage > Portable storage dan pilih drive kartu SD.
  • Pilih menu Storage settings lalu Format dan kemudian Erase & format. Setelah proses selesai, klik Done.
  • Langkah terakhir yaitu kamu tinggal cek kartu SD apakah kartu SD sudah terformat dan kembali normal.

5. Format Melalui PC/Laptop

  • Hubungkan kartu SD dengan memakai card reader dan tunggu sampai terhubung. Jika masih ada data yang tersisa, kamu bisa backup dahu ke PC/laptop.
  • Lalu buka Explorer (Windows + E) lalu pilih pada drive kartu SD. Klik kanan lalu pilih menu Format.
  • Lakukan langkah format kartu SD dan tunggu sampai proses selesai. Jika sudah kembalikan data ke dalam kartu SD dan pastikan apakah sudah bisa dipakai atau belum.

6. Restart HP

Kartu SD mungkin tidak terbaca karena ada sedikit masalah di dalam sistem HP kamu. Umumnya hal ini terjadi ketika mengecas HP semalaman dalam keadaan HP mati, dan esok harinya ketika dinyalakan sebagian foto di galeri hilang dan kartu SD menjadi tidak terbaca.

Caranya yaitu matikan lagi HP kamu dan silahkan lepas kartu memori dari HP. Biarkan dahulu sebentar, lalu pasang dan nyalakan HP kembali. Jika tidak ada masalah pada kartu memori, umumnya kartu SD akan kembali terbaca.

Masalah seperti ini juga bisa terjadi pada pemilik HP yang sering melepas kartu SD, atau HP yang sering mendownload aplikasi maupun mengakses website yang tidak aman. Hal ini juga bisa menjadi indikasi bahwa HP yang kamu miliki sedang terserang oleh malware atau virus.

7. Disable Kartu SD

Sebelum memformat kartu SD, pemilik HP dapat mencoba cara disable kartu SD. Caranya yaitu dengan menyambungkan kartu SD pada komputer, kemudian buka Device Manager, lalu klik kanan pada USB Mass Storage Device, dan pilih Disable. Tunggu selama beberapa menit, selanjutnya klik kanan pada USB Mass Storage Device, pilih Enable.

8. Memakai MiniTool Partition Wizard

Cara memperbaiki kartu SD yang rusak juga dapat dilakukan dengan menginstal MiniTool Partition Wizard. Software ini akan membantu pengguna HP untuk mengecek error pada kartu SD. Langkah-langkahnya seperti berikut ini:

  • Silahkan download software MiniTool Partition Wizard Free Edition, kemudian instal software pada komputer. Selanjutnya, pilih kartu SD pengguna, misal pada disk D.
  • Klik Check File System pada panel di sebelah kiri
  • Kemudian akan muncul jendela Check File System yang meminta pengguna untuk memilih 2 opsi. Silahkan pilih opsi Check & fix detected errors, kemudian klik Start.
  • Selanjutnya Software akan mengecek dan memperbaiki beberapa masalah yang terdeteksi. Jika prosesnya sudah selesai, maka tutup MiniTool Partition Wizard dan akses kembali kartu SD di PC atau HP. Umumnya kartu SD sudah bisa dibereskan kembali dengan memakai cara ini.

Kamu dapat memeriksa Error pada SD Card dengan memakai Windows kamu, caranya adalah seperti berikut ini:

  • Connectkan HP kamu (dengan SD Card terpasang) ke PC atau Laptop (Windows);

Jika kamu masih memakai Mode Media Transfer Protocol (MTP) segera ganti ke mode Mass Storage Card (MSC) yang tertera di HP kamu pada saat disambungkan ke PC/Laptop;

Beralih ke PC/Laptop, buka Windows Exploredan klik kanan pada Drive SD Card Anda.

Selanjutnya buka “Propertise – Tools – Error Checking“ Tunggu sampai pengecekan selesai

Jika sudah selesai, silahkan Eject Drive SD Anda dan cek kembali di smartphone apakah sudah kembali semula atau masih rusak. Jika pengguna sudah melakukan cara-cara seperti yang telah dijelaskan di atas dan masih tidak berhasil membenarkan kartu SD, bisa dibilang kartu SD kamu sudah benar-benar rusak. Apalagi jika benar-benar tidak bisa mendeteksi penyebab kerusakan. Itu berarti file yang tersimpan di kartu SD tidak dapat dipakai llagi.

Faktor Penyebab kartu SD Mengalami Kerusakan

Karena virus yang terbawa dari aplikasi yang tidak dipindai terlebih dahulu memakai AntiVirus

  • Melepas ataupun memasang kartu SD dalam keadaan HP menyala
  • Akibat sering memegang bagian lempengan emas pada kartu SD
  • Meletakkan kartu SD di tempat yang kotor dan berminyak
  • Menyimpan banyak file dengan ukuran yang besar pada kartu SD terutama yang memiliki kecepatan membaca yang lambat
  • Kartu SD yang tidak berkualitas, membeli kartu SD usahakan jangan membeli dengan harga yang murah supaya tidak cepat rusak. Belilah kartu SD yang sudah ada garansinya supaya hal tidak terduga seperti ini bisa diatasi.

Oleh karena itu, ada baiknya pengguna melakukan beberapa langkah pencegahan supaya kartu SD tetap awet dipakai misalnya dengan rutin backup data penting ke drive lain seperti PC, memilih kartu SD berkualitas tinggi, dan jangan lupa eject kartu SD sebelum melepasnya dari komputer atau laptop.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button