Cara Memperbaiki Resleting yang Rusak pada Tas, Celana, dan Jaket

Baaca.id — Resleting yang rusak pastinya membuat perasaan kamu menjadi malu ketika rusaknya di depan banyak orang dan jengkel karena pakaian kesukaan kamu jadi tidak bisa dipakai kembali. Resleting rusak bisa karena beberapa sebab.

Salah satunya yaitu karena giginya atau penahannya hilang dan bisa juga karena tidak dilumaskan atau bengkok. Cobalah untuk kamu perbaiki resleting yang rusak sebelum mengganti atau membuangnya.

Akan tetapi jangan khawatir, ternyata memperbaiki resleting rusak cukup mudah. Tidak perlu membeli pakaian baru maupun pergi ke tukang jahit. Dengan mengikuti cara memperbaiki resleting yang rusak dibawah ini, resletingmu akan kembali berfungsi seperti semula.

Cara memperbaiki resleting yang rusak dengan langkah pertama yaitu siapkan tang, lalu jepit tang pada sisi kanan dan kiri kepala resleting. Usahakan untuk menjepitnya jangan terlalu kencang, jika kekencangan malah tidak bisa di tarik kepala resletingnya.

Lebih baik lakukan penjepitan secara perlahan sambil mencoba menutup resletingnya sampai resleting bisa menutup rapat kembali. Berikut ini adalah cara memperbaiki resleting yang rusak pada tas, celana, atau jaket yang dilansir dari 99.co di bawah ini.

Cara Memperbaiki Resleting yang Rusak

1. Resleting yang Macet atau Susah Digerakkan

Resleting yang macet umumnya terjadi karena kepala resleting terkait oleh benang-benang halus. Selain itu, kerusakan ini juga bisa diakibatkan oleh kekeringan yang ada pada gigi resleting.

Cara memperbaikinya cukup mudah yaitu dengan menggosokan lilin batangan pada gigi resleting untuk melumasi gigi. Selain lilin, kamu juga dapat menggunakan grafit yang ada pada mata pensil dengan cara dioleskan pada gigi resleting.

2. Resleting Terpisah dan Tidak Menyambung

Akibat dari kerusakan ini ada dua, yaitu karena gigi resleting yang kotor dan slider yang bengkok. Untuk memperbaiki hal tersebut, kamu cukup membuat larutan air sabun dan menyelupkannya dengan menggunakan cotton bud pada air sabun. Kemudian gosokan cotton bud pada gigi resleting dan bilas dengan air bersih.

Untuk permasalahan yang datang dari slider yang bengkok atau renggang, kamu dapat memakai tang dengan ujung yang runcing untuk mengencangkan kepala resleting yang renggang. Betulkan posisi slider kembali ke posisi semula dan resleting sudah bisa dipakai kembali.

3. Resleting Giginya Aus dan Selalu Turun Tiba-Tiba

Gigi resleting yang aus dapat mengakibatkan slider menjadi berat dan terus tertarik ke bawah. Kamu dapat mengakali hal ini dengan memakai pengait gantungan kunci. Kaitkan pengait ke mata slider, kemudian masukan lubang gantungan kunci ke kancing celana. Maka slider akan tertahan oleh gantungan kunci dan tidak akan turun kebawah lagi.

4. Gigi Resleting Bagian Bawah yang Hilang

Tarik slider dengan cara membuka gigi resleting sampai ujung bawah sampai slider terlepas. Lepas juga pengunci resleting yang memiliki bentuk terowongan persegi panjang pada bagian bawah gigi resleting.

Pasang slider kemudian tarik ke atas. Pasang lagi pengunci pada ujung gigi paling bawah resleting. Selanjutnya jahit bekas gigi resleting yang rusak agar tidak merobek tas, jaket, atau celana.

5. Penahan Resleting Bagian Atas yang Rusak

Cara mengatasi hal ini yaitu dengan menarik resleting ke atas, lalu balik baju atau celana agar resleting berada di bagian luar. Bongkar jahitan penahan resleting dan tarik dengan memakai tang untuk melepaskan penahan resleting bagian atas.

Masukan gigi bagian kiri ke sisi kiri kepala resleting dan lakukan cara yang sama pada sisi bagian kanan. Pasang penahan resleting, lalu tekan dengan tang lalu kencangkan. Setelah itu, jahit kembali resleting dengan jarum dan benang.

Baca Juga:

Cara Memperbaiki Resleting yang Rusak pada Tas dan Dompet

1. Kurangi Tekanan pada Resleting

Jika tas punggung atau ransel penuh dengan benda, maka tekanan tambahan pada resleting bisa menyebabkan giginya renggang. Jika resleting terpisah pada pakaian atau sepatu, ini mungkin menjadi tanda kalau pakaian atau sepatu terlalu kecil ukurannya.

Cara memperbaikinya yaitu dengan mengurangi jumlah barang dalam tas maupun dalam dompet. Keluarkan isi dompet  atau pindahkan sebagian barang pada ransel lain. Jika isi tas sudah dikurangi, maka resleting bisa bergerak lancar kembali.

2. Hilangkan Kotoran yang Menumpuk dari Gigi Resleting

Jika ada kotoran yang menumpuk pada gigi resleting, maka resleting tidak bisa ditutup. Campurkan air dan sabun di piring kecil, lalu aduk sampai ada timbul busa. Lalu basahi lap bersih dengan air sabun tersebut dan sekalah gigi resleting. Sekalah air sabun pada gigi resleting dengan menggunakan lap basah tersebut.

3. Luruskan Gigi Resleting yang Bengkok

Gigi resleting yang bengkok bisa mengakibatkan resleting menjadi terbuka. Untuk meluruskan gigi yang bengkok, maka carilah gigi resleting yang bengkok dan pakai pinset atau tang untuk menarik gigi tersebut agar lurus. Lakukan dengan hati-hati supaya tidak menarik gigi sampai keluar dari pita resleting.

Cara Memperbaiki Resleting yang Rusak pada Jaket

1. Jika Resleting Jaket Rusak, Periksalah Resleting untuk Mengetahui Tingkat Kerusakannya

Jika ada masalah kerusakan seperti ada beberapa gigi yang hilang di bagian atas resleting, kepala resleting terlepas di bagian atas resleting, kepala resleting bengkok, gigi yang hilang di bagian bawah atau tengah, atau penahan resleting bagian bawah (bottom stop) melorot, maka sudah saatnya kamu harus mengganti resleting.

2. Perbaiki atau Ganti Kepala Resleting

Gerakkan kepala resleting ke atas. Periksa kepala ritsleting dari samping. Celah yang bengkok membuat kepala resleting tidak bisa mencengkeram gigi resleting dengan baik, sehingga akan terpisah. Kamu bisa mengganti kepala resleting atau membengkokkannya secara pelan-pelan dengan tang.

Jika kamu mengganti kepala resleting, ukurannya tertera di bagian belakangnya. Jika ukurannya tidak tertera, ukurlah kepala resleting tersebut. Bagian-bagian resleting diukur dalam milimeter (mm). Kepala resleting dengan panjang 5 mm berarti ukurannya yaitu 5.

3. Pasang Kepala Resleting

Carilah bagian resleting yang mempunyai keping persegi di bagian bawah. Masukkan gigi resleting bagian ini ke dalam kepala resleting dengan menggunakan obeng berkepala pipih, untuk memasukkan gigi tersebut ke dalam celah kepala resleting.

Gerakkan dan tarik kepala resleting sampai bergerak ke bawah resleting. Jika Anda membengkokkan kepala resleting yang asli, maka celahnya masih tetap tidak rata. Lepaskan kepala resleting dan bengkokkan lagi. Ulangi dengan cara yang sama sampai resleting jaket bisa ditutup dengan benar.

4. Gantilah Penahan Resleting Bagian Atas

Taruhlah penahan resleting bagian atas di atas sekumpulan gigi. Pakailah tang untuk mengencangkan penahan tersebut pada tempatnya. Tekan sebanyak 4-5 kali untuk mengencangkannya.

Lalu ulangi cara yang sama pada sisi lain resleting. Jika kamu hanya mengganti satu penahan resleting bagian atas, pastikan kamu meletakkan pada sisi resleting dengan keping persegi di bagian bawahnya. Kepala resleting selalu tetap berada pada sisi resleting ini dan penahan bagian atas menjaganya agar tidak melorot.

Itulah beberapa cara memperbaiki resleting yang rusak yang bisa kamu lakukan dirumah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian yang sedang mengalami resleting rusak ya!

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button