4 Cara Memperbaiki Play Store yang Tidak Bisa Dibuka

Baaca.id Play Store merupakan sebuah layanan yang sangat berguna dan terbaik untuk semua jenis smartphone Android. Karena layanan ini memungkinkan Anda untuk mengunduh aplikasi yang Anda inginkan. Misalnya, jika Anda ingin mengunduh game, media sosial, dan aplikasi lain yang Anda butuhkan.

Namun juga layanan ini sering mengalami masalah yang mengganggu kita yaitu Play Store tidak bisa dibuka. Apakah Anda mengalami masalah yang sama? Tidak dapat membuka Play Store terjadi karena berbagai alasan. Beberapa karena cache, tidak ada koneksi, dll.

Pada artikel ini saya akan memberikan 4 cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka. Berikut cara-caranya:

1. Update atau Restart Smartphone Kamu

Restart smartphone akan menyelesaikan semua masalah dari smartphone Anda. Cara ini memang sangat ampuh untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan me-restart Anda dapat memperbaiki crash atau memperbaikinya ketika Anda membuka Play Store.

Peristiwa crash atau hang biasanya menunjukkan tidak adanya menu utama, dan Play Store terus memuat. Jadi, Anda perlu me-restart telepon Anda.

2. Pembaruan Play Store Harus Di Uninstall

Cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka yang kedua yaitu dengan meng-uninstall pembaruan pada Play Store. Seperti yang kita ketahui, Play Store merupakan sebuah layanan aplikasi permanen yang ada di smartphone kamu. Dengan meng-uninstall aplikasi Play Store, kita tidak menghapus Play Store dari smartphone, tetapi kita mengubah versi Play Store tersebut ke versi awal.

Cara ini memang paten untuk mengatasi berbagai error di Play Store. Nah, caranya sangatlah mudah, kamu dapat melakukannya dengan langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama anda harus pergi ke menu Settings.
  • Lalu selanjutnya kamu pergi ke menu Aplikasi.
  • Lalu anda dapat mencari dan memilih Play Store.
  • Lalu anda dapat mengklik Uninstall pembaruan. Lalu akan muncul notifikasi seperti ‘Apakah anda ingin mengembalikan ke versi pabrik ?’
  • Lalu klik OK.
  • Dan, Langkah terakhir anda dapat kembali melakukan akses pada aplikasi Play Store anda

3. Kosongkan RAM Terlebih Dahulu

RAM yang penuh akan dapat menyebabkan masalah pada bagian dalam aplikasi. Satu hal yang tidak bisa dibuka Play Store adalah terpaksa menutup Play Store. Ini bisa terjadi saat Play Store terbuka sekarang atau saat Anda menjelajah saat mencari aplikasi atau game.

Baca Juga:

Oleh karena itu, untuk mencegah aplikasi tertutup, sebaiknya kurangi RAM anda, pada smartphone Anda untuk meminimalisir masalah tersebut. Anda dapat menghemat setidaknya 500 MB RAM sehingga Anda dapat menyegarkan RAM anda.

Bagaimana? Anda juga dapat menghapus beberapa aplikasi yang tidak diinginkan dan memiliki kapasitas yang sangat berat berat. Seperti aplikasi chat, game, dan aplikasi browser. Anda juga dapat mengosongkan RAM menggunakan aplikasi pembersih RAM.

4. Menghentikan Semua Aplikasi yang Sedang Berjalan

Performa Play Store sangat terkait dengan mode dan koneksi internet smartphone Anda. Jadi, Anda perlu memiliki koneksi internet jika ingin mengakses layanan Google Play Store. Cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka yang terkahir adalah Anda perlu mematikan semua mode pada ponsel cerdas Anda dengan melakukan hal berikut:

Google Play Store:

  • Pertama, Anda perlu membuka menu pengaturan.
  • Yang harus Anda lakukan adalah mengklik menu Kelola Aplikasi.
  • Kemudian pilih Google Play Store.
  • Klik menu Paksa Berhenti. Anda dapat menghapus data dan cache dengan mengklik Clear Data dan Clear Cache.

Wifi:

  • Jika Anda menggunakan WiFi untuk koneksi Internet, Anda harus mematikan WiFi terlebih dahulu dan menunggu hingga WiFi menyala.

Smartphone:

  • Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan di atas, namun sekarang Anda perlu mematikan atau me-restart smartphone Anda. Matikan selama 5 menit, lalu hidupkan kembali. Anda kemudian dapat mencoba membuka kembali Play Store.

Mode Pesawat:

  • Mengaktifkan mode pesawat dapat meningkatkan kinerja Play Store. Anda dapat mengaktifkan mode pesawat dan menunggu beberapa saat hingga mati kembali.

Jika Anda tidak ingin melakukan ini karena sangat sibuk dan rumit, Anda dapat menggunakan Aplikasi Clean Master. Karena dalam aplikasi ini kita bisa melakukan pembersihan dengan satu sentuhan.

Demikian informasi mengenai cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka, semoga bermanfaat.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button