5 Langkah Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar

Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar | Baaca.id — Kipas angin merupakan sebuah kebutuhan yang berharga di rumah Anda. Ini dikarenakan Anda telah merasakan kenyamanan, merasa lebih sejuk di suhu yang panas apalagi di Kota-kota besar seperti daerah Ibukota dan sekitarnya.

Selain itu, kipas angin bisa menghemat tagihan listrik dibandingkan dengan menyalakan AC.

Tetapi apa yang terjadi jika kipas angin Anda tiba-tiba berhenti bekerja atau tidak berputar?

Tentunya hal ini menjadi kekesalan tersendiri bagi Anda yang mengalaminya. Akibat dari kerusakan tersebut, beberapa aktivitas yang bisa terbantu oleh kipas angin ini kini menjadi terasa lebih merepotkan.

Langkah pertama Anda yaitu tidak harus melakukan perjalanan ke pusat perbaikan. Tergantung pada masalahnya, Anda mungkin dapat memperbaiki kipas angin sendiri tergantung dari kerusakannya.

Jika kerusakannya masih ringan, maka coba saja Anda perbaiki dahulu dirumah. Baik itu kipas angin berdiri, kipas angin gantung, ataupun kipas angin kotak.

Berikut ini beberapa cara memperbaiki kipas angin tidak berputar, rusak atau mati, yang mudah Anda coba di rumah.

Tapi sebelum membahas cara memperbaiki kipas angin  tidak berputar, baiknya kita bahas dahulu penyebab kipas angin tidak berputar.

Penyebab Kipas Angin Tidak Berputar

  • Bearing atau bushing kipas angin yang sudah haus.

Akibat dari bushing kipas angin yang sudah haus, sehingga harus Anda ganti dengan yang baru. Jumlahnya bisa Anda lihat, kemungkinan yang harus diganti adalah bagian depan dan belakang.

Bearing
  • AS  motor kipas dengan stator (plate yg ada spulnya) sudah tidak tengah-tengah.

Hal tersebut karena rumah motor depan dan belakangnya sudah penyok. Sehingga as motor menempel pada stator.

dinamo
As Motor/Dinamo
  • As Rotor yang Sudah Aus/Kotor

As rotor yang berada dibagian depan dinamo, berfungsi untuk memutar baling-baling kipas angin. Dengan pemakaian kipas yang cukup lama, maka akan muncul penumpukan kotoran seperti debu yang dapat mengganggu putaran as tersebut.

Selain karena kotor, kipas angin juga akan macet jika as tersebut kering atau kurang pelumas.

As Rotor

Untuk cara mengatasinya yaitu dengan melakukan pembersihan terhadap bagian dalam kipas angin tepatnya pada bagian dinamo dan as rotor yang kotor penuh debu.

Lalu Anda perlu memeriksa kondisi as rotor dan memberikan pelumas jika as rotornya kering.

Umumnya as rotor yang sudah tua dan terlalu sering digunakan itu akan berakibat menjadi aus. Maka Anda perlu melakukan penggantian dengan as rotor yang baru.

  • Kapasitor Kipas Melemah

Kipas angin yang macet atau yang gerak putarannya lambat, itu bisa terjadi akibat kapasitor kipas angin yang melemah.

Hal tersebut terjadi dikarenakan kapasitor yang telah berubah nilainya yang disebabkan oleh umur pemakaian yang lama.

Kapasitor

Kapasitor kipas yang lemah ditandai dengan adanya ciri-ciri seperti mengeringnya cairan elektrolit pada bagian fisik yang menggembung. Akan tetapi kondisi tersebut tidak disertai dengan tanda fisik kapasitor yang kembung.

Kapasitor akan menurun nilainya walau tidak menggembung secara fisik. Maka dari itu Anda perlu memperbaiki masalah tersebut dengan mengganti kapasitor yang baru.

Baca Juga:

Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar

Bagaimana sih cara memperbaiki kipas angin tidak berputar gara-gara penyebab diatas tadi?

Mari kita simak langkah-langkah cara memperbaiki kipas angin tidak berputar di bawah ini yang dilansir dari gridhits.id. yang bisa Anda lakukan dirumah.

Langkah 1

Langkah pertama kali yaitu dengan menyalakan kipas angin Anda dan dengarkan mesinnya, jika tidak ada suara mesin kipas, maka mesin sudah aus dan perlu diganti.

Namun jika Anda bisa mendengar suara mesin kipas anginnya, maka matikan lalu lakukan langkah selanjutnya.

Langkah 2

Setelah kipas angin dicabut, lepaskan bagian depan sangkar kipas. Biasanya ada tiga klip yang menempel pada bagian depan.

Jika cara tersebut susah, cungkil dengan kuku jari atau obeng lalu tarik bagian depan kipas sehingga bilahnya bisa diakses.

Langkah 3

Mari kita lihat di mana unit bilah kipas itu terhubung ke bantalan dan motor, kita bisa melihatnya tanpa melepaskan bautnya.

Bilah kipas mengumpulkan sejumlah besar kotoran debu yang kemudian mengendap di belakangnya yang jauh dari kekuatan udara.

Sehingga serpihan-serpihan kecil yang banyak pun bisa jadi penyebab bilah kipas tidak berputar. Jika terlihat banyak kotorannya, maka harus segera dibersihkan dengan jari atau obeng yang bisa masuk ke area tersebut.

Setelah kipas bersih, coba colok lagi kipasnya dan lihat apakah sudah bergerak atau tidak.

Langkah 4

Lepaskan tutup tengah dari unit bilah kipas. Biasanya tertutup dengan plastik biasa atau dengan logo pembuat kipas. Lalu gunakan dengan menggunakan obeng pipih untuk mencungkilnya keluar.

Langkah 5

Tekan sebuah sedotan dengan semprotan pelumas logam ke dalam nosel kaleng lalu kocok beberapa kali.

Lalu masukkan ujung sedotan ke tengah unit bilah kipas angin dan semprotkan pelumas beberapa kali, sambil putarkan kipas dengan menggunakan tangan dan lakukan berulang kali sampai merasa cukup.

Biasanya dengan cara-cara tersebut kipas akan berputar, namun jika tidak berputar sudah saatnya Anda membeli kipas angin yang baru.

Cara Merawat Kipas Angin Agar Tetap Awet

1. Sering Bersihkan Kipas Angin

Kipas angin seringkali cepat kotor pada bagian kincir atau baling-balingnya. Bersihkan kipas angin 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali, agar kipas tidak mudah rusak.

2. Hindari Pemakaian Kipas yang Kasar

Melakukan tindakan kasar misalnya dengan memutarkan bagian kepala kipas angin secara paksa, hal ini bisa menyebabkan kipas tidak bisa bergerak alias macet.

3. Jangan Menggunakan Kipas Angin Setiap Waktu

Kipas yang bunyinya berdengung bisa jadi faktor bearing yang harus diganti dan itu dikarenakan mesinnya sudah terlalu panas.

Maka dari itu berikan waktu jeda untuk kipas angin untuk beristirahat. Anda bisa mematikan kipas angin selama 10 menit, kemudian kipas dapat digunakan kembali.

4. Hindari Kipas dari Air

Air yang menetes pada kipas angin dapat memicu kerusakan pada sistem kerjanya. Sehingga, kipas angin Anda akan rusak jika sering terkena air secara rutin.

5. Perhatikan Kondisi Kabel Kipas

Untuk merawatnya cukup seminggu sekali dan jangan lupa untuk mengecek kondisi kabel dari kipas angin Anda.

Jangan sampai terkelupas, rusak atau digigit oleh tikus. Karena jika hal ini terjadi segeralah gantikan dengan yang kabel yang baru.

Itulah beberapa tips langkah mudah cara memperbaiki kipas angin tidak berputar. Akan tetapi jika telah mengikuti semua tips diatas dan kipas angin Anda tetap mati, sudah saatnya Anda menggantikan kipas Anda dengan yang baru. Demikianlah artikel ini kami buat, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan Anda.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button